fbpx

Tipe Kepribadian ISTP

Dalam MBTI, tipe kepribadian ISTP dikenal juga dengan seorang mekanik dan pengrajin, kepribadian ini terdiri dari introversion, sensing, thinking, dan perceiving. Dengan kombinasi tersebut, ISTP merupakan orang yang lebih cenderung pendiam dan suka menyendiri.

Mereka suka informasi yang jelas dari pada info yang abstrak dan hanya konsep saja. ISTP, ketika membuat keputusan menggunakan logikanya. Seorang ISTP lebih sering tidak merencanakan sesuatu, mereka akan membiarkan pilihan tetap ada.

Seorang ISTP punya kemampuan untuk dapat mengerti bagaimana sesuatu itu bekerja. Ketika melakukan analisis, kemampuan mereka cukup bagus. Selain itu, mereka juga senang menggunakan kemampuan analisisnya dengan praktek secara langsung. Walaupun mereka tidak menyukai teori dan konsepnya, tapi ISTP dapat melihat pengaplikasiannya.

Orang berkepribadian ISTP jiwanya adalah petualang, mereka tertarik dengan hal yang berbau bertualang. Contohnya seperti sepeda motor, kendaraan transportasi, surfing, dan lain sebagainya.

Mereka akan berkembang karena melakukan aksi, dan biasanya mereka berani bertindak. ISTP merupakan orang yang mandiri, kadang mereka butuh tempat agar dapat membuat keputusannya sendiri. Mereka cenderung tidak mengikuti aturan yang bisa menghambat kemampuan mereka.

ISTP senang melakukan sesuatu dan bukan tipe orang yang duduk di belakang meja seharian penuh. Mereka juga bukan tipe orang yang akan memikirkan perencanaan untuk jangka panjang. Seorang ISTP memiliki fokus terhadap detail.

Seorang ISTP akan membuat penilaian berdasarkan nilai personal. Mereka menganggap, penilaian dan keputusan itu haruslah terpisah. ISTP juga merupakan orang yang tidak dapat memperkirakan bagaimana hal yang mereka buat itu berdampak pada orang lain.

Orang dengan kepribadian ISTP tidak terlalu memperhatikan perasaannya, bahkan mereka kadang mengabaikan perasaan yang ada. Ketika stres, seorang ISTP biasanya mudah marah.

Tapi, ketika keadaan kritis, ISTP bisa tetap tenang. Mereka bisa menjadi atlit yang baik karena memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang baik.

Saat di bangku sekolah, ISTP biasanya tidak banyak berbuat kekacauan. Hal tersebut karena mereka orang yang introvert dan dapat berpikir dengan logis. Seorang ISTP sangat optimis, dapat dipercaya, dan loyal pada teman-temannya.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian ISTP

Berikut ini ciri-ciri orang dengan kepribadian ISTP.

Seorang ISTP memiliki ketertarikan pada mengapa dan bagaimana sesuatu itu dapat bekerja. Mereka memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan logika ilmu yang dipunya untuk menyelesaikan masalah. Ilmu akan lebih mudah diserap oleh seorang ISTP dengan cara mengerjakannya secara langsung.

Mereka tertarik dengan hubungan sebab akibat yang ada pada sesuatu hal. Seorang ISTP suka mengolah suatu fakta menggunakan prinsip masuk akal.

Orang berkepribadian ISTP fokus tentang masa sekarang dan juga masa depan. Mereka akan mencari selingan di sela kesibukannya dan menambah pengalaman baru.

ISTP merupakan orang yang realistis dan praktis, mereka orientasinya pada hasil. Ketika ada kesempatan datang, mereka berani untuk mengambil resiko. Seorang ISTP cukup percaya terhadap dirinya sendiri, tekun, dan juga mandiri.

Kekuatan ISTP

Ada beberapa kekuatan yang dimiliki orang berkepribadian ISTP.

ISTP merupakan seseorang yang dapat mengerjakan beberapa proyek. Mereka sangat enerjik dan kadang akan bersenang-senang bersama bawahannya. Seorang ISTP tegas dalam banyak situasi, hal tersebut membuat ISTP jarang sekali stres.

Seorang ISTP memiliki daya imajinasi yang tinggi saat mengerjakan suatu hal, misalnya kerajinan tangan. Mereka merasa senang ketika mengerjakan sesuatu dengan tangan mereka untuk berkreasi.

Ketika sedang memikirkan sesuatu, ISTP dapat berpindah dari situasi awal ke situasi yang baru dengan hanya sedikit usaha. Hal tersebut karena mereka adalah orang yang spontan dan berpikir rasional. Dengan kemampuannya itu, mereka menjadi orang yang serbaguna dan fleksibel.

Walaupun orangnya spontan, ISTP bisa membuat prioritas. Mereka akan mengeluarkan energi yang dimiliki untuk prioritasnya terlebih dahulu.

ISTP mampu menghadapi masalah yang kritis sekalipun dengan kreativitas yang dimilikinya. Saat butuh mengambil resiko fisik, ISTP tidak takut, ketika hal tersebut memang dibutuhkan.

Seorang ISTP akan menjalani kehidupannya dengan tenang, mereka membiarkan semua berjalan dengan apa adanya. Bahkan, ketika ada yang khawatir tentang masa depan, mereka justru tidak memikirkannya.

Mereka adalah seorang problem solver yang baik terutama ketika menyelesaikan masalah teknis dan masalah yang tiba-tiba saja muncul.

Kelemahan ISTP

ISTP memiliki beberapa kelemahan.

Sama halnya dengan membiarkan semua berjalan apa adanya, ISTP juga tidak menghiraukan apa yang terjadi padanya. Tetapi, ketika ada yang ingin mengubah gaya hidup atau kebiasaannya, seorang ISTP bisa tidak terima dan jengkel.

Kelemahan lain ISTP adalah tidak sensitif, mereka bahkan menggunakan logikanya ketika akan mendekati seseorang dengan emosi dan empati.

Seorang ISTP suka menyendiri, mereka lebih suka menyimpan masalah untuk diri sendiri. Selain itu, mereka juga lebih memilih diam atau sedikit berbicara.

Jika mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan fokus yang lama, seorang ISTP akan cepat merasa bosan. Mereka lebih suka melakukan hal baru yang lebih menarik.

Komitmen jangka panjang tidak begitu disukai orang berkepribadian ISTP. Mereka lebih suka mengerjakan sesuatu itu satu per satu sampai selesai. Jika terlalu lama terjebak dalam satu komitmen, biasanya mereka akan tertekan. Hal ini bisa jadi tantangan buat seorang ISTP untuk berhubungan dengan orang lain.

Kadang, seorang ISTP berani mendekati hal yang penuh resiko dan membahayakan. Hal tersebut mereka lakukan kadang hanya untuk tahu saja, sejauh mana mereka dapat melakukannya.

Partner Alami ISTP

ISTP memiliki partner alami, yaitu orang dengan tipe kepribadian ESTJ atau ENTJ.

Pekerjaan yang Cocok untuk ISTP

Berikut ini beberapa pekerjaan yang difavoritkan oleh orang berkepribadian ISTP.

  • Ahli Forensik
  • Ahli Komputer
  • Atlit
  • Entrepreneur
  • Insinyur
  • Mekanik
  • Pilot
  • Polisi
  • Programmer
  • System Analyst
  • Teknisi

Tokoh Terkenal Berkepribadian ISTP

Ada banyak tokoh dengan tipe kepribadian ISTP, berikut ini beberapa diantaranya.

  • Alan Shepherd
  • Amelia Earhart
  • Chuck Yeager
  • Clint Eastwood
  • Frida Kahlo
  • James Dean
  • Keith Richards
  • Tiger Woods
  • Tom Cruise
  • Zachary Taylor

Saran Pengembangan ISTP

Ada saran untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian ISTP.

Kamu perlu mengobservasi kehidupan bersosialmu. Kenali apa saja yang membuat orang marah, senang, cinta, dan juga termotivasi. Setelah itu, terapkan dalam kehidupanmu untuk berhubungan dengan orang lain. Perhatikan orang disekitarmu, identifikasi bagaimana pikiran, ide, dan prioritas mereka.

Belajarlah untuk mengerti bagaimana perasaanmu saat ini, lalu ekspresikan. Kamu juga perlu menjadi orang yang lebih terbuka. Kalau perlu, keluar dari zona nyamanmu dan mengeksplor hal yang baru atau bisa juga cari teman untuk berdiskusi.

Janganlah suka mencari kesalahan orang lain hanya untuk kamu selesaikan masalahnya. Kamu perlu belajar membagi informasi yang dimiliki dan mempercayakan tanggung jawab pada orang lain.

Belajarlah untuk membicarakan apa yang kamu pikirkan. Jika memiliki ide, diskusikanlah dan mintalah masukan atau pandangan dari orang lain untuk membantu mengembangkan idemu.