fbpx

Mengenal Domain dan Cara Registrasinya

Seiring perkembangan internet yang sangat luar biasa pesat,  istilah domain sudah menjadi sesuatu yang tak asing lagi terdengar di telinga. Bagi anda yang punya hobi berselancar di dunia maya tentunya sudah banyak domain dari website yang anda hafal.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas beberapa hal yang berkaitan dengan domain mulai dari pengertian domain, fungsi dan juga cara memesan/registrasi domain.

Pengertian Domain

Secara umum definisi domain adalah alamat atau nama yang digunakan untuk mengunjungi sebuah website. Sebagai contoh saat ini anda sedang mengakses website ini dengan domain sintesa.net . Domain bisa terdiri dari huruf, angka atau perpaduan dari keduanya. Dengan demikian anda bisa membuat domain untuk website anda sesuai keinginan anda selama domain tersebut belum dipakai orang lain.

Fungsi Domain

Banyak orang yang mengerti dan menghafal nama nama domain namun tidak sedikit diantara mereka yang tidak mengetahui apa fungsi dari domain itu sendiri. Berikut adalah beberapa fungsi domain yang perlu anda ketahui.

Memudahkan orang untuk mengunjungi website

Sebenarnya ketika anda ingin  mengakses sebuah website, anda harus memasukkan alamat IP (internet protocol) website tersebut, misalkan website facebook yang memiliki IP 157.240.13.35. Nah fungsi domain disini adalah sebagai pengganti peran IP tersebut. Tentunya  dengan adanya domain anda akan lebih mudah mengetik dan menghafalkannya dibanding IP Address  yang berisi dari rangkaian angka dan titik tentu akan susah diketik apalagi dihafal.

Sebagai Brand atau Indentitas

Tak kalah penting dari fungsi yang pertama, domain juga dapat berfungsi sebagai brand atau identitas, misalkan Pondok Pesantren Sintesa yang menggunakan domain sintesa.net sebagai brand nya.

Jenis Domain

Ada banyak sekali jenis domain, domain sendiri dibagi menjadi 3 bagian/tingkatan yakni TLD ( Top Level Domain), SLD(Second Level Domain) dan Third Level Domain.

TLD (Top Level Domain)

TLD merupakan bagian yang terletak di bagian paling akhir atau berada di bagian paling kanan hingga tanda titik dalam suatu domain. Sebagai contoh sintesa.net Top Level Domainnya adalah .net .

TLD (Top Level Domain) ini terbagi menjadi menjadi dua yaitu gTLD (Global Top Level Domain) contohnya .com, .net, .org, .edu dan ccTLD ( Country Code Top Level Domain) contohnya .id, .uk, .jp dan masih banyak lagi.

Contoh pemakaian gTLD (Global Top Level Domain)

  • .com : Merupakan singkatan dari Commersial ekstensi ini biasa digunakan untuk website komersial atau perusahaan.
  • .net : Merupakan singkatan dari Network bisa digunakan seperti .com akan tetapi lebih seting digunakan website yang berhubungan dengan jaringan, IT, computer dan layanan sejenisnya
  • .org : Merupakan singkatan dari Organization. Ekstensi ini sangat cocok digunakan untuk website organisasi atau Lembaga tertentu.
  • .Biz : Merupakan singkatan dari Business. Ekstensi ini bisa digunakan untuk apa saja namun lebih banyak digunakan untuk Lembaga usaha atau bisnis.
  • dsb.

Contoh Penggunaan ccTLD ( Country Code Top Level Domain)

  • .id : digunakan untuk website di negara Indonesia
  • .cn : digunakan untuk website di China
  • .sg : digunakan untuk website di Singapura
  • .uk : digunakan untuk website di Amerika
  • .jp : digunakan untuk website di Jepang
  • .my : digunakan untuk website di Malaysia
  • dsb.

SLD (Second Level Domain)

SLD adalah nama domain yang anda daftarkan. Sebagai contoh SLD di dalam domain sintesa.net adalah “sintesa”.

Third Level Domain

Third Level Domain merupakan nama yang dapat anda sematkan di domain anda, letakya berada di depan yakni berada sebelum TLD dan SLD. Third Level Domain ini sering disebut sebagai Subdomain. Contoh Third Level Domain  adalah “blog” dalam domain “blog.sintesa.net”.

Cara Melakukan Registrasi Domain (Domainesia)

Membeli atau melakukan registrasi domain bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa pembelian domain, baik perusahaan yang ada di Indonesia maupun di luar negeri diantaranya ada Namecheap, Godaddy, Domainesia, Rumah Web dan masih banyak lagi.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pembelian/registrasi domain, kali kami berikan contoh pembelian/registrasi domain di Domainesia.

1.Membuat Akun di Domainesia

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun di domainesia, Silahkan tekan tombol menu “ Sign Up “.

2.Memilih Nama Domain

Setelah akun anda jadi, langkah yang kedua yakni memilih domain yang anda inginkan, silahkan masuk ke menu domain kemudian ketikkan nama domain yang ingin anda daftarkan.

Pastikan domain yang anda ingin daftarkan masih available, kemudian pilih “Daftarkan Domain”.

Selanjutnya silahkan anda pilih berapa lama anda ingin mendaftarkan domain anda, mulai 1 hingga 10 tahun. Pada pilihan DNS Zone Manager dan Privacy Protection opsional saja anda bisa pilih atau tidak sesui kebutuhan anda. Selanjutnya klik “Masukkan Troli”.

3. Pembayaran

Tahap berikutnya anda akan dibawa di form pembayaran. Pilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan anda, anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank, virtual account, paypal dsb.

*Tips: Jika anda melakukan pembayaran melalui transfer bank jangan lupa masukkan berita transfer sesuai dengan yang tercantum pada form.

4. Periksa Pembayaran

Terakhir, setelah anda melalukan pembayaran, silahkan cek apakah pembayaran anda telah terferifikasi. Silahkan pilih menu domain dan apabila status domain “active” maka domain anda sudah siap digunakan.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa domain merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi dalam pembuatan website. Dengan adanya domain maka website kita akan lebih mudah diingat dan diakses oleh pengunjung.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.