fbpx

Tipe Kepribadian ENFJ

Dalam MBTI, tipe kepribadian ENFJ dikenal juga sebagai pemberi dan pengajar, tipe kepribadian ini terdiri dari extraversion, intuitive, feeling, dan judging.

Orang dengan tipe kepribadian ENFJ memiliki sifat empati yang tinggi, orang lain menganggap mereka bersikap hangat. Jika mencari pendengar yang baik, ENFJ lah orangnya.

ENFJ merupakan orang yang peduli dan bisa mengerti orang lain. Mereka ini terbilang unik karena seperti memiliki kemampuan spesial untuk memberikan yang terbaik buat orang lain. Ketika berada dalam sebuah kelompok, ENFJ akan memudahkan rekan-rekannya, mereka akan menghadirkan suasana kepemimpinan yang penuh semangat.

Mereka bisa melihat, potensi apa saja yang dimiliki oleh orang lain. Saking baiknya, seorang ENFJ, mereka juga ingin membantu seseorang agar dapat mencapai potensi yang ada pada diri orang lain tersebut.

Seorang ENFJ memiliki ketertarikan untuk memberikan dukungan, cintanya, dan waktu bagi orang lain. Jika sudah menyangkut orang lain, mereka akan coba untuk memahami, mendorong, dan mendukung orang tersebut.

Orang dengan kepribadian ENFJ sangat fokus dengan yang ada di sekitarnya. Hal tersebut membuat mereka penting untuk menghabiskan waktu menyendiri.

ENFJ yang terfokus pada sekitarnya bisa menjadi masalah karena mereka cenderung keras pada diri sendiri. Bahkan, ketika seorang ENFJ sedang sendirian, mereka akan berfikir buruk. Akibatnya, seorang ENFJ akan menghindari kesendirian dan memilih untuk beraktivitas bersama orang lain.

Seorang ENFJ memiliki kecenderungan untuk mendefinisikan seperti apa arah hidupnya berdasar kebutuhan orang lain. Mereka bisa jadi tidak terlalu memperdulikan kebutuhan mereka sendiri.

ENFJ orangnya terbuka dan ekspresif, tetapi mereka fokusnya bukan kepada diri sendiri, melainkan orang lain. Mereka lebih mementingkan apa yang orang lain butuhkan dari pada kepercayaan yang mereka pegang.

Walaupun ENFJ selalu memperhatikan orang lain, mereka biasanya akan merasa sendiri, padahal sedang dikelilingi banyak orang. Perasaan sendiri tersebut bisa jadi karena mereka enggan untuk menunjukkan, siapa sebenarnya mereka itu.

Banyak orang yang menyukai ENFJ, hal ini karena mereka dapat mencintai dan lebih mengerti orang lain. Mereka orang yang jujur dan to the point. ENFJ memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan dapat melakukan banyak hal berbeda.

Kebanyakan, pemilik tipe kepribadian ENFJ selalu enerjik, mereka memiliki potensi yang banyak. Bukan cuma itu, mereka memiliki potensi yang keren. Jika mengerjakan sesuatu yang mereka sukai, biasanya hasilnya akan jadi bagus.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian ENFJ

Kamu bisa mengenali seorang ENFJ dengan beberapa ciri berikut ini.

Seorang ENFJ memiliki perasaan yang hangat pada orang lain. ENTJ juga sangat mengerti bagaimana perasaan orang lain. Mereka juga menyukai berada dalam struktur organisasi. Kemampuan mereka dalam berorganisasi juga sangat kuat.

Orang berkepribadian ENFJ sangat menghargai keharmonisan, bahkan mereka juga menciptakan keharmonisan itu. Mereka cenderung tidak menyukai logika dan juga analisis impersonal.

ENFJ adalah orang yang jujur dan loyal, mereka juga imajinatif dan kreatif. Mereka kalau diberi tantangan yang baru akan merasa senang. Apalagi kalau tantangannya membantu orang lain, pasti mereka akan merasa puas. Tapi ketika mendapat kritik, mereka akan menjadi sensitif. Mereka butuh pengakuan dari orang lain agar merasa lebih baik.

Kekuatan ENFJ

Berikut ini beberapa kekuatan yang dimiliki orang bertipe ENFJ.

ENFJ sangat toleran, mereka dapat menyadari kapan harus mendengarkan opini orang lain, walaupun opini yang disampaikan berbeda dengan yang mereka pikirkan. ENFJ akan mengakui kalau mereka tidak mengetahui segala hal. Toleransi yang dimiliki ENFJ dapat menerima perbedaan pendapat selama hal tersebut bersifat membangun.

Kalau kamu mau minta tolong kepada seseorang, tipe ENFJ ini dapat diandalkan. Mereka merupakan orang yang dapat dipercaya.

Seorang ENFJ sangat berkharisma, mereka tahu bagaimana caranya menarik perhatian dan memberi motivasi. Bahkan, cara bicara dan perilaku mereka bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

ENFJ lebih mementingkan orang lain dari pada diri mereka sendiri. Seorang ENFJ meyakini, kalau orang-orang berkumpul bersama, maka akan dapat bermanfaat dan berbuat baik.

Orang berkepribadian ENFJ merupakan pemimpin alami, mereka sering menjadi pemimpin karena permintaan orang. Mereka menjadi pemimpin juga tidak untuk mencari kekuasaan. ENFJ begitu dikagumi orang di sekitarnya karena merupakan pribadi yang kuat dan memiliki visi positif.

Kelemahan ENFJ

ENFJ memiliki beberapa kelemahan.

Mereka merupakan orang yang terlalu idealis, ENFJ kurang bisa menerima perlawanan dari orang lain atau ketika terjadi kesalahpahaman mereka bisa tertekan. Ketika sudah tertekan, biasanya mereka akan marah dan kecewa.

Seorang ENFJ terlalu sensitif, ketika menerima kritik, mereka sangat mudah merasa tersakiti. Bahkan, ketika orang lain yang punya masalah, mereka bisa ikut menanggungnya, padahal hal tersebut tidak bisa diperbaiki oleh seorang ENFJ.

Orang bertipe kepribadian ENFJ selalu ingin membangun idealismenya. Mereka berusaha menjadi lebih baik tetapi selalu khawatir, takut apakah mereka bisa jadi lebih baik atau tidak. Kepercayaan diri yang dimiliki ENFJ juga sama, ketika tidak bisa mencapai tujuan, mereka akan merasa minder.

ENFJ selalu berfikir apa yang belum tentu terjadi. Ketika menghadapi dua hal yang sulit, mereka akan berimajinasi, kira-kira resiko apa yang akan didapat jika ENFJ memilih salah satu pilihan.

ENFJ adalah orang yang memiliki kebiasaan bertanya tentang apa yang sedang dilakukan oleh pasangannya. Selain itu, mereka juga biasanya menanyakan apa yang pasangannya rasakan dan lain sebagainya. Jika dilakukan terlalu sering, kebiasaan ini bisa sedikit mengganggu, tapi bisa juga membantu terciptanya hubungan yang sehat.

Partner Alami

Orang bertipe ENFJ memiliki partner alami, yaitu seseorang dengan kepribadian INFP atau ISFP.

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFJ

Orang dengan kepribadian ENFJ bisa memilih beberapa pekerjaan yang cocok di bawah ini.

  • Entertainer
  • Event Coordinator
  • HRD
  • Konselor
  • Konsultan
  • Marketing
  • Motivator
  • Pengajar
  • Penulis
  • Psikolog

Tokoh Terkenal yang Berkepribadian ENFJ

Berikut ini beberapa tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian ENFJ.

  • Abraham Lincoln
  • Abraham Maslow
  • Barack Obama
  • Dennis Hopper
  • Diane Sawyer
  • Johnny Depp
  • Oprah Winfrey
  • Peyton Manning
  • Ronald Reagan
  • Sean Connery

Saran Pengembangan untuk ENFJ

Berikut ini beberapa saran untuk ENFJ agar dapat berkembang menjadi lebih baik.

Jika hanya ingin menyenangkan orang lain, jangan sampai seorang ENFJ mengorbankan dirinya sendiri. Jangan pula mengukur harga diri dari bagaimana perlakuan orang terhadap kamu. Kamu tidak boleh kecewa ketika orang lain tidak seperti yang kamu inginkan.

Seorang ENFJ, walaupun memiliki jiwa pemimpin, belajarlah untuk tegas. Tegas dalam menghadapi semua hal, mulai dari mengambil keputusan, sampai tegas ketika menghadapi konflik dan kritik.

Orang tua dengan tipe kepribadian ENFJ biasanya memiliki masalah ketika anaknya memasuki usia remaja. Pada masa remaja, seorang anak biasanya membutuhkan ruang untuk sendiri. Biasanya anak remaja akan menjauh dari orang tuanya. Seorang ENFJ memiliki kecenderungan untuk memanipulasi. Sebaiknya ENFJ berusaha untuk tidak menggunakan sifatnya yang manipulatif dengan cara negatif.

Janganlah kamu terlalu keras terhadap diri sendiri, sedikit lunak akan membantu membuat hari-harimu lebih indah.