fbpx

Tipe Kepribadian ESFP

Dalam MBTI, tipe kepribadian ESFP dikenal juga sebagai seorang pemain, kepribadian ini terdiri dari ekstraversion, sensing, feeling, dan perceiving.

Seorang ESFP suka berkomunikasi dengan orang lain dan mencari pengalaman baru. Mereka sangat menikmati ketika menjadi pusat perhatian. ESFP sangat menyukai drama dalam kehidupannya, mereka senang hal yang heboh.

Orang dengan tipe kepribadian ESFP punya kemampuan intrapersonal yang kuat. Di dalam kehidupan, mereka sering berperan sebagai pendamai. Mereka adalah orang yang mengedepankan perasaan, hal tersebut digunakan untuk bersimpati kepada orang lain.

ESFP merupakan orang yang hangat dan baik kepada orang lain. Mereka bukanlah pemberi nasehat terbaik karena mereka tidak begitu suka teori dan perencanaan masa depan. Tapi, seorang ESFP bagus ketika memberikan perhatian kepada orang lain secara langsung.

Walaupun orangnya suka bersenang-senang, ESFP adalah orang yang optimis dan spontan. Seorang ESFP yang tidak mengembangkan sisi thinkingnya akan kesulitan di kehidupannya. Mereka hanya akan merasakan apa yang terjadi, tetapi tidak dapat melihat konsekuensi apa yang akan terjadi ketika mereka berbuat sesuatu.

Orang dengan tipe kepribadian ESFP adalah penyayang kepada sesamanya. Mereka akan baik pada temannya, tetapi ketika ada yang mengganggunya, mereka tidak akan segan untuk bersikap keras dan melawan orang yang mengganggunya tersebut.

Ada hal yang tidak ditemukan pada tipe kepribadian lainnya, yaitu ikatan yang kuat dengan orang lain, anak kecil ataupun hewan. Ikatan kuat tersebut hanya ditemukan pada tipe ESFP dan tidak ditemukan di tipe kepribadian lainnya.

Seorang ESFP akan mengapresiasi keindahan yang dilihatnya. ESFP adalah orang yang sangat cinta kehidupannya, mereka tahu bagaimana caranya untuk bersenang-senang.

Ciri-ciri Orang Berkerpibadian ESFP

Kamu perlu tahu ciri-ciri berikut ini untuk mengenali seorang ESFP.

ESFP adalah tipe orang yang mudah berteman, ramah, hangat, easygoing, dan menyenangkan. Mereka selalu optimis, antusias, suka menghibur, ceria, dan senang ketika menjadi pusat perhatian.

Orang dengan tipe kepribadian ESFP suka mencari pengalaman baru. Mereka cenderung orang yang suka praktek dan melakukan hal realistis.

ESFP adalah orang yang hangat pada orang lain. Mereka tahu bagaimana caranya bersenang-senang untuk dirinya sendiri dan orang lain.

ESFP adalah orang yang menyenangkan, mereka hidup untuk hari ini. Selain itu, mereka tahu bagaimana menikmati momen yang sedang berlangsung saat ini.

Mereka orang yang hangat pada setiap orang dan dapat membuat orang lain bahagia. Biasanya, ESFP adalah orang yang baik hati dan melakukan sesuatu yang baik dengan sepenuh hati untuk orang lain.

Orang berkepribadian ESFP tidak terlalu menyukai hal yang berbau teori dan sesuatu yang rumit. Ketika berhadapan dengan teori rumit, mereka kadang akan menentangnya dan membuat hubungan yang butuh pemikiran serta intuisi tinggi.

Seorang ESFP lebih suka hidup mandiri, mereka memiliki banyak akal untuk melangsungkan kehidupannya. Di kehidupan sehari-hari, ESFP adalah orang yang jarang merencanakan, mereka lebih cenderung spontan. ESFP tidak begitu suka teori dan penjelasan yang panjang.

Orang berkepribadian ESFP memiliki ikatan yang kuat dengan anak kecil dan juga hewan.

Kekuatan ESFP

Ada beberapa kekuatan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian ESFP.

Seorang ESFP terlalu berani, mereka tidak tahu bagaimana caranya menahan diri. Jika ada hal yang menarik, mereka ingin bisa mencobanya demi mendapatkan pengalaman baru. Seorang ESFP bahkan tidak takut ketika harus keluar dari zona nyaman mereka.

Bagi seorang ESFP, tradisi dan ekspektasi tidak begitu mereka pikirkan. Dibandingkan dengan dua hal tersebut, mereka lebih suka bereksperimen dengan sesuatu yang baru. Mereka ingin menemukan cara yang baru agar tetap terlihat keren di lingkungannya.

ESFP punya pemikiran, kalau hidup di dunia ini harus merasakan dan mengalami. Kebenaran yang ada bisa jadi lebih aneh dari cerita fiksi dan ESFP lebih memilih melihat dan melakukan secara langsung dari pada hanya sekedar menanyakan bagaimana jika mereka melakukan hal tersebut.

Seorang ESFP suka mengobservasi apa yang ada di sekitarnya. Mereka akan fokus pada hal yang terjadi saat ini, sehingga membuat ESFP secara alami dapat melihat kenyataan akan sesuatu.

Orang berkepribadian ESFP suka memperhatikan orang lain. Mereka senang berbicara, kalau kamu berbicara dengan ESFP, mereka hampir tidak pernah kehabisan bahan untuk diobrolkan.

Kelemahan ESFP

Berikut ini beberapa kelemahan orang dengan tipe kepribadian ESFP.

Kelemahan terbesar yang dimiliki seorang ESFP adalah mereka sangat emosional. Kelemahan ini dapat membuat kelemahan lain sulit diatasi.

Jika ada konflik yang sedang terjadi, seorang ESFP biasanya akan menghindarinya. Mereka lebih memilih keluar dan menjauh dari situasi tersebut, lalu beralih ke hal lain.

ESFP merupakan orang yang mudah bosan ketika melakukan sesuatu. Mereka selalu mencari apakah ada hal yang lebih menarik untuk dilakukan.

Seorang ESFP tidak terlalu suka merencanakan sesuatu, mereka percaya, segala sesuatu itu dapat berubah kapanpun itu. Jadi, mereka memilih untuk tidak merencanakan dengan detail masa depannya.

ESFP adalah orang yang kurang bisa fokus, mereka tidak bisa memfokuskan perhatian dalam jangka waktu yang lama.

Partner Alami

ESFP mempunyai partner alami, seorang dengan tipe kepribadian ISTJ atau ISFJ.

Pekerjaan untuk Seorang ESFP

Berikut ini beberapa pekerjaan yang cocok dan menjadi favorit orang dengan tipe kepribadian ESFP.

  • Bidang Anak-anak
  • Bidang Hospitality
  • Designer
  • Entertainer
  • Konselor
  • Marketing
  • Seniman
  • Tour Guide

Tokoh Terkenal Berkepribadian ESFP

Berikut ini beberapa orang terkenal dengan tipe kepribadian ESFP.

  • Bill Clinton
  • Bob Hope
  • Goldie Hawn
  • Marilyn Monroe
  • Pablo Picasso
  • Ronald Reagan
  • Saint Mark
  • Woody Harrelson

Saran Pengembangan ESFP

Ada beberapa saran yang dapat dilakukan seorang ESFP.

Cobalah untuk tidak menerima sesuatu hanya dengan sekali lihat saja. Kamu perlu mendengarkan semuanya dan membiarkannya sampai mengendap. Baru kemudian dengarkan apa yang ada di dalam hatimu untuk bertindak.

Kamu perlu memperhatikan apa yang ada di sekitarmu. Setelah itu, sadari bahwa di dunia ini ada berbagai macam kepribadian orang. Mereka melihat dunia ini dengan cara yang berbeda denganmu.

Kamu perlu membiasakan diri untuk mendengarkan orang lain. Apalagi ketika kamu ragu-ragu atau tidak tahu tentang sesuatu.

Biasakan untuk selalu berpikir positif dan ingatlah bahwa ketika kamu berperilaku positif, maka akan mendatangkan situasi yang positif juga.

Seorang ESFP kadang bisa tidak puas dengan orang lain jika berharap terlalu banyak pada mereka. Kamu harus belajar untuk tidak berekspektasi dengan tidak wajar.

Ketika harus memilih, jangan terlalu terburu-buru untuk mengambil keputusan. Kamu harus belajar fokus dan jangan mudah berpaling ke hal lain terutama ketika sedang mengerjakan sesuatu yang penting.

Jangan memaksakan diri dengan ingin menyenangkan semua orang. Kamu juga harus sadar bahwa tidak semua orang dapat menyenangkan kamu.

Cobalah untuk tidak lari ketika dikritik dan terjadi konflik. Kamu harus belajar untuk menghadapi kritik dari orang lain.

ESFP adalah orang yang cenderung materialistis. Perlu diingat, tidak semuanya itu bisa diukur dengan materi atau uang.