fbpx

7 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses – Sekarang ini, ada bisnis yang dapat dijalankan dengan modal tidak banyak namun bisa mengambil untung yang lumayan, yaitu bisnis dengan system dropship. Bisnis dengan sistim ini sangat banyak diminati, dan dilakukan oleh para pembisnis, khususnya pemula.

Bila anda ingin menjadi dropshipper maka salah satu kunci sukses yang harus dikuasai adalah bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses?.

Sebab, semua orang pasti ingin sukses, tidak lain halnya dengan anda yang ingin menjadi dropshipper. Dropshipper pun ingin sukses. Nah, sebelum anda mengetahui bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses, disini akan dijelaskan sedikit keterangan mendasar tentang sistim dropship.

Apa itu Dropship?

cara menjadi dropshipper yang sukses
pejuangkarir.com

Dropship merupakan model bisnis yang hanya bermodalkan toko online baik itu dengan membuat website, berjualan di marketplace, social media ataupun di forum. Dengan begitu, seorang dropshipper tidak punya stock barang, karena barang milik supplier nya.

Setelah pembeli membayar, maka penjual hanya konfirmasi ke supplier tentang pesanan pembeli. Lalu produk akan dikirim oleh supplier ke pembeli secara langsung. Seorang penjual  (dropshipper) akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga dia dengan harga suppliernya. Intinya begitu.

Untuk mennjadi dropshipper yang sukses, perlusmenguasai prinsip berikut:.

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

cara menjadi dropshipper yang sukses
tabloidpeluangusaha.com

Seseorang yang ingin menjadi dropshipper harus mempunyai dua hal mendasar yaitu produk dan supplier. Karena memang seorang dropshipper tidak mempunyai produk, dengan kata lain produk yang akan dijual adalah milik orang lain (supplier).

Nah, seseorang juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih produk dan supplier. Orang yang mendapat produk dan supplier yang sesuai maka akan lebih mudah dalam berbisnis. Begitu juga sebaliknya, bila seseorang salah memilih produk dan supplier maka bisnis yang dijalani akan lebih sulit berjalan.

Nah, untuk itu kamu harus mempertimbangkan beberapa hal ketika mencari produk dan supplier. Berikut ini penjelasannya.

Produk yang Tepat

Ketika seseorang mencari produk, hendaknya mencari produk yang tepat. Dengan kata lain, estimasi mencari produk yang meminilis kerugian (boncos). Oleh karena itu seseorang hendaknya mempertimbangkan hal ini.

  1. Produk yang Diminati oleh Banyak Orang

Ketika mencari produk maka yang harus kita cari adalah produk yang diminati oleh banyak orang. Bukan yang kita minati sedangkan orang lain tidak minat. Dengan banyaknya orang yang minat maka kemungkinan besar barang yang dijual akan laku keras. Namun bila, menjual produk dengan minat kita, sedangkan orang lain tidak ada yang minat, bagaimana akan laku keras?!

Salah satu alat untuk mengetahui minat orang itu dengan cara mengetahui berapa banyak orang yang mencari produk tersebut. Untuk memudahkan anda dalam mencarai produk yang diminati banyak orang kamu bisa menggunakan ubersuggest atau keyword planner.

Mencari produk atau kata kunci di ubersuggest atau yang lainnya biasa disebut dengan riset keyword.

  1. Fee yang Akan Didapat

Dalam mencari atau riset produk yang akan dijual, hendaknya mempertimbangkan fee yang akan anda dapat, apalagi jika anda akan menggunakan iklan, baik itu di google atau pun fb ads.

Sebab, ketika anda beriklan untuk menjual produk, anda harus mengeluarkan uang. Dan bila uang yang keluar untuk iklan lebih banyak daripada uang yang masuk, maka siapa yang rugi? Kita sendiri. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan hal ini.

Timbanglah dan perkirakanlah segala hal yang penting untuk closing, mulai laba, uang iklan dan lain sebagainya.

  1. Tempat cari Produk

Anda dapat mencari produk yang akan dijual di berbagai platform seperti bukalapak, tokopedia, dll.

“KUASAI PRODUK KAMU SEBELUM KAMU MENJUAL PRODUK TERSEBUT”

Supplier yang Amanah & Baik

Sangat diperlukan untuk mencari supplier yang baik dan amanah. Hal ini menjadi penunjang yang besar untuk kesuksesan anda. Karena sangat menyedihkan bila ada seorang yang mendapatkan supplier namun tidak amanah.

Ada kemungkinan, ketika uang fee sudah terkumpul banyak, supplier tidak mau mengirim uang kepada dropshipper (khususnya dalam jasa).Mungkin saja barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan dsikripsi dan keterangan.

Supplier yang amanah akan menepati janji / kesepakatan antara dia dengan dropshipper. Selain amanah, anda juga mencari supplier yang baik. Baik dalam arti dalam pelayanannya sehingga akan memperlancar kelangsungan transaksi.

Dimana kita bisa mendapatkan supplier yang amanah?

Bila anda mencari supplier di market place, seperti: bukalapak dan tokopedia, maka ada ciri-cirinya:

  1. Bintang Ratting yang Baik
  2. Review yang baik dari Banyak Orang
  3. Autority

Ketika anda sudah mendapatkan supplier yang tepat, maka jangan lupa untuk menanyakan tentang boleh tidaknya mark up harga, harga dari supplier dan kesepakatan-kesepakatan yang lainnya.

Copy writing untuk Iklan / Optimasi

cara menjadi dropshipper yang sukses
creativeinferno.com

Copywriting merupakan sebuah aktivitas menulis yang bertujuan untuk mengiklankan atau menjual suatu produk baik itu barang, jasa, tokoh, ide, atau pendapat. Itu dapat dilakukan dengan cara menarik pembaca sehingga pembaca mau beli produk anda.

Hal ini berlaku untuk semua konten anda. Baik konten tersbut buat optimasi ataupun untk iklan. Pada hal ini anda bisa menggunakan metode AIDCA: A, yaitu Attention. I, yaitu Interest. D, yaitu Desire. C, yaitu Conviction. A, yaitu Action. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan googling.

Intinya, salah satu cara menjadi dropshipper yang sukses adalah  dipengaruhi dengan keahlian anda dalam menulis, memilih kata, menata kata, memilih gaya bahasa dan editing kalimat agar menggoda, meyakinkan, dan menggerakkan pembaca untuk action (membeli produk anda). Jika sudah punya uang bisa beli artikel yang sudah menggunakan copywriting yang bagus.

Cs Respon Seorang Dropshipper

cara menjadi dropshipper yang sukses
topindopulsa.xyz

Menjadi dropshipper pemula, semua pekerjaan dikerjakan sendiri. Mulai dari riset produk, cari supplier dan menjadi cs bagi costumer pun dikerjakan sendiri. Super sibuk.

Sebgaimana yang kita ketahui bahwa setiap orang usaha pasti ingin sukses. Nah, salah satu hal penting agar produk laku adalah pada tahap, yaitu tahap menjadi cs. Bagaimana seharusnya seorang menjadi cs agar produk cepat laku? Beikut ini penjelasannya:

Fast Respon / Respon yang Cepat

Seorang pembeli sangat suka dengan respon yang cepat. Hal ini dikarenakan kebanyakan mereka ingin bertanya-tanya banyak hal. Dengan demikian, ketika anda menangani pembeli dengan fast respon mereka akan senang.

Begitu juga sebaliknya, ketika pembeli tidak direspon dengan cepat maka ada kemungkinan mereka akan mencari penjual yang lainnya. Kalau sudah mencari penjual lain, maka kesempatan untuk closing produk anda sia-sia.

Selain itu, rspon cepat membuat toko kita lebih diminati, dengan kata lain hal ini akan mengundang banyak orang karena pelayanannya yang cepat. Jangan lupa juga dibarenagi dengan sikap ramah ya… Intinya pelayanan dapat memuaskan pembeli.

Memakai Teknik Closing

Selain anda harus respon cepat, ada cara lain yang sangat berperan agar produk closing, yaitu dengan Teknik closing. So, jangan sampai anda asal-asalan dalam menjawab calon pembeli. Tapi gunakan kata-kata yang membuat mereka nyaman dan arahkan hingga calon pembeli jadi membeli produk anda.

Untuk tuk mengetahui tentang teknik closing, silahkan googling. sudah banyak contoh di mbah google.

Konsisten & Fokus

cara menjadi dropshipper yang sukses
medium.com

Dalam segala hal butuh yang namanya konsisten dan fokus. Untuk menjadi dropshipper pun harus konsisten dan fokus. Bukan konsisten tapi biasa-biasa saja, namun lebih fokus untuk selalu meningkatkan dan konsisten hingga produk laku keras

-100 JT/ Bulan

Untuk anda yang berada di angka 100 jt ke bawah maka diri anda masih banyak ikut andil dari berbagai hal.

-300 JT / Bulan

Untuk anda yang berada di angka ini, anda masih fokus pada kerja tim. Segala macam urusan tim agar penghasilan melesat ke atas.

Mental Kebal

cara menjadi dropshipper yang sukses
idntimes.com

Untuk menjadi orang yang sukses itu harus punya mental yang kebal. Artinya ketika seserorang ingin menjadi orang yang sukses mereka harus kebal dengan cobaan. Mereka hadapi, mencari solusi dan selesaikan masalah yang ia hadapi.  Kamu harus bangkit 1500 kali ketika kamu jatuh sebanyak 1000 kali.  Ini pula merupakan salah satu cara menjadi dropshipper yang sukses.

Dua pesan yang cukup menarik ketika kita menjadi pebisnis pemula. Fokus dan Mental Kebal. Dua hal ini merupakan kunci sukses secara materi dunia. Tentunya kalau secara materi akhirat kita harus selalu berdoa, berusaha dan bertawakkal kepada Allah taala.

Evaluasi

Setelah mendapatkan teori, maka hal yang harus dijalani adalah praktik dan evalusi. Evaluasi segala kejadian yang terjadi pada perjalanan bisnis anda untuk selalu memperbaiki dari kekurangan. Mulai produk, costumer service, packing, pengiriman dan lain sebagainya.

Nah itulah salah satu cara menjadi dropshipper yang sukses yang bisa kamu pelajari dan praktikkan. Salam sukses.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.