fbpx

Tipe Kepribadian ESTP

Dalam MBTI, tipe kepribadian ESTP dikenal juga sebagai seorang pelaku dan promotor, kepribadian ini terdiri dari extraversion, sensing, thinking, dan perceiving.

Ramah dan langsung bicara apa adanya adalah orang beritpe ESTP. Mereka penuh semangat dan gairah, senang untuk melakukan sesuatu. Mereka seolah hidup di dunia yang penuh dengan aksi.

Mereka adalah orang yang terus terang dan seorang pengambil resiko. ESTJ selalu ingin ikut masuk ke dalam permasalahan. Bahkan mereka membuat dirinya benar-benar terjun ke dalam masalah dan ingin berbuat sesuatu.

Seorang ESTP hidup untuk saat ini dan di tempat ini, mereka kurang mementingkan teori ataupun introspeksi. Mereka akan melihat sebuah fakta dari situasi yang terjadi. Secara cepat, seorang ESTP akan memutuskan apa yang sebaiknya dilakukan, kemudian mengeksekusi dan beralih mengerjakan pekerjaan lain.

Ada kemampuan aneh yang dimiliki oleh seorang ESTP, yaitu mampu merasakan perilaku dan motivasi dari orang lain. Mereka dapat melihat tanda yang orang lain biasanya tidak bisa melihatnya. Contohnya seperti cara berdiri atau ekspresi wajah seseorang.

ESTP akan menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk mendapat apa yang mereka inginkan. Menurut orang dengan tipe kepribadian ESTP, aturan itu adalah sebuah panduan untuk mereka berperilaku dari pada suatu amanat yang wajib dilakukan.

Jika ada suatu hal yang sudah diputuskan, mereka akan segera melakukannya dengan sungguh-sungguh dan sesegera mungkin. ESTP mempercayai keyakinan yang mereka pegang tentang apa yang benar dan teguh terhadap prinsip tersebut.

Seorang ESTP memiliki kemampuan yang baik untuk bercerita dan melakukan improvisasi. Mereka tipe orang yang membiarkan semuanya mengalir apa adanya daripada harus mengikuti rencana.

Mereka adalah orang yang suka bersenang-senang dan orang lain menganggap ESTP orang yang menyenangkan. Tetapi, kadang-kadang ESTP tanpa sadar dapat menyakiti orang lain. Hal tersebut bukan berarti mereka tidak peduli, melainkan mereka biasa membuat keputusan berdasarkan logika dan fakta yang ada.

ESTP kurang memiliki intuisi, karenanya, mereka bisa menjadi orang yang tidak sabar ketika berhadapan dengan teori. Ketika seorang ESTP tidak mempercayai intingnya, maka mereka akan curiga dengan intuisi yang dimiliki orang lain.

Seorang ESTP memiliki kecenderungan untuk mengobservasi, suka praktik, dan spontan. Mereka adalah pengambil resiko, memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian ESTP

Berikut ini beberapa ciri orang dengan tipe kepribadian ESTP.

Seorang ESTP hidup untuk masa sekarang, mereka orientasinya adalah aksi. ESTP tidak suka dengan teori yang abstrak tanpa adanya praktek. Ketika berusaha, orang dengan tipe kepribadian ESTP ingin segera melihat hasilnya.

ESTP adalah seorang yang energik, mudah beradaptasi, dan fleksibel. Mereka memiliki banyak akal, jangan sekali ESTP bekerja menggunakan sebuah rencana.

Orang berkepribadian ESTP suka memperhatikan, mereka juga memiliki ingatan yang baik terhadap sesuatu yang detail. Keahlian yang dimiliki seorang ESTP juga baik. Mereka punya kemampuan untuk menganalisis suatu permasalahan dan langsung memberikan solusi dengan cepat.

Seorang ESTP suka tantangan yang penuh resiko, mereka senang berpetualang. Mereka kadang terlihat menyolok dan berusaha menampakkan dirinya.

Kekuatan ESTP

Beberapa kekuatan yang dimiliki tipe kepribadian ESTP.

ESTP adalah orang yang memiliki banyak energi dan juga pemberani. Mereka akan senang jika berhasil melampaui batasannya dan menemukan hal yang baru.

Seorang ESTP mampu menemukan sebuah ide dari hal yang dilakukan karena mereka selalu memperhatikan sesuatu dengan detail. Ketika sedang ada diskusi dan tidak ditemukan jalan keluarnya, maka seorang ESTP dapat membantu menyelesaikannya.

Orang dengan kepribadian ESTP lebih memilih berkomunikasi secara langsung. Mereka suka berbicara denga njelas, jika ada pertanyaan dan jawaban, mereka senang dengan fakta. ESTP akan melihat sesuatu itu apa adanya.

ESTP memiliki bakat alami dalam bersosialisasi, mereka adalah seorang pemimpin dalam kelompok. Tetapi, hal tersebut bukanlah yang mereka cari, ESTP hanya menggunakan kemampuan mereka berinteraksi dan mencari peluang lewat jaringan yang mereka punya.

Kelemahan ESTP

Ada beberapa kelemahan tipe kepribadian ESTP.

ESTP adalah orang yang kurang sensitif, mereka menganggap emosi dan perasaan itu nomor dua jika dibandingkan dengan fakta dan realitas. Seorang ESTP bisa membuat perasaan orang lain terluka karena mereka terlalu jujur berbicara. Ketika mengungkapkan perasaannya, mereka juga bisa saja mendapatkan masalah.

Mereka akan sering berpindah-pindah agar tetap bersemangat. Selain itu, tantangan terberat seorang ESTP adalah bersabar menghadapi suatu masalah yang tidak selesai dengan cepat.

Seorang ESTP biasanya tidak sabaran, dan hal tersebut membuat mereka lebih dekat dengan sebuah resiko. Bahkan, terkadang mereka nekat mengambil resiko hanya untuk sekedar menghilangkan kebosanan.

ESTP suka ketika ada peluang untuk menyelesaikan suatu masalah, mereka akan bersenang-senang dengan hal tersebut. Tetapi, mereka kadang tidak memperhatikan norma dan peraturan ketika menyelesaikan masalah. Walaupun masalah dapat diselesaikan, tidak memperhatikan peraturan bisa membuat kekacauan pada hal lainnya.

Hidup untuk saat ini bisa membuat seorang ESTP melupakan hal yang besar. Contohnya seperti fokus terhadap satu pohon, tetapi tidak memperhatikan hutannya.

Seorang ESTP lebih suka menyelesaikan masalahnya sekarang. Mereka dapat membuat setiap bagian jadi sempurna. Tapi, begitu tiap bagian digabungkan dan tidak sesuai, mereka bisa gagal.

Orang dengan tipe kepribadian ESTP tidak ingin dikurung, mereka senang mengerjakan suatu hal tanpa dibatasi dengan aturan. Sekolah dan pekerjaan di kantor bisa jadi kurang sesuai dengan kepribadian mereka. ESTP butuh usaha ekstra agar bisa fokus sampai dia mendapatkan posisi yang lebih bebas.

Partner Alami ESTP

Seorang ESTP memiliki partner alami, yaitu orang dengan kepribadian ISFJ atau ISTJ.

Pekerjaan yang Cocok untuk ESTP

Berikut ini beberapa pekerjaan yang jadi favorit orang dengan tipe kepribadian ESTP.

  • Entrepreneur
  • Marketing
  • Pialang Saham
  • Polisi
  • Sales
  • Technical Support

Tokoh Terkenal Berkepribadian ESTP

Beberapa tokoh yang memiliki tipe kepribadian ESTP.

  • Chuck Yeager
  • Donald Trump
  • James Buchanan
  • Lucille Ball
  • Madonna

Saran Pengembangan untuk ESTP

Ada beberapa saran yang bisa seorang ESTP lakukan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu harus belajar bagaimana memahami perasaan orang lain. Selain itu, belajarlah juga untuk memahami pemikiran orang lain, terutama ketika kamu berbicara dengan mereka.

Belajar juga untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaan yang kamu miliki. Kamu harus tahu bagaimana perasaanmu dan berusaha mengungkapkannya kepada orang lain.

Sabar itu penting, maka belajarlah sabar, nikmati proses yang kamu jalani saat ini. Kamu harus sadar bahwa tidak semua hal itu bisa dicapai dalam waktu yang singkat.

Kamu perlu sesekali meluangkan waktu untuk merenung sendirian. Saat merenung tersebut, rencanakan juga masa depan seperti apa yang ingin kamu dapatkan.

Biasakan diri untuk mencatat hasil dari pengamatan yang kamu lakukan. Kalau bisa, cata semuanya, sampai ke hal yang mendetail.

Kegagalan itu adalah hal yang biasa, kamu perlu menyadari tidak semua masalah itu bisa diselesaikan. Jangan khawatir, kamu masih bisa membuktikan kemampuanmu dengan mengembangkannya menjadi lebih baik.