fbpx

Manfaat Menggunakan AMP Pada Website Serta Cara Menginstal

Manfaat menggunakan AMP_Pembahasan tentang AMP sekarang ini masih hangat diantara para blogger atau pengguna website. Terutama bagi mereka yang memperhatikan kecepatan loading pada blog atau website masing-masing. Nah, untuk kalian yang belum tahu apa itu AMP? dan juga manfaatnya untuk website atau blog, silahkan simak ulasan berikut.

Apa Itu AMP?

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah tujuan atau inovasi baru untuk menciptakan website yang super cepat di akses pada perangkat mobile seberapa pun kecepatan internat kalian. Dulu saat pertama launching AMP tidak terlalu terkenal juga kurang booming.

Tapi sekarang ini banyak dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah memakainya, seperti Twitter, Adobe, New York Times, News Corp, dan Washington Post. Tingkat kecepatan website kita setelah kita pasang AMP untuk di akses sangatlah besar, yaitu sekitar 85% kecepatan loadingnya.

Nah, jika kalian penasaran apa saja sih manfaat kita memasang AMP selain loading akses mobile cepat? Mari kita simak bersama:

Manfaat AMP Untuk Website

Ada beberapa manfaat saat kita memasang AMP pada website kita, setidaknya kami sebutkan disini 5 manfaatnya.

Meningkatkan Kinerja Server

Manfaat pertama yaitu dapat menggurangi beban pada server website, dengan begitu otomatis meningkatkan performa server pada website atau blog kalian.

Telebih lagi sekarang google sudah menyediakan AMP Cache, yaitu proxy-based content delivery network (CDN). Fungsinya memudahkan untuk menyampaikan dokumen AMP yang valid kepada para pengguna. Nah lebih mudah di pahaminya AMP Cache ini dirancang untuk menyampaikan halaman AMP yang valid dan kemudian mengizinkan halaman itu agar dimuat secara efesien dan aman.

Apa hubungan antara AMP Cache dengan meningkatkan kinerja server? Sebelumnya mari kita bahas dahulu apa fungsi cache itu?

Cache berfungsi sebagai tempat penyimpanan untuk sementara. Jika kalian ingin mengakses sebuah website yang sudah kalian kunjungi sebelumnya, maka loading akses pada halaman situs tersebut akan jadi lebih cepat. Di karenakan browser tidak perlu lagi memuat halaman hanya perlu mengambil cache yang tersimpan.

Bedanya Google AMP Cache disini hanya menyimpan data-data yang memang telah valid AMP. Oleh sebab itu biasanya konten AMP dapat dimuat kurang dari 3 detik, walaupun pengguna tersebut belum mengunjungi situs kalian tapi google sudah terlebih dahulu menyimpan data-data pada situs kalian.

Disini ada beberapa alasan lain mengapa google AMP cache ini dapat meningkatkan kinerja server, antara lain:

  • Membatasi maksimum dimensi gambar
  • Mengunah gambar ke kualitas yang lebih rendah
  • Mengkonversi format gambar menjadi lebih kecil supaya mudah di perangkat mobile
  • Dapat menyimpan data-data gambar dan font
  • Menggunakan saluran aman (HTTPS) dan protokol web terbaru (SPDY<HTTP/2)

Meningkatkan Visibilitas Untuk Publisher

Biasanya hasil dari penulusuran pada perangkat mobile sangat jelas menampilkan website versi AMP dengan simbol atau lambang petir. Adanya simbol tersebut akan membuat para pengguna memilih situs yang berlambang AMP guna menghemat waktu.

Meningkatkan Loading Website Bagi Penggunannya

Ciri khas dan manfaat utama dari AMP adalah loading yang sangat cepat bagi para pengguna mobile user. Waktu yang di butuhkan untuk loading pada web yang sudah di pasang AMP hanya 3 detik saja. Ini sangatlah membantu kalian untuk mengurangi tingkat hilangnya visitor.

Meningkatkan Search Engine

Walaupun pada AMP belum resmi yang menjadikan salah satu faktor peningkat skor SEO, akan tetapi ada sebuah kelebihan pada AMP yang dapat meningkatkan SEO. Salah satunya adalah mobile friendliness (ramah bagi mobile) dan page load (pemuatan/loading halaman) yang cepat.

Di tambah sekarang ini google meluncurkan fitur yang bernama Mobile First-Index, yaitu hasil penulusuran dan indexing pada perangkat mobile lebih cepat di bandingkan pada  perangkat desktop.

Mendukung Periklanan Google Ads

Baru-baru ini google adsense telah meluncurkan fitur uji coba melalui Adsense Lab yaitu iklan otomatis AMP. Fitur ini akan secara otomatis menempatkan iklan pada laman AMP yang telah di prediksi menghasilkan pendapatan yang tinggi. Wlalaupun begitu fitur ini masih dalam tahap uji coba jadi belum bisa kita mengandalkannya.

Cara Instal AMP dan Setting di WordPress

Untuk cara instal AMP ini sangatlah mudah, kalian bisa langsung plugin ini pada WordPress. Dari hasil review kami plugin AMP yang bagus adalah by Automattic, Karena plugin AMP ini direkomendasikan oleh Google Adsense dalam meningkatkan intensitas tampilan iklan di perangkat bergerak.

Berikut cara menginstal dan sedikit cara setting plugin AMP:

  • Instal dan Aktifkan plugin AMP by Automattic

Seperti biasa anda bisa langsung masuk ke dasbord WordPress Plugin Repository.

  • Mengakses Setting AMP

Sesudah kalian aktifkan plugin AMP kalian bisa langsung settingnya pada panel utama. Di sini nanti kalian dapat menambahkan kode analytic dengan konfigurasi JSON yang akan kalian gunakan untuk melihat statistik website.

  • Memuat Permalink

Selanjutnya adalah membuat halaman khusus untuk setiap post pada website. Kalian hanya perlu memuat ulang permalink, adapun caranya kalian klik pada save changes/simpan perubahan di pengaturan permalink website. Secara otomatis akan memuat ulang permalink kalian.

  • Merubah Layout AMP

Pertama kalian langsung klik aja pada panel Appearance (Tampilan) AMP. Kemudian kalian arahkan pada halaman untuk mengubah layout AMP dan setelah itu jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

  • Test post Kalian dengan AMP

Nah, AMP akan secara default hanya bekerja pada halaman post, sehingga tidak bekerja pada arsip ataupun halaman lain. Caranya kalian hanya perlu menambahkan /amp (permalink yang disesuaikan) atau &amp=1 (plain permalink) sesuai pengaturan permalink.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang AMP. Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.