fbpx

Tipe Kepribadian INFP

Dalam MBTI, tipe kepribadian INFP sering juga disebut sebagai idealis, teridiri dari introversion, intuitive, feeling, dan perceiving.

Seorang yang idealis akan berpegang teguh pada prinsip yang mereka genggam. Bahkan, mereka juga akan setia pada orang yang dianggap penting yang ada di sekitarnya. Mereka menginginkan kehidupan yang dijalaninya selaras dengan prinsip yang digenggam.

Orang yang tipe kepribadiannya INFP ingin membuat lingkungan yang ditinggalinya menjadi lebih baik. Selain idealis, mereka juga perfeksionis, ingin menemukan kebenaran atau suatu hal yang masih belum ditemukan faktanya atau tertutup.

Umumnya, seorang INFP merupakan pendengar yang baik. Mereka dapat menempatkan diri ketika diajak berkomunikasi dan membuat orang lain menjadi tenteram jika bersamanya. Walaupun mereka ini menahan diri ketika akan mengekspresikan emosi, mereka selalu peduli dan ingin mengerti orang di sekitarnya.

Seorang INFP selalu berusaha menjauh ketika terjadi konflik, mereka tidak suka hal tersebut. Tetapi, jika memang tidak bisa menghindarinya, mereka terlebih dahulu menggunakan pendekatan perasaan. Hal ini tentu bisa menjadikan INFP seorang mediator yang baik. Mereka akan mengatasi suatu konflik dengan baik.

Standar yang dimiliki seorang INFP ini tinggi dan mereka termasuk orang yang perfeksionis. Mereka akan menekan diri sendiri tetapi kurang memberikan penghargaan terhadap diri mereka sendiri. Ketika bekerja dengan kelompok, INFP bisa jadi membuat masalah karena standar yang dimilikinya lebih tinggi dari anggota kelompok lainnya.

INFP tidak terlalu suka jika harus berurusan dengan logika dan fakta yang terlalu serius. Jika berada di bawah tekanan, seorang INFP biasanya akan mudah marah. Mereka akhirnya tidak bisa menggunakan logika dengan baik ketika terjadi hal tersebut.

Orang bertipe INFP biasanya merupakan penulis yang berbakat. Walaupun mereka akan terlihat tidak nyaman ketika mengekspresikan dirinya secara verbal, tapi mereka bisa menuliskan apa yang mereka rasakan.

Seorang INFP biasanya dapat dengan mudah kamu temui di pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan sosial, misalnya saja mengajar atau konseling. Ketika bekerja untuk masyarakat, mereka akan melakukannya dengan cukup baik karena tidak membutuhkan logika yang terlalu berat.

Ciri-ciri INFP

Seorang INFP memiliki ciri-ciri yang bisa kamu lihat dari perilakunya setiap hari.

INFP tertarik kepada orang lain di sekitarnya, mereka akan ramah kepada orang tersebut. Mereka cenderung lebih mendahulukan orang lain dari pada kebutuhan dirinya sendiri. Jika sudah sangat dekat, seorang INFP akan sangat loyal dan mengabdikan dirinya pada orang tersebut.

Mereka selalu memikirkan masa depan, menginginkan kehidupan ini selalu berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, mau tidak mau INFP ini menjadi orang yang kreatif dan inspiratif.

Seorang INFP tidak suka jika mendapat pekerjaan yang detail dan dikerjakan secara rutin. Walaupun sebenarnya mereka ini fleksibel, orisinil, dan seorang individualistis. Kalau berkomunikasi, INFP akan melakukannya lebih baik dengan menggunakan tulisan.

Jika bekerja, seorang INFP lebih menyukai untuk bekerja sendirian. Ketika dia dimasukkan ke dalam sebuah tim, maka dapat muncul masalah.

Kekuatan INFP

Beberapa hal berikut ini adalah kekuatan yang dimiliki tipe kepribadian INFP.

INFP adalah orang yang idealis, mereka memiliki standar yang tinggi dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Seorang INFP tidak tertarik menjadi orang yang mengendalikan orang lain. Mereka lebih cenderung melakukan pendekatan demokratis. Mereka juga punya cara tersendiri agar suaranya bisa dipandang dan didengar, yaitu dengan bekerja keras.

INFP merupakan tipe kepribadian yang kreatif, mereka mengombinasikan intuisi dengan pikiran terbuka. Mereka akan melihat suatu hal itu dengan sudut pandang lain yang tidak biasa. Hal tersebut akan membuat mereka dapat menghubungkan berbagai hal menjadi sebuah tema, maka tak heran kalau banyak INFP yang menjadi penyair dan penulis.

Seorang INFP tidak terlalu suka jika dibatasi dengan sebuah aturan. Tapi, selama prinsip dan ide yang mereka punya tidak diusik, maka mereka akan memberikan manfaat dan akan mendukung orang yang mereka anggap benar.

Orang yang berkepribadian INFP akan mendedikasikan waktu, pikiran, dan energi yang dimilikinya untuk sesuatu yang dipercayainya. Mereka akan menggunakan semua sumber daya agar sampai ke tujuan. Walaupun mereka pemalu dan enggan untuk tampil, tapi mereka dapat menjadi orang yang pertama kali memberikan bantuan ketika hal itu dibutuhkan.

Kelemahan INFP

Selain beberapa kelebihan di atas, berikut ini kelemahan yang dimiliki orang berkepribadian INFP.

Idealisme yang dimiliki INFP ini terlalu tinggi, hal tersebut seringkali membuat mereka kurang puas. Bahkan hal ini bisa terjadi pada level pribadi, misalnya saja pandangannya terhadap pasangan.

INFP kadang melihat diri sendiri adalah seorang yang egois, tapi hal tersebut hanya karena mereka ingin membantu lebih dari yang mereka mampu. Sampai kadang mereka akan memaksakan diri untuk mendahulukan orang lain dari pada dirinya sendiri.

Seorang INFP kurang suka jika disodori dengan data, mereka terlalu fokus pada gambaran besar saja. Mereka juga terlalu dipengaruhi dengan perasaan, ketika data dan fakta yang ada tidak sesuai dengan idealismenya, hal tersebut akan menjadi masalah.

Orang yang tipe kepribadiannya INFP ini tertutup, dan pendiam. Tentu hal tersebut akan membuat orang di sekitarnya sulit mengetahui apa yang sebenarnya mereka pikirkan dan rasakan.

Partner Alami INFP

Seorang INFP akan memiliki hubungan yang baik dengan ENFJ atau ESFJ.

Orang Terkenal Berkepribadian INFP

Ada beberapa orang terkenal yang juga berkepribadian INFP.

  • Aldous Huxley
  • Audrey Hepburn
  • Franz Kafka
  • Isabel Briggs Myers
  • J. K Rowling
  • J.R.R. Tolkien
  • Lady Diana
  • Laura Ingalls Wilder

Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

Walaupun jika ditekuni, sebuah pekerjaan itu akan membuahkan hasil yang baik, tapi ada beberapa pekerjaan yang sangat cocok untuk setiap tipe kepribadian. Berikut ini ada beberapa pekerjaan yang cocok dengan tipe kepribadian INFP.

  • Aktivis
  • Aktor
  • Arsitek
  • Artis
  • Editor
  • Fashion desainer
  • Jurnalis
  • Musisi
  • Pekerja sosial
  • Pembimbing konseling
  • Pembuat film
  • Penulis
  • Psikolog
  • Sastrawan
  • Seniman

Masalah yang Mungkin Terjadi

Feeling yang terlalu mendominasi akan membuat sebuah karakter menjadi lemah. Introverted feeling bahkan dapat menutupi karakter lain. Pada beberapa kasus, INFP dapat mendapat masalah berikut.

Seorang INFP sangat sensitif dengan kritikan, mereka merasa kalau sedang dikritik, padahal orang lain tidak berniat sedang mengkritiknya.

INFP juga kadang tidak bisa mendengarkan masukan apapun yang melawan ide dan opini mereka. Mereka juga sering menyalahkan masalah yang terjadi pada orang lain.

Mereka ini mudah marah dan biasanya akan menunjukkan kemarahannya secara berlebihan. Ketika itu terjadi, mereka tidak peduli lagi dengan perilaku sosial yang baik. Mereka juga menjadi terlalu perasa terhadap orang di sekitarnya.

Saran untuk INFP

Ada beberapa saran yang ditujukan kepada orang yang punya tipe kepribadian INFP.

Menjadikan kekuatan yang dimiliki, yaitu kepedulian terhadap orang lain dan kreatif sebagai kekuatan yang dipadukan. Dengan mengembangkan kemampuan itu, INFP dapat membantu orang lain atau minimal bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki untuk bekerja.

Sadari kelemahan yang dimiliki, dengan menyadarinya, bukan berarti jadi orang lain. Tetapi, hal tersebut akan membuat INFP lebih menghargai diri sendiri dengan lebih baik.