Tes Kepribadian MBTI

MBTI adalah singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator. Tes yang dirancang untuk mengkategorikan individu berdasarkan bagaimana mereka berpikir dan bertingkah laku.

Kamu penasaran tipe kepribadian yang mana dirimu? Yuk, ikuti tes kepribadian berikut untuk mengetahui, sebenarnya kamu masuk tipe kerpibadian apa.

CARI TAHU SEKARANG!


Apa itu Tipe Kepribadian?

Tipe kepribadian adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengategorikan kecenderungan seseorang dalam berpikir dan bertindak dengan cara tertentu.

Orang yang mengkategorikan kepribadian seseorang menjadi 16 macam adalah Isabel Briggs Myers dan ibundanya, Katharine Briggs pada tahun 1960-an. Mereka menggunakan teori dari psikolog bernama Carl Jung, kemudian mengembangkan idenya untuk menciptakan kerangka tipe kepribadian yang lebih lengkap.

Myers dan Briggs mengusulkan bahwa tipe kepribadian terdiri dari empat kuci sifat dasar manusia.

  1. Introvert (I) vs. Esktrovert (E) – Sifat dasar seseorang untuk memusatkan perhatiannya.
  2. Sensing (S) vs. Intuition (N) – Sifat dasar seseorang untuk memahami sebuah informasi.
  3. Thinking (T) vs. Feeling (F) – Sifat dasar seseorang untuk menarik kesimpulan dan mengambil keputusan.
  4. Judging (J) vs. Perceiving (P) – Sifat dasar tentang pola hidup seseorang.

16 Tipe Kepribadian MBTI

INFP

INFP adalah orang yang idealis, pemegang prinsip yang kuat dan setia pada orang yang penting bagi mereka. Mereka ingin hidup ini selaras dengan prinsip yang digenggamnya. Mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah melihat kemungkinan. Mereka dapat memicu agar ide yang ada bisa terwujud.

Seorang INFP ingin bisa memahami orang lain dan membantu agar mencapai potensinya. Mereka fleksibel, mudah beradaptasi, dan menerima, kecuali ketika itu bertentangan dengan prinsip yang mereka pegang.

INTJ

INTJ adalah orang yang orisinil dan bisa memotivasi agar idenya diterapkan sampai mencapai tujuan. Mereka akan dengan cepat melihat pola dari peristiwa yang terjadi dan dapat menyusun perspektif jangka panjang.

Seorang INTJ akan mengorganisir terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal. Mereka terlihat skeptis tetapi orang yang mandiri. Mereka punya standar kinerja dan kompetensi yang tinggi, baik untuk diri mereka sendiri ataupun orang lain.

INFJ

INFJ adalah seorang pecari makna dan hubungan antara ide, pekerjaan, dan hubungan sosial. Mereka ingin selalu memahami pola pikir orang lain. Mereka ingin mengetahui apa yang dapat memotivasi seseorang dalam hidupnya.

Seorang INFJ akan berkomitmen dengan sungguh-sungguh mengerjakan pekerjaannya. Mereka punya misi tentang cara terbaik melayani orang di sekitarnya. Mereka adalah orang yang tegas dan terorganisir ketika menjalankan visinya.

INTP

INTP adalah orang yang akan berusaha memberikan penjelasan masuk akal untuk sesuatu yang menarik baginya. Mereka tertarik pada sebuah ide daripada interaksi sosial. Mereka juga orang yang abstrak dan teoritis, cerdas, tenang, mudah beradaptasi, dan fleksibel.

Seorang INTP punya kemampuan untuk bisa fokus dan mendalami sebuah masalah sampai terpecahkan, jika itu adalah minat mereka. Mereka cenderung skeptis, kadang kritis, dan selalu analitis.

ENTJ

ENTJ adalah orang suka berterus terang dan kalau ditunjuk, siap untuk jadi pemimpin. Mereka dapat dengan mudah mengetahui mana kebijakan atau prosedur yang tidak efisien dan logis. Mereka juga mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sistem, guna mengatasi masalah dalam organisasi.

Seorang ENTJ suka membahas rencana jangka panjang dan menetapkan suatu tujuan. Mereka adalah pembaca yang baik, memiliki pengetahuan yang luas. Pengetahuan yang mereka miliki biasanya juga disampaikan kepada orang lain. Kadang, mereka akan memaksa ketika menyampaikan ide yang dimiliki.

ENTP

ENTP adalah seorang yang siaga, cepat, berbakat, dan blak-blakan. Mereka bisa memecahkan masalah yang sangat menantang. Mereka dapat menganalisa masalah dan merumuskan sebuah kemungkinan dengan strategis.

Seorang ENTP bisa membaca orang lain. Mereka jenuh ketika harus mengerjakan rutinitas dan tidak tertarik melakukan hal yang sama berulang kali. Mereka akan mencoba melakukan kegiatan yang menarik minatnya.

ENFJ

ENFJ adalah orang yang hanga, pendengar yang baik, bertanggungjawab, dan memiliki empati tinggi. Mereka mampu menyesuaikan kebutuhan, emosi, dan motivasi orang lain. Mereka ingin membantu orang lain untuk dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Seorang ENFJ dapat mendorong pertumbuhan seseorang ataupun kelompok. Mereka orang yang loyal dan mau mendengarkan pujian dan kritik. Mereka senang bergaul, ingin memudahkan urusan orang lain di kelompoknya, dan menjadi pemimpin yang bersemangat.

ENFP

ENFP adalah orang yang imajinatif, hangat, dan rasa antusiasme tinggi. Mereka melihat kehidupan ini dengan banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Mereka dapat memahami hubungan antara suatu kejadian dan sebuah informasi dengan mudahnya. Mereka juga merupakan orang yang percaya diri ketika melakukan sesuatu berdasarkan pola yang sudah dilihat.

Seorang ENFP ingin orang lain mengakui dirinya, tetapi mereka juga siap ketika harus memberikan dukungan dan apresiasi untuk orang lain. Mereka orang yang spontan dan fleksibel, ahli menggunakan kemampuan untuk melakukan improvisasi dan fasih ketika berbicara.

ISFJ

ISFJ adalah orang yang ramah, teliti, tenang, dan bertanggungjawab. Mereka memiliki komitmen dan selalu bersungguh-sungguh ketika sedang melaksanakan kewajibannya. Mereka orang yang akurat, telaten, dan cermat.

Seorang ISFJ akan mengingat secara spesifik tentang orang yang penting buat mereka. Mereka baik hati, perhatian, dan loyal. Mereka akan berusaha untuk menciptakan lingkungan yang tertib di tempat mereka tinggal dan bekerja.

ISFP

ISFP adalah orang yang baik hati, ramah, tenang, tetapi sensitif. Mereka menikmati kejadian saat ini dan apa yang terjadi di sekitarnya. Mereka inging punya ruang sendiri dan bekerja berdasar waktu yang mereka tentukan.

Seorang ISFP sangat berkomitmen terhadap apa yang menjadi prinsip mereka dan orang yang penting baginya. Mereka tidak suka ketika terjadi konflik dan perselisihan. Mereka juga tidak suka memaksakan prinsip atau pendapatnya pada orang lain.

ISTJ

ISTJ adalah orang yang serius, tenang, handal dan teliti untuk meraih kesuksesan. Mereka berorientasi pada fakta, praktis, bertanggungjawab, dan realistis. Mereka bekerja dengan tekun di satu bidang. Jika memutuskan sesuatu, mereka lebih mengedepankan logika.

Seorang ISTJ akan senang ketika segala pekerjaan teratur dan tertib. Bukan hanya ketertiban di tempat kerja saja yang mereka sukai, tapi juga di rumah dan kehidupan. Mereka adalah orang yang memegang tradisi dan loyalitas.

ISTP

ISTP adalah orang yang fleksibel dan toleran. Mereka mengamati dengan tenang pada sebuah masalah, kemudian akan bertindak cepat untuk menemukan solusi. Mereka menganalisa sebenarnya apa yang membuat suatu hal bekerja.

Seorang ISTP dapat menemukan berbagai macam data dan menganalisanya dari sebuah masalah. Mereka tertarik dengan hukum sebab dan akibat. Mereka mampu mengolah fakta yang ada menggunakan prinsip efisien dan dapat diterima akal.

ESFJ

ESFJ adalah orang yang dapat diajak bekerjasama dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Mereka ingin lingkungan di sekitarnya selalu harmonis. Mereka senang bekerja dengan orang lain ketika mengerjakan tugas yang membutuhkan ketelitian. Mereka juga orang yang suka kalau semua berjalan tepat waktu.

Seorang ESFJ selalu mengerjakan tugasnya sampai hal yang kecil. Mereka mereka memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh orang lain dan berusaha untuk memenuhinya. Mereka ingin orang lain menghargai diri mereka dan segala apa yang dilakukannya.

ESFP

ESFP adalah orang yang bersahabat, ramah, dan menerima. Mereka mencintai orang lain dan kehidupannya sendiri. Mereka senang menyelesaikan pekerjaan bersama dengan orang lain. Mereka menggunakan pendekatan yang realistis dan akal sehat untuk mengerjakan tugasnya.

Seorang ESFP spontan, fleksibel, dan mudah beradaptasi dengan orang di lingkungan yang baru. Mereka memiliki cara belajar terbaik dengan mencoba ketrampilan yang baru bersama orang lain.

ESTJ

ESTJ adalah orang yang realistis, praktis, dan menggunakan fakta. Mereka tegas dan mengimplementasikan keputusan yang dibuat dengan cepat. Mereka menyelesaikan suatu pekerjaan dengan menaturnya dan orang lain. Mereka fokus untuk bisa mendapat hasil terbaik dengan cara paling efisien dan mungkin dilakukan.

Seorang ESTJ punya standar logika yang jelas, yang menuntun mereka secara sistematis. Mereka ingin orang lain juga mengikuti standar logika miliknya. Mereka kadang memaksakan rencananya agar bisa dilakukan.

ESTP

ESTP adalah orang yang toleran dan fleksibel, menggunakan pendekatan yang fokus terhadap hasil langsung. Mereka menganggap kalau teori dan penjelasan itu membosankan. Mereka akan semangat ketika memecahkan sebuah masalah.

Seorang ESTP menikmati waktu ketika mereka aktif berkomunikasi dengan orang lain. Mereka akan menangkap pelajaran dengan baik dengan melakukannya langsung.