fbpx

Mengatur Menu Website

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai Menu WordPress.  Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung dengan dunia website pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini. Akan tetapi bagi sobat yang masih awam pastinya masih belum mengetahui  Menu WordPress dan fungsinya. Untuk lebih memahami mengenai menu WordPress, kamu perlu membaca ulasan kali ini sampai selesai.

Menu WordPress adalah fitur yang di sediakan cms WordPress dimana kita bisa menyisipkan link dan akan ditampilkan di bagian  header, sidebar, maupun footer  website kita.

Menu website biasanya menampilkan halaman seperti, home, kontak, tentang, cari, produk, dsb. berfungsi sebagai navigasi bagi administrator, dan pengunjung situs.

Apa yang sebaiknya ada di menu WordPress

Keberadaan menu website sebagai navigasi  sangat penting bagi pengungjung untuk mempermudah berselancar di situs website.

Berikut adalah contoh link yang biasa ada di menu website

  1. Homepage
  2. Blog
  3. Tentang website
  4. Halaman kontak
  5. Halaman-halaman lain yang penting

 Cara membuat menu di WordPress

  • Membuat menu
    1. login ke dashboard worpress
    2. pilih menu apprearance > Menus
    3. untuk membuat menu baru, isi nama menu pada kolom Menu Name, contoh Menu Pertama, lalu klik tombol Create Menu
    4. tentukan lokasi menu dimana akan ditampilkan. lokasi menu memiliki tiga pilihan yaitu primary, secondary, dan social. Lokasi dan nama berbeda-beda untuk setiap template.
    5. Pada bagian Pages, centang halaman yang ingin ditambahkan pada menu yang akan dibuat, lalu tekan tombol Add to Menu.
    6. Setelah halaman ditambahkan ke menu, pilih lokasi menu yang ingin Anda tampilkan, pada contoh ini kami memilih lokasi Primary, kemudian tekan tombol Save Menu.
    7. Untuk melihat perubahan, silakan akses situs website.
  • Mengurutkan Menu

Setelah selesai membuat menu, pastikan urutannya sesuai dengan yang diinginkan. Jika belum sesuai dapat dilakukan pengaturan dengan cara menggeser menu ke lokasi yang diinginkan, kemudian klik tombol Save Changes.

Itulah cara membuat dan mengatur menu WordPress, untuk setiap template memiliki tampilan menu yang berbeda tapi cara pengaturannya tidak jauh berbeda. Dan juga dapat melakukan pengaturan menu pada bagian Appearance > Customize, dan perubahan pada website dapat langsung dilihat ketika menambahkan menu.

Satu pemikiran pada “Mengatur Menu Website”

  1. assalamualaikum,saya mau tanya saya punya domain woorpres.id, belum tau gimana install website woorpres?
    tolong kasih gimana caranya

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.