fbpx

Tipe Kepribadian ENTJ

Dalam MBTI, tipe kepribadian ENTJ dikenal sebagai pelaksana dan panglima, tipe kepribadian ini terdiri dari extraversion, intuition, thinking, dan judging.

Seorang ENTJ siap memikul beban sebagai pemimpin, mereka suka terus terang dan menentukan suatu tindakan. Jiwa pemimpinnya akan memudahkan ENTJ melihat jika ada kebijakan yang tidak efisien. Mereka juga mampu menyelesaikan masalah organisasi serta mengimplementasikan sebuah sistem.

Orang bertipe ENTJ menyukai rencana jangka panjang dengan tujuan yang jelas. Mereka biasanya memiliki pengetahuan yang luas dan baik dalam membaca keadaan. Mereka juga senang mencari pengetahuan baru kemudian menyampaikannya pada orang lain.

Sejak lahir, mereka adalah seorang pemimpin alami, hidup di dunia yang penuh dengan tantangan. ENTJ terfokus pada perkembangan karirnya dan cocok jika bekerja di perusahaan. Mereka dapat melihat suatu masalah di lingkungannya dan mencari tahu solusi yang bisa diberikan.

Seorang ENTJ biasanya dapat sukses ketika memilih untuk berbisnis. Hal tersebut karena mereka memang dilahirkan sebagai pemimpin. Mereka akan bekerja dengan sungguh-sungguh tidak kenal lelah, agar tujuan dapat tercapai.

Jika ada kesalahan yang dilakukan secara berulang, seorang ENTJ tidak akan menyukainya. Mereka sangat tidak menyukai hal tersebut karena menurut mereka, itu tidak efisien. Jika kesalahan berulang tersebut terjadi, mereka akan menjadi keras dan kurang memahami perasaan orang lain.

Orang berkepribadian ENTJ akan kesulitan ketika harus melihat sesuatu di luar perspektif mereka. ENTJ memiliki karakter yang kurang peduli, sehingg sering kali mendesak dan mengintimidasi orang lain. Bahkan, di kehidupan pribadinya, sebagian ENTJ bisa menindas pasangan atau orang tua mereka.

ENTJ sikpanya tegas, mereka dapat membuat keputusan dengan cepat. Mengutarakan pendapat pun bisa dilakukan dengan cepat. Jika seorang ENTJ tidak berusaha mengembangkan ituisinya, mereka akan membuat keputusan yang tergesa-gesa. Padahal, mereka belum mengerti seluruh permasalahan dan solusi apa yang bisa dilakukan.

Walaupun secara alami, seorang ENTJ tidak memiliki bakat alami untuk memahami perasaan orang lain, tetapi secara pribadi mereka malah punya sifat sentimental. Sifat sentimental yang dipunyainya tentu akan disembunyikan karena mereka menganggap bahwa hal tersebut merupakan suatu kelemahan.

Ciri-ciri ENTJ

Ada beberapa ciri-ciri dari tipe kepribadian ENTJ yang bisa kita lihat dalam kesehariannya.

Seorang ENTJ mampu mengubah sebuah teori menjadi perencanaan yang jelas. Dengan pengetahuannya yang tinggi, mereka akan selalu memikirkan jauh ke depan.

Jika kamu bertemu dengan orang bertipe ENTJ, mereka ini sangat jago dalam memimpin. Karena sifat kepemimpinannya, jika melihat ada hal yang tidak efisien, mereka tentu menjadi tidak sabar dan sebisa mungkin mengubahnya.

Sifat kepemimpinan ENTJ juga tercermin dari keinginannya untuk segala sesuatu harus terstruktur dan teratur. Sifat tersebut juga menjadikan kemampuan komunikasi verbal mereka hebat. Mereka percaya diri berbicara di depan umum dan tegas menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya.

ENTJ adalah seorang partner yang antusias, agresif, dan memegang komitmen yang sudah dibuat. Ketika berhubungan dengan orang lain, merekalah yang menjadi pemimpin. Ketika menjadi pemimpin, mereka memimpin dengan kreatif dan hubungan yang dibuat ingin terus tumbuh.

Seorang ENTJ tidak bisa memahami perasaan serta emosi pasangannya. Tapi, ketika ENTJ mengembangkan feeling mereka, maka seorang ENTJ akan menjadi pribadi yang dapat mengerti perasaan orang lain dan lembut.

Kekuatan ENTJ

Berikut ini adalah eberapa kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian ENTJ.

Seorang ENTJ sangat menyukai hal yang efisien. Jika ada suatu hal yang tidak efisien, mereka menganggapnya sebagai pemborosan energi dan waktu. Jadi, kemanapun mereka pergi, efisiensi sangat dikedepankan.

Peran sebagai pemimpin yang diamanahkan pada seorang ENTJ membuat mereka menikmatinya. Jika mereka memimpin sebuah tim, maka tim tersebut akan dibuatkan sebuah rencana dan tujuan untuk dicapai bersama.

Seorang ENTJ juga sangat percaya pada kemampuan yang dimilikinya. Mereka mengerti betul tentang opini yang ada di dalam kepala dan percaya bahwa diri mereka dapat memimpin.

Sikap seorang pemimpin yang tidak mudah menyerah tertanam di dalam hati. Mereka akan berusaha sekeras mungkin agar tujuan atau keinginan mereka tercapai.

ENTJ mampu membuat sebuah rencana besar dan mereka bisa menguji setiap permasalahan dari rencana tersebut sampai ditemukan solusinya.

Seorang pemimpin tentu memiliki kharisma dan sanggup memberi inspirasi. Orang berkepribadian ENTJ memiliki kedua hal tersebut, tidak hanya kharismatik, mereka juga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Kelemahan ENTJ

Seorang ENTJ juga memiliki beberapa kelemahan.

Karena memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mereka akan selalu mencoba untuk memenangkan setiap perdebatan dan akan memaksakan visinya. Mereka akan kelihatan sekali keras kepala dan kalau bisa mendominasi orang lain.

Seorang ENTJ kadang kurang memberikan dukungan pada ide yang dapat mengganggu tujuan utamanya. Bahkan, mereka tidak akan ragu membuat semua hal menjadi jelas. Mereka akan berdiri paling depan dengan percaya diri.

Mereka berpikir terlalu cepat, hal ini tentu membuat orang di sekitarnya kadang tidak dapat mengikuti. Jika orang di sekitar ENTJ tidak dapat mengikuti, mereka bisa menjadi tidak sabaran.

Seorang ENTJ juga merupakan orang yang arogan, mereka selalu berpikir cepat. Mereka hanya menilai dari diri mereka sendiri, sehingga kadang merendahkan orang lain yang tidak dapat memenuhi standar.

Dengan obsesi ingin selalu efisien dan profesional, ENTJ menjadi orang yang kurang sensitif. Mereka akan cenderung mengesampingkan perasaan dan kepentingan orang lain.

Orang berkepribadian ENTJ cenderung kurang bisa mengendalikan emosi mereka. Bahkan, orang terdekat seperti teman atau pasangan bisa tersakiti hatinya ketika mereka sedang marah.

Partner Alami

Seorang ENTJ memiliki partner alami, yaitu orang dengan tipe kepribadian INTP atau ISTP.

Profesi yang Cocok untuk ENTJ

Beberapa pekerjaan yang cocok untuk ENTJ sebagai berikut ini.

  • Bidang finansial
  • Bisnis analis
  • Hakim
  • Konsultan
  • Pemimpin organisasi
  • Pengacara
  • Pengusaha

Tokoh Terkenal Berkepribadian ENTJ

  • Al Gore
  • Aristoteles
  • Candace Bergen
  • David Letterman
  • Franklin D. Roosevelt
  • Harrison Ford
  • Margaret Thatcher
  • Patrick Stewart
  • Richard M. Nixon

Saran Pengembangan untuk ENTJ

Berikut ini beberapa saran yang mungkin bisa dipertimbangkan oleh orang dengan kepribadian ENTJ.

Seorang ENTJ harus belajar untuk rileks, mereka jangan terlalu menjadi orang yang perfeksionis. Jangan pula selalu ingin berkompetisi dengan setiap orang.

Belajarlah untuk bisa mengungkapkan perasaan yang dimiliki. Tidak ada yang salah dengan mengungkapkan perasaan, dan itu bukanlah menunjukkan sisi lemahmu.

Sebisa mungkin mulai dilatih untuk bisa menghargai orang lain. Kalau bisa, apresiasi orang lain ketika mereka mendapat suatu pencapaian.

Jangan menjadi orang yang selalu menganggap remeh orang lain. Jangan pula terlalu arogan, itu bukanlah hal yang baik. Selalu lihat suatu kejadian dari sisi positifnya, jangan hanya melihat kesalahannya saja.

Belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik, buat diri lebih berkharisma agar mampu menggerakkan orang lain.