Mengenal Macam-macam Backlink yang Powerfull

Macam-macam Backlink – Beberapa hari yang lalu guru kami Mas Ibrahim Vatih memberikan tugas bagi setiap santri untuk menulis di sintesa.net dengan tema bebas, boleh pengalaman selama di sintesa boleh juga menyampaikan materi yang pernah disampaikan selama di sintesa. Pokoknya all about sintesa.

Nah, setelah merenung dan bertafakur saya untuk memilih untuk menulis tentang macam-macam backlink. Materi ini pernah disampaikan oleh mas Vatih pada awal-awal program belajar mengajar di pondok sintesa.

Baiklah, langsung saja kita masuk ke materi intinya. Beberapa teman-teman mungkin ada yang belum tahu, apa sih backlink itu?

Penjelasan simplenya adalah link yang berada di website lain yang mengarah ke website kita.

Lalu, apakah backlink itu penting buat blog?

Sangat penting! Bahkan banyak di luar sana orang-orang rela mengeluarkan rupiah hanya untuk membeli backlink. Ibarat sebuah bangunan backlink adalah pondasi, semakin kuat backlink, maka kualitas blog kita akan semakin kokoh di mesin pencarian atau search engine Google.

Macam-macam Backlink

Adapun jenis-jenis backlink yang perlu diketahui juga, yaitu:

Backlink Comment

Backlink Comment

Backlink yang satu ini sangat mudah untuk mendapatkanya. Kamu hanya perlu menuliskan komentar di blog orang lain dan jangan lupa untuk menaruh link yang mengarah ke website kita. Biasanya pada kolom comment terdapat satu kolom untuk menaruh alamat website kita.

Namun, ada juga website yang hanya menyediakan kolom komentar, nama dan alamat e-mail tanpa ada kolom website. Bagaimana jika seperti itu? Tidak bisa dong naruh link? Bisa, dengan cara menaruh anchor text.

Kamu bisa menuliskan pada kolom comment seperti ini <a href=”http://namadomain.com/contoh-link”>Nama Keyword</a> . Dengan begitu kamu bisa berkomentar sambil menyisipkan link di dalam komentar tersebut.

Backlink Profile

Social Media
Backlink Profile

Jenis backlink ini bisa kita jumpai di berbagai forum-forum atau website yang menyediakan kolom regristrasi. Disana kita akan diminta untuk mengisi biodata dari mulai nama, email, umur dan kadang ada juga untuk mengisi alamat website.

Nah, itu juga bisa jadi backlink yang lumayan kuat, tergantung kualitas websitenya juga. semakin kuat website yang kita taruh backlink maka pengaruhnya juga akan semakin besar.

Contoh backlink profile engravatar.com, ads.id, kaskus, twitter dll. Kamu tinggal register dan kemudian masukan link yang menuju ke website kamu.

Backlink Contextual

gambar Keybord
Backlink Contextual

Backlink yang penempatanya berada di dalam sebuah postingan bisa di awal konten, ditengah ataupun di akhir. Misalnya teman-teman membuat artikel di sebuah forum katakanlah kompasiana, di dalam artikel tersebut kamu membuat link yang tertuju kepada blogmu.

Backlink Contextual ini cukup kuat pengaruhnya terhadap konten yang kita optimasi tergantung kualitasnya juga. Jika DA dan PA nya tinggi maka akan bisa membuat page yang kita optimasi bagus di mata Google.

Sosial Bookmark

Gambar Gedung
Social Bookmark backlink

Website dengan jenis social bookmark sangat banyak. Silahkan googling aja daftar web social bookmark. Website dengan jenis sosbook ini dibuat agar para blogger bisa tukeran koleksi url bacaan faforitnya satu sama lain.

Namun, kebanyakan malah menggunakan untuk menaruh link ke websitenya masing-masing. Biasanya sosbook ini hanya memberikan 250-350 karakter setiap tulisan. Tapi kalo saya jarang menggunakan tipe backlink satu ini karena pengaruhnya bisa dibilang lemah.

Private Blog Networks (PBN)

Network
Private Blog Network

Nah, kalo Backlink satu ini kamu perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakanya. Backlink PBN merupakan backlink yang bisa diperoleh dengan cara membeli sebuah blog yang sudah expired kemudian kita gunakan untuk membuat artikel yang di dalamnya kita pasang link.

Dalam membeli blog expired juga tidak bisa sembarangan, harus yang berkualitas karena akan berpengaruh pada kekuatan link. Jumlahnya pun tidak hanya satu blog, bisa puluhan.

Jika kamu mau menggunakan backlink satu ini, kamu bisa membelinya kepada para penyedia jasa PBN bisa di ads.id, fever dan masih banyak penyedia PBN lainya.

Blogpost Backlink

Menulis Konten
Blogpost Backlink

Cara untuk membuat backlink satu ini cukup susah. Kamu perlu mempunyai jaringan yang cukup luas sesama blogger. Blogpost backlink adalah link yang dipasangkan di dalam sebuah konten yang berada di website lain.

Maka dari itu untuk bisa mendapatkan backlink satu ini kamu perlu izin kepada si pemilik website untuk menulis di websitenya sambil disisipkan link yang menuju ke website kamu. Dari segi kualitas backlink ini termasuk yang terkuat. Makanya sering-seringlah untuk kenalan sesama blogger.

Beberapa tips memasang backlink yang aman dan baik

Security
Backlink yang Aman dan Baik

Aslinya, kita tidak akan tahu apakah benar-benar aman atau tidak, namun itu bisa diantisipasi jika caranya benar.

  • Hindari memasang link di situs-situs maksiat semisal situs judi, porno dll.
  • Usahakan memasang link di website yang memiliki DA (domain authority) PA (page authority) tinggi.
  • Jika website masih baru sebaiknya jangan langsung dihajar dengan backlink yang terlalu banyak. Sebaiknya sehari 10-15 backlink saja.
  • Variasikan keyword anchor teks nya, jangan sampai 100% sama semua.
  • Hindari memasang backlink yang terlalu banyak outbond linknya.

Nah, mungkin demikian sharing sedikit tentang backlink yang saya peroleh di sintesa. Semoga bisa bermanfaat.

14 pemikiran pada “Mengenal Macam-macam Backlink yang Powerfull”

  1. Wah, petunjuknya tentang bagaimana cara membuat backlick untuk blog kita cukup lengkap. Saya paling malas mencari backlink. Tetapi, dengan membaca artikel Anda, saya menyadari backlink sangat diperlukan untuk suatu blog supaya posisinya kuat. Tidak mudah diterjang angin dan badai. Terima kasih artikelnya.

  2. Assalamulaikum, mau nanya ni min, kalau pake anchor text code-codenya terlihat ndak ya waktu komentar masuk dalam proses moderasi, takutnya komentarnya di kira spam nanti

  3. Luar biasa Gan, saya beruntung berkunjung di blog AGAN, karena ada hal baru yang saya temukan mengenai
    cara meninggalkan link di kolom komentar yang tidak menyediakan kolom link (url )
    terimaksih sudah berbagi ilmu
    #mohon maaf koment saya yang pertama salah insert

  4. Terimakasih sudah menyampaikan macam macam blacklink, Yang saya suka di postingan ini satu admin saya baru tahu kalau blaclink yang powefull pertama adalah komentar, thanks banget nihh.

    Oya saya juga punya blog tapi trafiknya engak begitu cepat, selain blacklink ada tutorial lainya kah

  5. Banyak sekali ternyata macam macam backlink, sebelumnya cuma tau jenisnya saja yaitu do follow dan non follow.

    Terimakasih artikelnya saya jadi lebih paham mengenai backlink yang ternyata beraneka ragam.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.