fbpx

Tipe Kepribadian ESFJ

Dalam MBTI, tipe kepribadian ESFJ dikenal juga sebagai pengasuh dan pemberi, kepribadian ini terdiri dari esktraversion, sensing, feeling, dan judging. Mereka adalah orang yang bersungguh-sungguh, bersahabat, dan dapat diajak bekerjasama.

Seorang ESFJ adalah pribadi yang hangat dan mencintai orang lain. Mereka menggunakan kemampuan sensing dan judging untuk mencari informasi mengenai seseorang dengan detail. ESFJ akan menggunakan informasi yang didapat untuk menilai dan mendukung orang lain.

Mereka biasanya bisa membaca orang lain dengan baik, selain itu seorang ESFJ juga mengerti bagaimana sudut pandang dari orang yang mereka baca tersebut. Orang lain biasanya akan suka berada di dekat ESFJ karena merasa nyaman.

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ akan melihat tanggung jawab sebagai sesuatu yang serius. Mereka merupakan tipe orang yang butuh stabilitas dan keamanan.

Biasanya, seorang ESFJ dapat melihat apa yang dibutuhkan, dan melakukan pekerjaan sebelum orang lain melihat atau melakukannya. Mereka merasa nyaman ketika melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan yang mereka lakukan pun biasanya memuaskan.

Seorang ESFJ butuh diterima di lingkungannya agar mereka merasa nyaman. Mereka akan merasa sakit ketika ada perbedaan pemikiran. Padahal, ESFJ adalah orang yang suka memberi dan membuat orang di sekitarnya senang. Mereka ingin ketika ada yang mengapresiasi, lakukanlah apa adanya.

ESFJ sangat sensitif terhadap perasaan orang lain, mereka akan memberikan perhatian dengan tulus. Kadang, orang dengan tipe kepribadian ESFJ merasa berat ketika mendapat kabar buruk atau melihat kebenaran tentang orang yang mereka sayang.

Orang berkepribadian ESFJ cenderung memiliki keinginan untuk mengontrol lingkungannya. Mereka nyaman ketika berada di lingkungan yang terstruktur. Tetapi akan merasa tidak nyaman jika berurusan dengan sesuatu yang abstrak, analisis impersonal, dan teoritis.

Mereka suka ketika sedang merumuskan tata tertib dan struktur. Selain itu, ketika mereka mengerjakan apa yang sudah dirumuskan sendiri maka hasilnya akan sangat baik.

ESFJ percaya dan menghargai aturan serta hukum yang berlaku. Karena mereka taat hukum, maka ESFJ beranggapan bahwa orang lain pun harus demikian. Mereka adalah orang yang menerima aturan tanpa mempertanyakan terlebih dahulu untuk apa aturan tersebut.

Kebanyakan pemilik tipe kepribadian ini adalah perempuan. Tetapi, ketika laki-laki berkepribadian ESFJ, mereka biasanya tidak tampil feminim. Mereka akan tampil sesuai dengan jenis kelamin mereka sendiri. Jika laki-laki, maka ESFJ akan tampil maskulin, begitupun wanita, mereka akan jadi feminim.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian ESFJ

Berikut ini beberapa ciri orang dengan tipe kepribadian ESFJ.

Orang berkepribadian ESFJ cenderung lebih terorganisir. Mereka termasuk teman yang loyal dan dapat diandalkan.

Hal yang disenangi ESFJ adalah membuat struktur, tata tertib, dan jadwal. Mereka juga suka untuk berinteraksi dengan orang lain. ESFJ orangnya hangat dan penuh simpati.

Seorang ESFJ biasanya lebih cenderung mendahulukan kebutuhan orang lain dari pada kebutuhan mereka sendiri. Mereka sering memberi perhatian yang nyata pada orang lain di sekitarnya. Karena sikapnya tersebut, kerjasama dengan ESFJ akan berjalan dengan baik.

ESFJ adalah seorang yang rendah hati, tapi dalam menjalani kehidupannya, mereka membutuhkan rasa aman dan ketenangan. Selain itu, mereka juga butuh pengakuan dari orang lain.

Mereka itu tipe orang yang hidup untuk masa kini dan di sini. Tetapi, mereka senang membantu dan merasa puas ketika dapat memberi sesuatu pada orang lain.

Kekuatan ESFJ

Berikut ini beberapa kekuatan yang dimiliki orang dengan kepribadian ESFJ.

ESFJ merupakan orang dengan kemampuan praktikal yang baik. Mereka memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang diberikan dengan baik. Mereka juga bisa membuat orang di sekitarnya tertawa riang.

Ketika diberikan tugas kepadanya, ESFJ akan mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab.

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ sangat loyal, mereka dapat dipercaya dan baik ketika dijadikan pasangan ataupun pekerja. ESFJ menjadi pilar dalam sebuah kelompok, baik itu dalam keluarga, grup, komunitas, dan kelompok lainnya. Mereka adalah tipe orang yang selalu bisa diandalkan.

ESFJ merupakan pribadi yang memilih keharmonisan dan selalu peduli terhadap perasaan orang lain. Mereka akan sangat berhati-hati, jangan sampai menyakiti orang yang ada di sekitarnya. Dalam kelompok, ESFJ adalah anggota tim yang kuat, mereka dapat memberikan solusi yang paling baik untuk kelompoknya.

Sikap dan kepribadian yang dimiliki seorang ESFJ menjadikannya disukai banyak orang. Sedikit sekali masalah ketika mereka berhubungan dengan orang lain.

Kelemahan ESFJ

Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki seorang ESFJ.

ESFJ adalah orang yang terlalu mengkhawatirkan status mereka di lingkungannya. Hal tersebut tentu akan berdampak ketika mereka akan mengambil keputusan. Kekhawatiran itu juga bisa membatasi kreativitas ESFJ sehingga mereka sulit untuk berkembang.

Seorang ESFJ terlalu mementingkan apa yang mereka terima secara umum. Mereka khawatir dengan semua hal yang di luar keumuman dan tidak konvensional. Orang dengan tipe kepribadian ESFJ kadang memaksakan kepercayaannya untuk menjadi suatu yang bersifat umum seperti lainnya.

Mereka memiliki sifat yang kritis terhadap sesuatu yang tidak biasa. Orang berkepribadian ESFJ kadang tidak ingin keluar dari zona nyamannya. Bahkan, mereka merasa takut ketika menjadi orang yang berbeda dengan keumuman di lingkungannya.

Saat dikritik, ESFJ akan merasa tertekan, mereka orang yang tidak menyukai konflik. Bahkan, mereka akan mempertahankan diri dan merasa tersakiti ketika ada yang mengkritik kepercayaan, kebiasaan, atau tradisi yang mereka percayai.

Kelemahan lain dari seorang ESFJ adalah ingin selalu mendapatkan apresiasi dari orang lain. Jika mereka tidak mendapatkan apresiasi, mereka akan berusaha dan membuktikan kalau mereka itu juga berharga.

Seorang ESFJ kadang melakukan hal yang aneh, seperti mencari perhatian padahal orang lain tidak butuh itu. Bahkan, ada kalanya ESFJ sampai menolak kebutuhannya dan akan fokus pada kebutuhan orang di sekitarnya.

Partner Alami ESFJ

ESFJ memiliki partner alami, yaitu orang dengan tipe kepribadian ISFP atau INFP.

Pekerjaan yang Cocok untuk ESFJ

Berikut ini beberapa profesi yang menjadi favorit orang berkepribadian ESFJ.

  • Administratif
  • Bidang anak-anak
  • Guru
  • Hospitality
  • Konselor
  • Perawat
  • Perencana Keuangan

Tokoh Terkenal Berkepribadian ESFJ

Berikut ini beberapa tokoh yang juga memiliki tipe kepribadian ESFJ.

  • Bill Clinton
  • Nancy Kerrigan
  • Sally Field
  • Terry Bradshaw
  • William McKinley

Saran Pengembangan untuk ESFJ

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan oleh ESFJ untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebaiknya pikirkan juga diri sendiri, jangan mengorbankan diri hanya karena ingin menyenangkan orang lain. Kamu harus bisa mengukur harga diri, jangan menilai harga dirimu hanya dari penghargaan, perlakuan, dan pujian dari orang lain.

Ketika akan mengambil sebuah keputusan, kamu bisa meminta pendapat orang lain. Belajarlah untuk menjadi pribadi yang lebih tegas.

Jangan terlalu mengasihani diri sendiri, kamu harus berani menerima tanggung jawab. Belajarlah untuk menjadi seorang yang lebih dewasa. Ketika ada konflik, hadapilah, jangan melarikan diri terus.