10 Website Penyedia Gambar Gratis dan Foto Kualitas Fantastis

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimation), salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas suatu artikel di dalam website kita adalah optimasi On-Page. Dan salah satu teknik optimasi On-Page tersebut adalah optimasi gambar.

Singkatnya, pemakaian gambar atau foto dalam satu konten tulisan dapat memperbagus tulisan tersebut di mata manusia (yang membaca) dan di mata Google (untuk memperbagus kualitas SEO).

“Kenapa harus gambar?”. “Gambar yang kayak gimana?”. “Sumber nyari gambarnya dimana?”. Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya akan saya coba jawab di bawah. :)

Mengapa Harus Gambar?

A picture is worth a thousand words.

Mungkin kita sudah sering melihat salah satu peribahasa Inggris terkenal di atas. Gambar, bisa memberikan makna yang lebih dibandingkan hanya sebuah kumpulan huruf yang merangkai kata-kata dan kalimat.

Adanya gambar atau foto di dalam suatu konten tulisan dapat membantu kita menyampaikan pesan secara visual. Selain itu, adanya gambar di antara kumpulan paragraf-paragraf membuat mata pembaca tidak mudah lelah.

Karena selingan gambar-gambar dapat merehatkan mata dari kumpulan huruf-huruf yang mereka baca melalui layar komputer, laptop, maupun handphone.

Berbeda dengan tulisan yang berada di buku, adanya gambar pada konten tulisan yang berada di website dan blog bisa membuat orang-orang yang membaca menjadi tidak mudah bosan karena harus di’suapi’ banyaknya kata-kata.

Mengapa Harus Menggunakan Gambar yang BagusItu dari segi mata pembaca (manusia). Lalu, bagaimana kalau dari segi mata Google (search engine)?

Adanya gambar dalam konten tulisan kita dapat meningkatkan kualitas halaman website konten tersebut terutama bagi kamu yang memang menyeriusi dunia per-SEO-an.

Banyaknya jumlah gambar dalam satu konten, ditambah dengan kualitas gambar yang terbaik, serta dioptimasi dengan penamaan file dan alt gambar atau foto sesuai dengan keyword dapat memperbagus konten tersebut di mata Google.

Tapi, dalam artikel ini saya belum akan membahas mengenai cara optimasi gambar dalam sebuah artikel. Saya ingin share bagaimana cara mendapatkan gambar atau foto kualitas terbaik secara GRATIS! Dan legal pastinya. ?

“Terus, bagaimana caranya?”

Mencari Website Penyedia Gambar Gratis

 

Ada harga, ada rupa.

Sesuatu yang memiliki kualitas top dan terbaik seringkali harus kita dapatkan dengan cara merogoh kocek yang dalam alias enggak gratis.

Begitupun dengan gambar dan foto. Seringkali ketika kita ingin menambahkan gambar maupun foto dalam konten-konten tulisan, kita terhambat dengan tidak adanya stok gambar yang kita miliki sendiri.

Solusinya? Cari di internet alias Mbah Google. Hehe.

Pertama, kita bisa mencari gambar atau foto yang kita inginkan dengan cara memasukkan keyword yang sesuai ke Google Images. Dan, tada! Dalam hitungan detik sudah ada puluhan foto yang bisa kita ambil untuk konten tulisan kita.

Eits, tapi ingat, jangan lupa untuk mencantumkan sumber gambar atau foto tersebut nantinya di halaman konten tulisan tersebut.

Karena, bisa saja foto tersebut tidak termasuk Creative Commons Zero (CC0) dan mengharuskan kita untuk mencantumkan sumber ketika ingin memakainya.

Tips: Gunakan keyword dengan bahasa Inggris ketika akan mencari gambar di Google Images. Hal ini dapat membantu kita menemukan gambar-gambar dengan kualitas terbaik.

Apa itu Creative Commons Zero alias CC0? Akan kita bahas di bawah nanti.

Kedua, selain mencari gambar langsung menggunakan pencarian Google Image, kita juga bisa mendapatkan stok gambar atau foto dengan kualitas terbaik di berbagai website yang khusus menyediakan stok gambar dan foto.

Nah, website-website yang menyediakan stok foto dan gambar ini bisa kita bagi menjadi dua, yang BERBAYAR dan yang GRATIS.

Jika biaya menjadi salah satu kendala, entah buat kamu yang sedang membuat blog pribadi maupun website untuk usaha perorangan maupun  tim, maka website-website yang menyediakan stok gambar dan foto gratis bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kita gunakan.

Kabar baiknya, banyak website yang menyediakan stok gambar dan foto gratis dengan foto-foto yang termasuk kedalam Creative Commons Zero alias LEGAL untuk kamu gunakan secara bebas.

Itu artinya, kamu tidak perlu mencantumkan sumber maupun nama orang yang mengambil foto tersebut. Dan, kamu bisa menggunakan gambar dan foto tersebut untuk kepentingan non-komersil maupun komersil. ?

Creative Commons Zero (CC0)

Creative Commons Zero (CC0)

Jadi, apa itu Creative Commons Zero (CC0)?

Creative Commons Zero (disingkat CC0) merupakan suatu organisasi nirlaba atau non-profit yang menaungi berbagai jenis sumber kreatif yang ada di dunia online. Sumber-sumber kreatif tersebut ialah foto, gambar, video, dan lain-lain.

Ketika suatu sumber kreatif tersebut berada dibawah naungan Creative Commons Zero, maka sumber tersebut dapat digunakan secara gratis. Kita pun legal untuk memakainya tanpa harus mencantumkan sumber dari foto, gambar, maupun video tersebut,

Jika kamu masih penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi situs Creative Commons Zero di sini.

Tapi, buat kamu yang ingin mencari sumber website penyedia gambar gratis dengan kualitas terbaik dan pastinya legal untuk digunakan karena termasuk ke dalam CC0, kamu tinggal lihat daftar website-website di bawah ini ya. ?

Daftar Website Penyedia Gambar Gratis

Di bawah ini merupakan daftar 10 situs penyedia foto gratis dengan kualitas terbaik yang beberapanya sudah pernah saya coba dan hingga kinipun masih menjadi referensi saya untuk mencari stok gambar dan foto gratis dengan kualitas fantastis. ?

1. Unspash

2. Pexels

3. Pixabay

4. Gratisography

5. RGB Stock

6. ImageFinder

7. StockSnap.io

8. BucketListly

9. Magdeleine

10. Dreamstime

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.