fbpx

Tipe Kepribadian INTP

Dalam MBTI, tipe kepribadian INTP dikenal juga sebagai pemikir dan arsitek, terdiri dari introversion, intuitive, thinking, dan perceiving. Mereka berusaha menjelaskan secara masuk akal untuk segala sesuatu yang menarik bagi mereka.

Seorang INTP melihat semua hal dengan pikiran untuk memperbaiki atau apa yang bisa dilakukan terhadap hal tersebut. Mereka tinggal di dunia dengan kemungkinan teoritis. Mereka punya kemampuan menganalisa masalah yang sulit, kemudian mengidentifikasi polanya, dan menjelaskannya secara logis.

Orang dengan tipe INTP membuat segala hal yang ada menjadi sebuah pengetahuan. Mereka memiliki kemampuan dan intelegensi untuk mengaplikasikan teori yang sudah ada dan digunakan untuk mencari solusi. Mereka tipe orang yang bisa menjelaskan sebuah masalah menjadi lebih logis.

Pikiran seorang INTP secara alami akan mencari teori baru atau bisa juga tidak setuju akan teori yang sudah ada. INTP suka dengan ide baru, mereka bisa jadi sangat tertarik dengan abstrak dan teori. Mereka juga senang mendiskusikan sebuah konsep dengan orang lain.

Seorang INTP jika disuruh untuk memimpin biasanya akan menolak. Mereka tidak suka jika ditunjuk sebagai pemimpin. Walaupun mereka adalah orang yang toleran dan fleksibel. Tetapi, ketika keyakinan mereka diganggu, jangan harap mereka tetap toleran.

Kalau dilihat, INTP tampak pemalu ketika bertemu dengan orang yang masih baru. Tetapi, jika bertemu dengan kenalan lama, maka mereka bisa sangat percaya diri.

Seorang INTP tidak mengerti kenapa ada keputusan yang diambil berdasar perasaan seseorang. Mereka selalu mencari kesimpulan yang bisa dilogika dari masalah. Mereka tidak mengerti pentingnya sebuah keputusan yang berdasar emosi personal.

Karena tidak mengerti hal tersebut, INTP biasanya tidak mengerti perasaan orang lain. Mereka kadang kesulitan menunjukkan sikap yang hangat dalam sebuah hubungan. Jika mereka tidak menyadari bagaimana perasaan orang lain, biasanya mereka akan menjadi terlalu kritis dan kasar.

Mereka merupakan orang yang mandiri dan terlihat tidak biasa. INTP tidak suka pergi ke tempat yang tujuannya hanya mencari kepopuleran dan keamanan. Karakter para INTP tidak kenal lelah, kompleks, dan tidak tempramental.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian INTP

Kamu bisa mengenali orang dengan kepribadian INTP dengan melihat ciri-cirinya.

Mereka menyukai teori dan ide yang abstrak. Kesukaannya akan hal yang logis membuat INTP lebih menghargai pengetahuan dan kompetensi di atas segala hal. Standar yang dimiliki seorang INTP juga tinggi.

Seorang INTP lebih senang untuk bekerja sendirian. Mereka juga tidak suka dijadikan sebagai pemimpin, pun untuk mengikuti seseorang.

Orang dengan tipe kepribadian INTP biasanya memiliki banyak akal dan pintar. Bahkan, saking pintar dan logisnya, mereka percaya pada pendapat dan pemikiran mereka sendiri dari pada orang lain.

Kekuatan INTP

Kekuatan yang dimiliki oleh seorang INTP sebagai berikut.

Seorang INTP merupakan pemikir abstrak dan analis yang hebat. Mereka memandang dunia ini sebagai sebuah mesin yang kompleks. Setiap bagian dari dunia ini dianggap terhubung satu sama lainnya.

Kalau seorang INTP mengemukakan idenya, sekilas akan terlihat hal tersebut melawan intuisinya. Kita akan berpikiran bahwa ide tersebut tidak akan menemukan titik terang. Tapi, para INTP akan selalu berusaha membuktikan idenya.

Orang berkepribadian INTP memiliki pikiran yang terbuka, mereka akan menerima sebuah teori, selama teori tersebut didukung dengan fakta dan dapat diterima logika.

Ketika INTP menemukan sebuah ide yang cukup menarik, mereka bisa menjadi antusias akan ide tersebut. Tetapi, ketika ada orang lain yang ikut tertarik, maka mereka akan menurunkan ketertarikannya dengan mendiskusikan ide tersebut.

Seorang INTP tidak sering menyakiti orang lain, sebab mereka percaya bahwa kebenara merupakan faktor yang paling penting. Mereka berharap, kebenaran akan suatu hal itu bisa ditanggapi dan juga diapresiasi.

Kelemahan INTP

Berikut ini beberapa kelemahan orang dengan tipe kepribadian INTP.

Seorang INTP biasanya sangat tertutup dan lebih suka menarik diri dari lingkungan sekitar. Karena tertutup, orang lain jadi sulit untuk mengetahui sebenarnya perasaan atau pikiran apa yang sedang terjadi pada INTP.

Karena sering berpikir logis, INTP kadang melupakan bahwa ada perasaan orang lain. Mereka cenderung menolak sesuatu yang tidak rasional. Tradisi yang ada pun kadang ditolak karena menurut mereka hal tersebut tidak diperlukan.

Jika sudah tertarik pada sesuatu, kadang mereka akan lupa dan kurang memperhatikan hal lainnya. Mereka bisa lupa makan, telat tidur, bahkan tidak menampakkan diri di lingkungannya.

INTP tidak suka dengan peraturan karena hal tersebut mengendalikan mereka. Seorang INTP lebih suka kalau peraturan itu mereka buat sendiri.

Partner Alami

INTP memiliki partner alami, yaitu tipe kepribadian ENTJ atau ESTJ.

Orang Terkenal Berkepribadian INTP

Berikut ini beberapa orang terkenal dengan kepribadian INTP.

  • Abraham Lincoln
  • Albert Einstein
  • Ashley Olsen
  • C. G. Jung
  • Charles Darwin
  • Dwight D. Eisenhower
  • Immanuel Kant
  • Mary Kate Olsen
  • Sir Isaac Newton
  • Socrates
  • William James

Pekerjaan yang Cocok untuk INTP

Beberapa pekerjaan berikut ini menjadi favorit orang dengan tipe kepribadian INTP.

  • Ahli ekonomi
  • Ahli forensik
  • Ahli komputer
  • Ahli matematika
  • Aktor
  • Arkeolog
  • Arsitek
  • Artis
  • Guru
  • Hakim
  • Ilmuwan
  • Investigator
  • Sejarawan
  • Peneliti
  • Pengacara
  • Penulis buku teknis

Potensi Masalah INTP

Kelemahan dari seorang INTP muncul karena lebih dominan fungsi introversion – thinking. Kedua karakter itu dapat menutupi karakter lainnya. Beberapa masalah ini mungkin saja muncul pada seorang INTP.

Mereka biasanya melakukan hal yang disukai saja. Bahkan, ketika mereka merasa suatu hal itu tidak logis bagi mereka, maka hal tersebut akan ditolak dan dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting.

Jika ada orang yang berbeda pikirannya dengan mereka, maka akan ditolak. Bahkan, kadang ucapan INTP terlalu pedas ketika menghina orang lain. Sampai pada akhirnya mereka dijauhi oleh masyarakat sekitar.

INTP bisa menjadi takut terhadap institusi atau organisasi yang biasanya memiliki aturan untuk mengendalikan mereka.

Mungkin saja mereka tidak sadar telah menyakiti perasaan orang lain. Hal ini bisa terjadi karena INTP tidak mempedulikan bagaimana cara mereka mengekspresikan dunia mereka pada orang lain.

Seorang INTP dapat meluapkan kemarahan yang seharusnya tidak keluar saat berada dalam tekanan. Dalam kehidupan sosial, mereka tidak mengerti tentang prinsip bersosial. Misalnya saja seperti mengenakan pakaian yang layak, atau berperilaku seperti orang kebanyakan.

Saran untuk Orang Berkepribadian INTP

Seorang INTP perlu untuk memperluas pengalaman dan pandangan mereka agar dapat lebih mengerti tentang orang lain. Ketika berbincang dengan orang dekat atau kerabat, sebaiknya habiskan setengah waktunya untuk membicarakan tentang mereka. INTP juga perlu tahu, bahwasannya orang-orang terdekatnya punya kehidupan mereka sendiri.

INTP seharusnya menyadari akan karunia yang diberikan kepada mereka berupa pemahaman yang lebih terhadap logika. Kembangkan kemampuan tersebut agar dapat bermanfaat bagi orang lain juga.

Kelemahan yang dimiliki INTP tentu bisa diarahkan agar menuju ke arah yang baik. Jangan sampai kelemahan mendatangkan masalah. Sebisa mungkin arahkan kelemahan tersebut ke hal yang lebih baik.

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy