fbpx

Tipe Kepribadian INFJ

Dalam MBTI, tipe kepribadian INFJ dikenal sebagai pelindung dan penasehat, terdiri dari introversion, intuition, feeling, judging.

INFJ merupakan para pencari makna yang berhubungan dengan ide, pekerjaan, dan hubungan sosial. Mereka selalu ingin mengerti bagaimana pola pikir orang lain dan belajar apa yang memotivasi seseorang di kehidupannya.

INFJ merupakan orang yang perhatian, lembut, kompleks, kreatif, artistik, dan intuisinya tinggi. Kalau termasuk tipe kepribadian ini, maka kamu termasuk langka. Hanya ada 1% dari populasi seluruh manusia di dunia bertipe INFJ.

Seorang INFJ senang mengidentifikasi hal yang menjadi prioritas di dalam hidupnya dan bagaimana membuat sistem terbaik.

Intuisi yang dimiliki INFJ juga sering digunakan, sehingga mereka kerap melakukan hal yang spontan. Mereka tahu akan sesuatu hanya lewat intuisi, tapi jika disuruh menjelaskan, mereka tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi.

Ketika menilai orang dan sebuah situasi, INFJ secara intuisi memiliki perasaan terhadap hal tersebut, seolah-olah punya sesuatu yang gaib. Walaupun terlihat seperti memiliki kekuatan gaib, INFJ sebenarnya adalah orang yang hangat.

INFJ selalu memperhatikan perasaan orang lain, sehingga mereka mencoba agar tidak menyakiti hati orang lain. Mereka sebenarnya orang yang sensitif, terutama pada konflik.

Memiliki kemampuan intuisi yang tinggi membuat INFJ lebih percaya pada naluri dari pada hal lain. Hal ini tentu membuat mereka menjadi keras kepala dan ketika diberi masukan, mereka tidak menghiraukannya.

Walaupun seorang yang perfeksionis, seorang INFJ ragu dengan potensi yang dimilikinya. Mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri. Tapi jeleknya, ekspektasi tinggi itu juga diberlakukan kepada keluarga mereka.

INFJ adalah orang yang penyabar, pengasuh, protektif, dan pengabdi. Mereka sangat cinta pada kedua orang tuanya dan punya ikatan yang kuat dengan keturunannya. Ekspektasi yang tinggi mereka letakkan pada anak-anaknya dan mendorong si anak untuk menjadi yang terbaik.

Kalau di tempat kerja, INFJ biasanya terlihat di tempat yang mereka dapat berekspresi sehingga kreativitasnya dapat tersalurkan. Mereka tertarik terhadap seni, bukan hanya seni, bahkan mereka juga unggul dalam hal ilmu pengetahuan.

Ciri-ciri Seorang INFJ

Kamu bisa mengenali INFJ dengan ciri-ciri berikut ini.

Seorang INFJ jika memiliki sebuah hubungan, maka mereka akan perhatian, sensitif, empati, dan selalu berkomitmen.

Mereka adalah orang yang tekun, bahkan dapat mencapai kesuksesan karena ketekunannya. Seorang INFJ memiliki keinginan yang kuat, mereka akan melakukan apa saja agar pekerjaan yang dilakukan hasilnya memuaskan.

Orang dengan tipe kepribadian INFJ, secara intuisi bisa mengerti keadaan dan orang. Mereka termasuk orang yang idealis, prinsip yang dipegang kuat. Kalau jadi pemimpin, maka mereka akan melakukannya dengan baik, karena itu adalah kelebihannya.

Walaupun seorang yang idealis, mereka ini sensitif dan perasa. Mereka selalu berpikir ke depan, memikirkan tentang masa yang akan datang.

Karena seorang yang idealis, maka mereka cenderung kurang bisa mengekspresikan perasaan yang dirasakan. Tapi, jika diajak untuk berpikir ke depan, INFJ sangat cocok, mereka juga kreatif dalam membuat keputusan.

INFJ dapat bekerja dengan logis dan rasional, tentu dengan menggunakan intuisi yang dimiliki untuk dapat mengerti tujuan.

Kekuatan INFJ

Beberapa kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian INFJ

INFJ dapat mengombinasikan antara imajinasi dengan perasaan yang kuat, sehingga mereka menjadi kreatif. Kreativitas yang dimiliki INFJ digunakan untuk menemukan solusi agar masalah dapat diselesaikan.

Seorang INFJ bisa mengetahui orang yang tidak jujur, bahkan bisa menggiring diskusi yang awalnya tidak jujur menjadi lebih jujur.

Orang berkepribadian INFJ mempunyai kemampuan menulis yang dapat menunjukkan idealisme mereka, hal itu bisa menginspirasi pembacanya. Selain kemampuan menulis, INFJ juga dapat menjadi orator yang berbicara dengan hangat. Mereka juga akan berbicara penuh semangat ketika bangga dengan apa yang diutarakan.

INFJ percaya, kalau mereka berusaha keras menjalankan sesuatu maka akan tercapai tujuan yang diharapkan. Bahkan, ketika ada orang terdekat menghalangi, mereka tetap bekerja sekeras mungkin.

Kepentingan orang lain biasanya lebih dipentingkan oleh INFJ. Hal tersebut membuat mereka senang memperbaiki sesuatu yang ada disekitar sehingga menjadi lebih baik.

Kelemahan INFJ

Beberapa kelemahan orang dengan tipe kepribadian INFJ.

Kamu jangan kaget ketika ada orang yang mengkritik INFJ, mereka akan meresponnya dengan keras. Seorang INFJ memang cukup rapuh saat ada yang mengkritiknya. Bahkan, orang yang mengkritiknya akan ditanyai tentang motif kritikan tersebut lalu mereka akan dihakimi dengan buruk.

Seorang INFJ tertutup sekali, mereka memilih menjadi seorang yang tertutup terutama mengenai kehidupan pribadinya. Ketertutupan itu bukan hanya pada orang yang baru dikenalnya, kepada teman dekatnya mereka juga tertutup.

INFJ itu seorang yang idealis, mereka ingin semua hal menjadi ideal menurutnya, bahkan kalau hal itu tidak mungkin sekalipun. Seorang INFJ kadang tidak menghiraukan kesehatan dan hubungan dengan orang lain karena selalu percaya bahwa ada pilihan lain yang lebih baik.

Jika diberikan suatu pekerjaan, mereka akan meminta alasan atau tujuan kenapa harus melakukannya. Jika ada pekerjaan yang tidak jelas tujuannya, mereka biasanya akan resah dan kecewa.

Sewaktu-waktu, seorang INFJ dapat marah karena kurangnya kesabaran untuk mengerjakan rutinitas, idealis, dan sangat tertutup.

Partner Alami

Seorang INFJ memiliki partner alami yaitu orang dengan tipe kepribadian ESFP atau ESTP.

Orang Terkenal Bertipe INFJ

Walaupun jumlah orang bertipe INFJ sangat sedikit, tapi ada beberapa orang terkenal yang tipe kepribadiannya INFJ.

  • Adolf Hitler
  • Billy Crystal
  • Carl Gustav Jung
  • Johann Wofgang von Geothe
  • Mahatma Gandhi
  • Martin Luther King, Jr
  • Mary Wollstonecraft
  • Nelson Mandela
  • Niels Bohr
  • Plato

Pekerjaan yang Cocok untuk INFJ

Beberapa pekerjaan berikut ini menjadi favorit bagi orang bertipe INFJ.

  • Artis
  • Aktor
  • Desainer
  • Dokter
  • Entrepreneur
  • Fotografer
  • Guru
  • Konselor
  • Pekerja sosial
  • Penulis
  • Psikolog
  • Seniman

Potensi Masalah INFJ

Kelemahan yang ada pada INFJ karena dominannya fungsi introversion – intuition. Fungsi yang dominan tersebut bisa mengambil alih kepribadian mereka, sehingga akan menonjolkan introvert dan ituisinya. Hal tersebut dapat memunculkan berbagai masalah.

Kebanyakan INFJ kurang memperdulikan perasaan orang lain ketika mereka masuk ke ranah pribadinya. Padahal, ketika diberi masukan oleh orang lain, mereka akan menolaknya dengan cepat.

Mereka lebih sering menghakimi orang lain dari pada diri mereka sendiri. Itu karena kemampuan mereka yang bisa melihat suatu masalah dari banyak sisi. Dengan kemampuan tersebut, mereka akan mudah menemukan kesalahan orang lain.

Karena terlalu idealis, mereka membuat sesuatu menjadi tidak realistis dan harapannya kepada orang lain terlalu tinggi. Mereka juga kurang toleran terhadap kelemahan yang dimiliki orang lain.

Saran untuk Orang yang Berkepribadian INFJ

Seorang INFJ sekali-kali perlu untuk tidak menilai orang lain dan menerima pendapat yang disampaikan kepada mereka. INFJ perlu terlebih dahulu menilai diri sendiri sebelum menghakimi orang lain.

Meningkatkan kekuatan yang sudah ada dalam diri perlu dilakukan. Mereka perlu melakukan kegiatan yang membutuhkan intuisinya.

INFJ perlu sadar akan kelemahannya, seperti terlalu keras dalam menilai orang lain. Mereka sebaiknya terlebih dahulu menilai diri sendiri dengan lebih jujur.

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy