fbpx

Mengenal Hosting dan Cara Registrasinya

Selain domain, hosting merupakan elemen penting yang wajib dipenuhi agar website anda dapat live/online. Sebagai seseorang yang mempunyai ketertarikan di dunia blogging, sudah sewajibnya kita mengenal lebih dalam tentang hosting. Karena kualitas website yang kita buat juga dipengaruhi oleh baik tidaknya hosting yang kita gunakan.

Mau tahu lebih banyak mengenai hosting? Yuk simak ulasan berikut.

Mengenal Hosting dan Fungsinya

Ketika anda membuat website tentu akan banyak data yang ada website anda seperti teks, gambar, video, tema, plugin dan sebagainya. Nah yang kita butuhkan adalah hosting untuk menyimpan data-data tersebut agar website kita dapat diakses dengan baik. Hosting merupakan komputer atau media penyimpanan yang terus terhubung dengan internet (online).

Ketika seseorang masuk ke alamat website anda maka data yang ada di hostinglah yang ditampilkan. Jadi secara fungsi dapat kita simpulkan bahwa hosting adalah komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan dan menjaga website tetap dalam keadaan online/live.

Jenis Hosting

Sebelum anda menentukan hosting apa yang akan anda pilih, tentunya anda perlu mengetahui jenis-jenis hosting. Mengapa demikian? Karena antara jenis hosting satu dengan yang lainnya memiliki spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan layanan hosting kasta tertinggi saat ini dimana satu server fisik hanya digunakan untuk satu user saja. Tidak semua jasa hosting menyediakan layanan dedicated hosting ini, hanya jasa hosting besar yang biasanya menyediakan layanan ini. Dedicated hosting biasanya digunakan untuk website dengan jumlah pengunjung yang tinggi dengan kebutuhan akses yang cepat.

Kelebihan Dedicated Hosting

  • Memiliki keleluasaan/fleksibilitas dalam mengatur server.
  • Memiliki spesifikasi komputer server yang bagus mulai dari prosesor, ram, hardisk dll.
  • Memiliki kecepatan tinggi karena bandwidth tidak terbagi.
  • Tingkat keamanan yang tinggi.

Kekurangan Dedicated Hosting

  • Biaya sewa yang mahal.
  • Butuh keahlian lebih untuk melakukan setting, perawatan maupun perbaikan.

VPS (Virtual Private Server)

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang seluruh resource-nya digunakan oleh satu pengguna saja. Pengguna VPS dapat menggunakan seluruh konfigurasi dan resource  di dalam VPS sesui keinginan.

Berbeda dengan Dedicated Hosting yang merupakan satu server fisik, VPS disini merupakan virtualisasi server fisik yang dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Pembagian resource ini dilakukan dengan bantuan software. Maka dalam satu server fisik akan ditemukan beberapa VPS lain.

Apabila diibaratkan sebuah rumah, Dedicated Hosting merupakan satu rumah utuh dan VPS ini adalah kamar-kamar atau ruang-ruang di dalamnya. Aktifitas dalam satu kamar tidak akan mempengaruhi aktifitas di kamar lain.

KelebihanVPS

  • Harga sewa yang relatif murah.
  • Administrasi penuh sebagai pemilik (root).
  • Stabil.
  • Garansi resorce (CPU, RAM dan Disk Space)
  • Bebas melakukan instalasi software.
  • Mendapatkan IP Public khusus.

Kekurangan VPS

  • Intalasi dan managemen software yang lebih rumit.
  • Harus sering dimonitoring.
  • Semakin anda membutuhkan resource yang besar anda harus melakukan upgrade atau menaikkan biaya sewa.

Shared Hosting

shared hosting
sumber: hostingclues

Shared hosting adalah layanan hosting dimana setiap user hosting menggunakan satu server secara bersama-sama dengan user lain. Shared hosting ini sangat cocok sekali bagi anda yang baru saja memulai membuat website dan belum membutuhkan source yang besar.

Kelebihan Shared Hosting

  • Biaya sewa yang murah.
  • Penggunaan yang mudah.
  • Pemeliharaan server yang mudah.
  • Control Panel yang mudah.

Kekurangan Shared Hosting

  • Akses terhadap server sangat terbatas.
  • Keamanan kurang.
  • Penggunaan software terbatas.
  • Kecepatan akses terbilang lambat.

Cloud Hosting

Mungkin Cloud Hosting belum begitu akrab ditelinga kita, karena memang Cloud Hosting merupakan jenis hosting teknologi terbaru. Cloud hosting adalah hosting dengan teknologi berkonsep komputasi awan. Tak hanya memakai satu server di satu lokasi saja, Cloud Hosting ini ternyata memakai banyak server yang tersebar di berbagai negara.

Karena tergolong teknologi baru, layanan Cloud Hosting ini mungkin tidak bisa kita pesan di semua jasa layanan hosting.

Cara Memesan Hosting

Layaknya jasa penyedia domain, perusahaan penyedia hosting juga sangat banyak dan beragam. Anda dapat memilih jasa hosting sesuai kebutuhan anda, baik yang di dalam negeri ataupun yang  diluar negeri. Tentunya setiap perusahaan penyedia hosting memiliki penawaran harga dan spesifikasi hosting yang berbeda-beda. Kali ini kami ingin berbagi tentang bagaimana cara registrasi atau memesan jasa hosting dengan jenis VPS di VULTR.

1. Buat Akun Vultr

Pertama silahkan masuk di www.vultr.com, kemudian lakukan pendaftaran dengan memilih menu “Create Account“.

2. Verifikasi

Setelah pendaftaran lakukan verifikasi pada email yang anda daftarkan.

3.Top-Up Saldo Vultr

Setelah verifikasi akun berhasil silahkan anda login di Vultr dan masuk pada menu Billing. Di menu billing ini anda diminta untuk melakukan Top Up  saldo ke akun Vultr anda. Ada beberpa opsi untuk melakukan pembayaran yakni melalui Credit Card, Paypal, Bitcoin dan WeChat Pay.

Kami di Sintesa biasa memakai Paypal untuk pembayaran Top Up saldo.

4. Deploy

Setelah saldo di akun Vultr anda terisi silahkan anda lakukan deploy atau membuat server anda. Tentukan pilihan anda mulai Server Location, Server Type, Server Size hingga Server Hostname & Label.

Di Sintesa kami direkomendasikan untuk memilih:

  • Location Server : Singapore
  • Server Type : Ubuntu 16.04 x64
  • Server Size : $5/Mo, 25GB SSD, 1024 RAM dan 1000GB Bandwidth

*Spesifikasi di atas disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Nah setelah semua dipilih  silahkan pilih “Deploy” dan tunggu beberapa saat hingga server anda siap.

5. Cek Server Anda

Pilih menu Server, jika tampilannya seperti gambar di bawah maka hosting/server anda aktif dan sudah siap digunakan.

Kesimpulan

Setelah kita membaca penjelasan di atas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwasannya server/hosting merupakan hal yang wajib dipenuhi dalam pembuatan website. Jika anda ingin membeli/menyewa layanan server/hosting pertimbangkan dengan baik dimana dan speseifkasi seperti apa yang anda butuhkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.