fbpx

Cara Membuat Live Chat di Website

Cara Membuat Live Chat di Website saat ini sudah mulai mudah ditemukan. Terutama di search engine atau mesin pencari berupa Google. Karena penggunaanya sendiri sudah semakin marak di dunia maya dan memberikan dampak bagi perkembangan bisnis online

Selain itu hal tersebut juga disambut baik oleh para jasa pembuatan toko online. Meskipun belum sama seperti e-commerce Amerika dan China, tapi pertumbuhan toko online di Indonesia cukup pantas diberikan apresiasi. Hal ini dilakukan sebagai pertanda antusiasme masyarakat kepada bisnis online.

Selain itu saat ini kompetisi bisnis juga sudah semakin ketat. Akan selalu ada tantangan serta masalah baru yang harus dihadapi oleh mereka para pebisnis. Jadi Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi aspek penting untuk perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Mengenal Apa itu Live Chat

live chat

Live chat ini termasuk model pemasaran yang dilakukan secara online. Metode tersebut akan menggunakan perangkat lunak tamban dengan aplikasi chatting. Selain itu akan tersedia juga berbagai aplikasi chatting yang dapat digunakan, baik berbayar sampai yang gratis.

Jadi dengan live chat ini, maka perwakilan perusahaan dapat melakukan komunikasi. Seperti komunikasi personal dengan calon konsumen. Sedangkan keberadaan seorang pengelola akan berperan dalam menangani live chat tersebut. Akan menjadi pengganti tugas tenaga marketing di dunia nyata.

Dengan begitu konsumen akan mendapatkan informasi, saran sampai masukan yang sesuai dengan kebutuhan serta produk yang ditawarkan. Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang lebih kompleks dibandingkan aplikasi chat lain yang biasa sebagai cara membuat live chat di website.

Bedanya dengan aplikasi chat biasa, aplikasi live chat ini dapat digunakan untuk sarana berjualan. Sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan adanya hal tersebut. Anda juga dapat memonitor kinerja dari penjualan yang berlangsung melalui aplikasi.

Manfaat Fitur Live Chat pada Website

Dengan adanya fitur live chat pada website, maka cara membuat live chat di website dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Karena dapat memberikan pelayanan secara personal kepada pelanggan. Hal ini akan memberikan dampak langsung terhadap kepuasan konsumen itu sendiri.

Selain itu menurut beberapa temuan dari ahli, keberadaan tenaga khusus yang menjawab pertanyaan setiap calon konsumen melalui website tidak tergantikan. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap website menggunakan fitur ini juga lebih tinggi dibandingkan metode pemasaran yang dilakukan melalui telepon atau email.

Selain itu adanya fitur live chat juga menjadi solusi atau cara membuat live chat di website terbaik bagi Anda yang selalu sibuk. Jadi Anda hanya perlu merekrut admin khusus yang akan bertugas seperti customer service pada umumnya. Mereka akan melayani para pengunjung saat waktu online.

Bermanfaat juga untuk meningkatkan kesan fast response, karena memiliki beberapa fitur live chat yang dapat diakses melalui smartphone. Lebih hemat dan dapat membantu memangkas biaya komunikasi. Mengurangi risiko bounce rate serta cart abandonment.

Selain itu Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan feedback dari pelanggan. Seperti saat pengunjung puas dengan layanan yang telah Anda berikan dan pemilik situs akan dengan mudah memulai percakapan melalui live chat. Cara ini dapat dilakukan dengan memunculkan chatting undangan.

Tapi perlu diingat, langkah awal cara membuat live chat di website pada pemasangan ini dilakukan untuk kemudahan layanan komunikasi. Terutama antara Anda dengan para pengunjung situs website.

Berikut Cara-cara Memasang Fitur Live Chat pada Website

Memasang Fitur Live Chat dengan Mylivechat

Memasang fitur live chat dengan mylivechat

Jika Anda menggunakan Blogspot sebagai platform website toko online yang dimiliki. Maka mylivechat sudah menyediakan cara pemasangan yang cukup mudah.

Anda hanya perlu melakukan registrasi, kemudian mendapatkan kode. Cukup mengcopy paste kode tersebut dan pasang di html template tepat di atas kode. Selain itu semua panduan tentang pemasangan kode ini juga akan dijelaskan secara lengkap.

Setiap platform akan memiliki panduan untuk cara membuat live chat di website dengan pemasangan mylivechat, dengan begitu akan memudahkan penggunanya. Memiliki berbagai kelebihan yang layak dan mampu mengangkat reputasi toko online yang Anda miliki.

Cara Memasang Fitur Live Chat dengan Tawk

Memasang fitur live chat dengan tawk

Cara pertama dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu di Tawk.to. Kemudian lengkapi form pendaftaran, berisi nama, alamat email dan password. Email dan password sendiri akan digunakan untuk akses login live chat pada dashboard tawk.to.

Oleh karena itu Anda perlu menyalin email dengan password terlebih dahulu dan simpan dengan baik.

Setelah itu lakukan cara membuat live chat di website kedua dengan mengaktivasi live chat pada email. Cek email dan klik untuk confirm email address. Dengan begitu akan tampil POP UP pada halaman dashboard live chat Tawk.to.

Lakukan beberapa cara selanjutnya step pertama site information berisi nama dan site URL, klik NEXT. Kemudian step dua invite agen jika Anda ingin menambahkan agen lain dengan mencantumkan email pada kolom Enter Email, klik NEXT.

Step ketiga install chat widget dengan mengcopy live chat Tawk.to, arahkan kursor pada kolom script dan klik kiri. Ubah platforms Drupal menjadi WordPress dan klik Done.

Step atau cara membuat live chat di website keempat, Login pada dashboard WordPress, tambahkan kode widget Tawk. to pada file header.php, footer.php serta Widget – Text. Masukkan ke Appearance, Widget, Text, Add Widget dengan opsi Widget – Text. Paste Sript Widget pada kolom Content, kosongkan title dan klik save. Selesai dan cek website Anda.

Cara Memasang Fitur Live Chat Facebook pada Website

Memasang fitur live chat facebook pada website

Cara membuat live chat di website pertama aktifkan tool live chat Facebook terlebih dahulu jika sudah memilikinya. Tapi jika belum memiliki halaman Facebook, buat terlebih dahulu. Setelah memiliki Facebook, lakukan pengaturan fitur live chat Facebook pada website.

Kedua gunakan bantuan tool, seperti tool online Zotabox yang memiliki banyak fitur menarik. Terutama untuk kebutuhan marketing seperti pada live chat. Lakukan pengaturan tampilan dan pengunjung dengan hati-hati.

Ketiga pasang kode di website WordPress, caranya sendiri ada beberapa pilihan. Bisa pilih dengan meletakkan kode pada baris sebelum tag body atau dengan menginstal plugin. Anda hanya perlu login ke dashboard WordPress, klik menu Apperance, Editor dan klik footer.php.

Kemudian cara membuat live chat di website selanjutnya dengan meletakkan kode yang sudah disalin sebelum tag dan klik tombol Update File. Untuk melakukan pengecekan, akses website Anda.

Bisa juga dengan membuka Fanspage yang mau diintegrasikan ke website atau blog. Masuk ke pengaturan dan pilih platform Messenger. Kemudian akan muncul sebuah jendela pop-up dan klik. Pilih bahasa yang Anda inginkan, tentukan salam pembuka dan klik tombol ubah, simpan dan selanjutnya.

Berikan juga informasi berapa lama Anda akan membalas pesan, maka informasi tersebut akan secara otomatis berada pada bagian header chat box. Ubah warna tombol live chat supaya sesuai dengan layout blog masing-masing. Caranya klik toggle warna khusus dan warna tersebut akan mempengaruhi bubble chat, tombol dan icon like.

Tuliskan domain atau URL yang akan dipasangi plugin, domain dapat ditambahkan lebih dari satu. Maka akan ada kode yang dapat digunakan, simpan terlebih dahulu pada notepad komputer supaya tidak hilang. Klik tombol simpan dan selesai, maka cara membuat live chat di website sudah selesai.

10 Plugin Live Chat Gratis yang Dapat Digunakan pada Website

ClickDesk Live Support

ClickDesk Live Support

Plugin ClickDesk Live Support ini termasuk salah satu dari layanan live chat paling cepat tersedia. Memungkinkan para pengunjung untuk mengklik dan memulai chat dengan pemilik website secara langsung dari browser.

Selain itu pengunjung juga dapat menghubungi akses nomor lokal yang tersedia pada 40 negara sesuai cara membuat live chat di website. Anda juga dapat mengelola email serta offline chat dengan integrasi baru berupa help desk. Dengan begitu agen dapat menjawab live chat dan melakukan panggilan dari panel online agen melalui Skype dan Google Talk.

Banckle Chat

Bankcle Chat

Banckle chat merupakan plugin WordPress, menawarkan platform yang handal. Mudah disesuaikan dan plugin ini lebih ekonomis untuk live chat. Dapat memberikan dukungan langsung kepada pelanggan.

Anda juga dapat memantau aktivitas dari pengunjung sampai melakukan tracking. Dapat melihat informasi demografis dan teknis pengunjung, karena mudah diintegrasikan serta dikonfigurasikan sesuai cara membuat live chat di website.

WP ChatBlazer

WP ChatBlazer

WP ChatBlazer termasuk plugin yang mampu memungkinkan Anda untuk menanamkan aplikasi tersebut pada chatting di halaman WordPress. Anda dapat membuat chat room sendiri pada blog supaya dapat berinteraksi dengan audiens.

ChatBlazer juga memiliki interface yang mudah digunakan, memungkinkan para pengguna untuk melakukan video chat, berbagi semua jenis media file sampai pesan instan.

Acobot Live Chat

Acobot Live Chat

Untuk Acobot Live Chat termasuk plugin yang cerdas dan hebat jika dilakukan sesuai cara membuat live chat di website. Karena plugin ini dapat bekerja secara otomatis dan caranya dengan menyapa setiap pengunjung yang ada pada setiap situs Anda.

Selain itu plug ini akan menampilkan chat widget pada website, menangkap alamat email sampai nomor telepon untuk Anda. Plugin tersebut juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang ada dan mengatasinya. Jadi plugin Acobot Live Chat ini dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Flexy Talk

Flexy Talk

Selain berbagai plugin di atas, ada juga Flexy Text yang memungkinkan Anda untuk memulai chatting menggunakan Facebook fans serta pengunjung situs. Anda akan dengan mudah melakukan dari berbagai perangkat, seperti tablet, ponsel dan yang lainnya.

Jadi Anda dapat membuat akun gratis serta menikmati aktivitas chatting yang tidak terbatas dengan pengunjung yang ada saat melakukan cara membuat live chat di website.

Vivocha Activation Tool

Vivocha Activation Tool

Vivocha Activation Tool termasuk platform komunikasi yang multi-channel untuk website. Dapat digunakan dalam membantu pelanggan selama mereka ada di situs, seperti memberikan jawaban dari pertanyaan sampai memberikan dukungan.

Selain itu plugin tersebut juga memiliki fitur yang terdiri dari VolP, Callback dan video. Ada juga grafis yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan analisis real time.

Video Chat Plugin

Vivocha Activation Tool

Sedangkan pada plugin video chat ini sangat fleksibel dan mampu mendukung rooms, publik, moderator, pesan pribadi dan video chat pribadi. Plugin ini juga cukup kompatibel dengan BuddyPress.

Secara otomatis cara membuat live chat di website ini akan menambahkan avatar pada profil dari pengguna video chat. Mudah diinstal serta kompatibel dengan semua Google atau mesin pencari.

Formilla Live Chat

Formilla Live Chat

Untuk Formilla Live Chat termasuk plugin live chat yang memiliki tampilan interface sederhana. Mudah digunakan, jadi Anda dapat merespons chat dari iPhone atau perangkat Android lain.

Sedangkan menariknya, Anda dapat mengaktifkan fitur proactive chat supaya dapat memicu live chat secara otomatis sesuai cara membuat live chat di website. Terutama dengan pengunjung setelah ditentukan dalam beberapa detik.

Live Chat by OggFlow

Live Chat by OggFlow

Pada live chat by OggFlow ini merupakan plugin yang cukup bagus dan dapat dipasang pada website. OggFlow mampu menangani semua live chats, tiket, email, twitter feeds dan Facebook.

Anda dapat mudah memodifikasi tampilan dari plugin tersebut. Bisa dengan menggunakan custom CSS, pesan dan logo.

Chat

Chat

Terakhir plugin chat yang dapat memberikan 2 cara chatting pada website. Anda dapat membuat sesi live sendiri, meningkatkan penjualan tanpa ribet dengan bantuan dari pihak ketiga dan berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Selain itu chat plugin ini juga dapat memungkinkan Anda untuk menambahkan jendela wide-chat pada bagian sudut bawah website. Menambahkan chatting pada setiap posting halaman atau blog serta menjawab setiap pertanyaan yang diajukan secara langsung.

Sederet Aplikasi Live Chat untuk Website

minions

Provide Support

Provide Support termasuk sistem live chat dengan tingkat enterprise yang dapat dimasukkan dalam website. Digunakan untuk mendukung layanan live chat perusahaan dan memberikan berbagai kelebihan jika dilakukan cara membuat live chat di website yang baik.

Seperti pada kehandalan, keamanan sampai kemudahan dalam penggunaan. Sedangkan cara pertama yang harus dilakukan dengan registrasi akun Provide Support tersebut. Selain itu customer Anda juga dapat mentransfer file langsung melalui jendela chat.

Comm100

Pada aplikasi ini sudah dirancang dengan sederhana. Memiliki keunggulan yang dapat di custom sesuai branding dan gaya Anda. Live chat ini juga terdapat plugin yang tersedia untuk manajemen konten. Sistem e-commerce, Shopify, Joomla dan WordPress Store juga tersedia.

BoldChat

Boldchat ini terdiri dari beberapa paket dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Supaya pengguna dapat melakukan setting live chat sesuai dengan kebutuhan perusahan.

Live Person

Live person sendiri termasuk fasilitas chat pertama yang ada di internet. Merupakan fasilitas live chat yang ada pertama kali dan dapat dikatakan sudah cukup populer. Sudah terintegrasi dengan Facebook dan Salesforce. Selain itu live person juga memiliki alat analisis yang terbaik.

Kayako Fusion

Untuk Kayako Fusion termasuk software yang ditujukan untuk enterprise. Sudah dilengkapi dengan fitur log, jadi operator dapat mengetahui chat dari client sebelumnya sampai record.

WGChat

WGChat ini termasuk salah satu live chat yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari laporan statistik, log hat, automatic greeting dan fitur-fitur lainnya. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki bisnis online.

Selain itu di dalamnya juga sudah terintegrasi dengan Yahoo Messenger, chat via web, Gtalk dan Facebook Fanpage. Jadi semua dapat ditangani dalam satu jendela aplikasi.

Zopim

Zopim sendiri merupakan produk kompetitif yang ada di pasar dan memiliki prospek yang cukup bagus pula. Memiliki keunggulan dengan percakapan yang dapat disinkronisasikan dengan banyak perangkat.

Jadi saat Anda berada di luar kantor, Anda hanya perlu mengambil perangkat mobil dan berinteraksi dengan pelanggan.

LiveHelpNow

Sedangkan pada LiveHelpNow juga sudah terintegrasi dengan Google Adsense, Google Analytics dan Salesforce dalam membantu membangun platform yang ada. Jadi lakukan sesuai dengan cara membuat live chat di website atau panduan yang ada.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.