5 Alasan Kenapa Saya Memilih Sintesa Sebelum Memutuskan untuk Menikah, Hehe

Pesantren Sintesa– Perkanalkan nama saya Adam, hehe, kawan-kawan bagaimana kabar anda semua?, semoga senantiasa dalam kesehatan yah.

Jujur saya ingin curhat kepada anda semua, “saya benar-benar bersyukur loh bisa belajar dan diberi kesempatan untuk belajar di pondok ini”.

Mau tau kenapa?

Yups, karena saya merasa bahwa Sintesa merupakan wadah dan wasilah yang Allah berikan kepada kita untuk mampu menjadi sukses di dunia dan akhirat. Kok gitu ya ???, apa gak berlebihan yah ???.

Saya katakan tidak berlebihan, yah karena setidaknya ada 5 hal kenapa saya berkata demikian, berikut nih ke 5 hal tersebut, yang membuat saya semakin yakin dan kuat untuk memilih Sintesa, sebelum memilih ke pelaminan, hehehe


1.Mukmin yang Kuat adalah Lebih Baik dan Dicintai Allah


Salah satu alasan yang membuat saya memilih Sintesa tidak lain dan tidak bukan ialah, “INGIN MENJADI MUKMIN YANG KUAT”.

Nabi Muhammad Shalallahu ‘   bersabda :

. اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan”.

Dari hadis ini para ulama menjelaskan bahwasannya, mukmin yang paling dicintai Allah ialah mukmin yang kuat, lalu timbul pertanyaan, mukmin yang kuat dalam hal apa yah ?.

Jawabanya ialah kuat secara Iman dan kuat secara Jasmani.

Itulah salah  satu sebab yang menjadi motivasi bagi saya untuk memilih masuk Sintesa , ya harapan saya ingin menjadi manusia yang dicintai Allah, yaitu yang kuat secara Iman dan jasmani (ekonomi), doakan yah, hehehe.


2.Sebaik-Baik Manusia adalah yang Paling Bermanfaat bagi Orang Lain


Berikutnya alasan  kedua kenapa saya memilih Sintesa adalah hadist berikut,

. أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”

Di Sintesa, kita diajarkan untuk berbisnis dan menyumbangkan sebagian rizky kita di jalan Allah dan untuk membantu orang lain, nah hal itulah yang membuat saya semakin mantap untuk memilih Sintesa, sebelum memilih diri ini untuk berangkat ke pelaminan, haha.


3.Mengharap akan Dilepaskan dari Kesulitan Akhirat Disebabkan Melepaskan Kesulitan Orang Lain di Dunia


Berikutnya alasan ketiga, kenapa saya memilih Sintesa ialah sebuah hadist :

عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: «من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة» . الحديث.

Dari Abu Huroiroh رضي الله عنه yang berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda: “Barangsiapa menghilangkan satu kesulitan dari kesulitan-kesulitan dunia dari seorang mukmin, maka Alloh akan hilangkan darinya satu kesulitan hari kiamat.” (HR. Muslim No. 2699).

Saya bener-bener sadar bahwasannya nanti setiap amalan yang saya kerjakan di dunia pasti akan dihisab dan dimintai pertanggungjawabannya, nah saya juga sadar bahwasannya di sana ada amalan-amalan buruk yang pernah saya kerjakan, oleh karena itu dengan belajar berbisnis, saya ingin menjadi muslim yang mampu dan berkecukupan, sehinggan dapat menolong dan melepaskan kesulitan yang dimiliki orang lain, sehingga nantinya semoga saja Allah melepaskan kesulitan-kesulitan saya di hari Kiamat, doakan Aamiin yah.


4.Mengetahui Bahwasannya Sedekah, adalah Amalan yang Paling Diinginkan Seseorang Ketika Sudah Meninggal


Ini nih salah satu ayat yang bikin saya  pengin banget belajar bisnis :

 وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (al-Munafiqun 10)


5. Ingin Mendapatkan Kebaikan di Dunia dan Akhirat



Allah Ta’ala ajarkan dalam Al Qur’an adalah doa:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.” (QS. al-Baqarah : 201).

Di dalam doa tersebut kita dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk meminta kebaikan di dunia dan akhirat, ya salah satu kebaikan di dunia adalah dengan mencari rizky yangcukup dan berkah, sedangklan kebaikan diakhirat adalah dengan membelaki diri dengan keimanan, yah dan dua-duanya Alhamdulillah saya dapatkan di pesantren tercinta saya Sintsea.

3 pemikiran pada “5 Alasan Kenapa Saya Memilih Sintesa Sebelum Memutuskan untuk Menikah, Hehe”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.