fbpx

Cara Membuat Judul Artikel yang Bagus dan Menarik [Terlengkap]

Cara Membuat Judul Artikel – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya judul, khususnya bagi anda yang suka menulis dan membaca. Sebab, hal yang pertama kali dilihat oleh seseorang dalam membaca sebuah artikel ialah sebuah judul.

Judul sendiri bisa dikatakan lebih penting dari pada isi dari sebuah artikel. Karena berdasarkan survey dan penelitian, dari keseluruhan pengunjung yang membaca sebuah artikel, hanya sekitar 40% yang membaca isi artikel tersebut.

Maka dari itu, judul hendaknya dibuat dengan bagus, hebat dan menarik. Supaya para pembaca ketika melihat judul tersebut menjadi tidak berkedip dan gak tahan untuk tidak mengklik judul tersebut.

Pengertian Judul

cara membuat judul artikel, pengertian judul

Judul adalah nama yang dipakai untuk sebuah artikel, buku, bab yang ada di dalam buku, berita dan lain-lain. Di dalam sebuah artikel sendiri, judul juga sering disebut sebagai kepala tulisan. Selain itu, ada yang mendefinisikan judul adalah lukisan singkat suatu artikel atau disebut juga miniatur isi bahasan.

Setiap harinya, semua orang pasti membaca puluhan bahkan ratusan artikel baik itu tentang berita, pendidikan, agama dan lain-lain.

“Apakah kamu tahu, apa yang pertama kali mereka lihat sebelum membaca artikel tersebut?”

Jawabannya pasti judul!

“Mengapa judul?”

Karena, tidak ada seseorang yang membaca isi sebuah artikel tanpa membaca judulnya terlebih dahulu. Tetapi banyak orang yang membaca judul artikel itu, tanpa melanjutkan pembacaannya sampai ke isi artikel tersebut.

Fungsi Judul

cara membuat judul artikel, manfaat judul

Terdapat beberapa macam fungsi dari judul pada sebuah artikel. Dan fungsi-fungsi tersebut akan menjelaskan bagaimana judul menjadi sebuah hal yang memang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa macam fungsi judul pada artikel secara umum:

1. Menarik Perhatian Pembaca

Fungsi pertama dari judul adalah menarik perhatian para pembaca. Sebab, judul akan memuat kata-kata yang biasanya akan membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih detail artikel tersebut.

2. Pemicu untuk Membaca Artikel

Judul sendiri biasanya tidak memberikan kesimpulan dalam artikel. Oleh karena itu, judul bisa menjadi pemicu untuk membaca artikel tersebut. Sebab, judul akan menarik pembaca untuk mengetahui sebenarnya apa isi artikel yang akan disampaikan.

3. Pemadatan Isi Artikel

Judul bisa dikatakan sebagai pemadatan isi dari sebuah artikel karena, artikel yang isinya banyak bisa dituliskan hanya ke dalam beberapa kata-kata. Sehingga sudah terangkum semuanya ke dalam kalimat pemicu.

4. Menggambarkan Isi Artikel

Judul biasanya hanya ditulis dengan kata-kata yang sedikit. Dan fungsinya ialah untuk menggambarkan secara keseluruhan dari apa yang ada di dalam artikel tersebut.

5. Bagian Awal dalam Artikel

Fungsi judul dalam artikel sebenarnya sudah sangat jelas, yaitu sebagai bagian awal dari sebuah artikel. Judul akan dituliskan di bagian teratas artikel, dan biasanya menggunakan huruf yang lebih besar.

6. Memudahkan Dalam Pencarian

Dengan adanya judul, pembaca jadi lebih mudah untuk melakukan pencarian berita-berita yang diinginkan. Dan mungkin anda tidak bisa membayangkan, apabila semua artikel atau berita tidak memiliki judul.

7. Menggambarkan Topik Artikel

Fungsi judul yang terakhir ialah menggambarkan sebuah topik dalam artikel. Hal ini mengartikan bahwa macam-macam artikel/berita akan lebih mudah digolongkan pada kategori-kategori tertentu.

Jenis-Jenis Judul

cara membuat judul artikel, jenis-jenis judul

Menurut Bob Bly, ada 8 jenis judul secara umum dan mampu membuat pembaca menjadi tertarik dan melakukan sesuatu. Contohnya seperti mengklik tautan, melakukan pemesanan (pembelian), atau pun melakukan hal lain yang diinginkan oleh si penulis.

Berikut ini adalah jenis-jenis judul beserta penjelasannya secara umum:

1. Judul Langsung

Judul langsung adalah judul yang berkaitan dengan bagian utama karangan. Sehingga hubungannya dengan bagian utama nampak jelas. Judul jenis ini seolah merangkum apa yang dikemukakan penulis dalam artikel atau tulisannya.

2. Judul Tidak Langsung

Judul tidak langsung adalah judul yang tidak ada kaitannya dengan bagian utama karangan. Tetapi tetap menjiwai isi karangan pada artikel. Judul ini memberikan ambiguitas yang mendorong keingintahuan pembaca agar mengklik artikel anda.

3. Judul Pertanyaan

Judul pertanyaan adalah judul yang membuat pembaca memunculkan empati dalam benak mereka. Sehingga menggerakkan mereka untuk melihat jawabannya yang ada di dalam artikel.

4. Judul Cara

Judul cara merupakan jenis judul yang membuat para pembacanya ingin tahu cara yang mungkin mereka belum tahu dalam melakukannya.

5. Judul Alasan

Judul ini memberitahukan pada pembaca bahwa penulis akan menyajikan sejumlah alasan di dalam artikel.

6. Judul Testimonial

Judul ini memberikan keyakinan kepada calon konsumen atau klien, bahwa anda memiliki kualitas yang mereka harapkan. Menuliskan kesaksian dari orang lain akan menambah kredibilitas anda.

7. Judul Perintah

Judul ini dengan lantang memberitahukan pada kita tentang apa yang harus ia lakukan. Dan pilihan kata kerja yang tepat akan mendorong untuk berbuat sesuatu ketika selesai membacanya.

8. Judul Berita

Judul ini merupakan ini dari berita yang ada di dalam surat kabar. Judul ini dicetak dengan menggunakan huruf besar (tebal).

Cara Membuat Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

cara membuat judul, cara membuat judul artikel yang menarik

“Apa yang membuat kita tertarik untuk membaca sesuatu?”

Jawabannya pasti judul yang menarik, mengikat perhatian dan membangkitkan semangat rasa ingin tahu kita.

“Bagaimana cara membuat judul yang menarik dan membangkitkan semangat rasa ingin tahu si pembaca?”

Nah, untuk itu jawabannya ada di bawah ini. Mohon disimak dan dipahami dengan baik ya. Supaya anda nantinya dapat lebih paham lagi dalam membuat judul yang bagus. Berikut adalah tips atau cara membuat judul yang menarik dan mengundang banyak klik, yaitu:

1. Logis

cara membuat judul artikel, judul berbentuk logis

Cara membuat judul yang pertama ialah menggunakan kata-kata yang logis secara umum. Logis yaitu sesuatu yang bisa diterima oleh akal dan sesuai dengan logika (benar menurut penalaran). Dengan kata lain logis dapat dikatakan sebagai sebuah pola atau cara berpikir seseorang terhadap suatu hal.

Jadi, anda harus membuat judul yang kata-katanya mudah diterima dan sesuai dengan pola pikir dari si pembaca. Karena apabila anda membuat judul dengan kata-kata yang kaku dan sulit untuk diterima secara logika, maka bisa dipastikan para pembaca tidak akan tertarik untuk mengkliknya.

2. Gunakan Angka Dalam Judul

cara membuat judul artikel, cara menggunakan angka dalam judul

Angka memang sudah sangat terbukti mampu meningkatkan jumlah pembaca. Memulai judul dengan menggunakan angka, maka akan membuat judul tersebut menjadi semakin menarik. Selain itu, judul juga akan terlihat menjadi lebih spesifik.

“Bagaimanakah cara penempatan angka yang benar di dalam judul?”

Caranya, tempatkan angka tapi bukan sembarang angka. Di bawah ini ada beberapa variasi penggunaan judul angka yang bisa anda gunakan.

a. Menggunakan Angka yang Ganjil

Penggunaan angka ganjil dalam sebuah judul umumnya sudah terbukti menarik perhatian para pembaca. Karena secara logika, angka ganjil sendiri dapat memberikan sesuatu hal yang berbeda dan membuat judul tersebut lebih menonjol dari pada judul yang tidak menggunakan angka ganjil.

b. Menambahkan Tanda + pada Angka

Penambahan tanda + (plus) pada angka, kenyataannya sangat membantu. Karena tanda plus sendiri dapat memberikan kesan yang lebih pada judul artikel anda. Dan jika dikombinasikan dengan angka, maka pembaca pun akan menjadi lebih tertarik.

  • Contoh: 17+ Cara Terbaik Memasak Ikan Asin Ala Chef Dunia

c. Pertanyaan

Anda bisa menambahkan pertanyaan di dalam judul anda, yaitu dengan menggunakan pertanyaan yang menarik.

  • Contoh: 9+ Resep Tempe Goreng Paling Nikmat di Dunia, “yang Mana Favorit Kamu?”

Angka sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk judul saja. Sebab, ada jenis artikel yang tergantung penuh terhadap angka. Dan biasanya artikel tersebut dalam bentuk list atau daftar.

3. Panjang Judul Maksimal 60 Karakter

cara membuat judul artikel, panjang ideal judul yang bagus dan menarik

Pengunjung tidak akan mengerti apa maksud dari judul artikelmu jika terpotong di mesin pencarian. Jika judul utamamu ingin terlihat bagus di mata Google, maka pastikan panjang judul tersebut tetap di bawah 60 karakter. Caranya anda harus benar-benar menyusun kata-kata yang menarik secara singkat padat dan jelas.

Dan yang paling penting, anda harus membuat judul tersebut dengan struktur yang enak untuk dibaca. Sebab, percuma saja judul anda di bawah 60 karakter apabila judul tersebut pada akhirnya tidak bisa dibaca.

4. Gunakan Kata-Kata yang Paling Menarik

cara membuat judul artikel, kata-kata yang menarik untuk judul

Dalam pembuatan judul, ada baiknya anda menempatkan kata-kata yang unik, magis dan semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar pengunjung menjadi lebih tertarik terhadap judul tersebut. Karena, para pembaca saat ini lebih tertarik dengan judul yang berisi kata-kata yang bersifat wow!

Jadi, bijaklah dalam menempatkan kata-kata yang menarik tersebut. Meskipun sulit untuk dibuat, tetapi dampaknya akan besar. Sebab, perpaduan penulisan judul yang menarik, akan membuat judul tersebut menjadi enak dibaca oleh mata.

Dan judul yang baik pula akan membuat si pembaca menjadi merasa terlibat. Karena si pembaca pasti akan membayangkan isi dari judul tersebut.

5. Menempatkan Keyword di Posisi yang Strategis

cara membuat judul artikel, cara memasukkan keyword di dalam judul

Ketika memasukkan keyword ke dalam judul, usahakan anda menempatkan judul tersebut di bagian depan atau di bagian belakang judul. Hindari penempatan keyword di bagian tengah judul. Hal ini karena para pembaca hanya fokus di bagian depan dan belakang judul saja.

Dan penempatan keyword di bagian tengah judul, tidak akan memberikan efek yang besar ke pembaca. Karena bagian tengah judul hanya bersifat “kabur” di mata mereka.

6. Berbentuk Frasa

cara membuat judul artikel, judul yang berbentuk frasa

Judul yang baik dan bagus ialah yang berbentuk frasa. Sebab, judul sendiri harus memiliki satuan yang terdiri dari dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi kalimat. Dan satuan pembentuk kalimat tersebut menempati fungsi tertentu.

Fungsi tersebut yaitu subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap dan keterangan (Latar). Fungsi tersebut boleh ada atau tidak dalam sebuah kalimat. Tetapi ada fungsi yang wajib ada, yaitu subjek (S) dan predikat (P). Karena tanpa 2 fungsi tersebut, maka judul anda tidak akan berarti apa-apa.

7. Penulisan Menggunakan Kaidah EYD

cara membuat judul artikel, menggunakan kaidah eyd

Salah satu faktor yang termasuk paling penting dalam pembuatan judul ialah penggunaan kaidah EYD (ejaan yang disempurnakan). Sebab, bagus atau tidaknya tulisan judul anda, itu tergantung dari penilaian di mata Google. Pada umumnya, Google menilai kualitas judul anda dari tulisan dan penggunaan katanya.

EYD sendiri merupakan tata bahasa dalam bahasa Indonesia, yang mengatur penggunaan bahasa Indonesia dalam tulisan. Yaitu mulai dari pemakaian dan penulisan huruf kapital, huruf miring dan penulisan unsur serapan. Jadi, dalam membuat judul, anda perlu memperhatikan tulisan anda dengan cara menggunakan EYD.

8. Sesuai dengan Isi

cara membuat judul, cara membuat judul artikel yang menarik

Hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat judul ialah membuat judul yang berhubungan dengan tema yang akan dibuat. Judul sendiri tidaklah harus dibuat sebelum menulis. Dan bisa ditentukan setelah karangan selesai dibuat.

Sebab, apabila anda membuat judulnya terlebih dahulu dan baru membuat karangannya, maka besar kemungkinan anda akan kesulitan dalam menyesuaikan isi karangan dengan judul yang dibuat. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu isi artikel anda sebelum menulis judulnya.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Dalam Membuat Judul

cara membuat judul artikel, hal yang harus dihindari dalam membuat judul

Dalam membuat judul, ada beberapa hal yang harus anda hindari dalam memasukkan kata-kata yang bisa membuat pengunjung menjadi tidak tertarik. Sebab, kata-kata tersebut merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penulis.

1. Hindari Menggunakan Kata Aktif Intransitif.

Secara singkat pengertian kata aktif intransitif adalah kata yang subjek-nya aktif melakukan pekerjaan. Kata ini adalah jenis kata aktif yang tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif. Hal ini karena keberadaan objek dalam kata ini tidak diperlukan.

Jadi, anda tidak perlu memasukkan kalimat aktif intransitif ini ke dalam judul anda. Karena kalimat ini tidak akan disukai oleh Google jika dimasukkan ke dalam judul anda.

2. Hindari Menggunakan Kata Partikel

Kata partikel adalah salah satu jenis kata yang tidak disarankan untuk ditempatkan di dalam judul. Hal ini karena kata partikel merupakan jenis kata yang tidak tertakluk pada perubahan bentuk. Kata ini hanya berfungsi menampilkan unsur yang diiringinya. Dan dalam bahasa Indonesia, ada empat jenis artikel penegas, yaitu –kah, –lah, –tah dan pun.

Itulah beberapa tips dan cara membuat judul artikel yang bisa menarik perhatian para pembaca. Dan pada akhirnya, proses pembuatan judul sendiri bergantung pada kreativitas anda. Karena semakin kreatif anda, maka akan semakin bagus judul yang anda buat.

Pastikan anda membuat judul yang bagus pada setiap konten yang anda buat. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk anda dalam membuat judul yang unik dan menarik.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.