fbpx

Mengenal Lebih Dekat dengan Si Proxy

Pada zaman yang serba digital ini, hampir semua orang lebih memilih internet sebagai jalan utama untuk melihat informasi terkini. Contoh sederhananya, ingin masak nasi goreng, pasti lebih suka browsing daripada baca buku panduan memasak. Iya kan?

Begitu pula dengan  para santri Sintesa, Hampir setiap hari kalian menggunakan akses internet pada gadget milikmu. Namun arti kata proxy belum tentu diketahui oleh semua santri Sintesa. Padahal proxy adalah pelintasan penting yang harus kalian tempuh sebelum mendapatkan data di dunia maya ini.

Masa mau jadi Blogger gak tahu apa itu proxy?

Nah, untuk lebih paham mengenai kata tersebut mari kita belajar bersama di laman ini.

Pengertian Proxy

Proxy adalah sebuah wali atau wakil, bila diartikan dalam Bahasa Indonesia. Gampangnya bisa diartikan perwakilan yang mewakili. Seperti DPR (perwakilan dari rakyat), wali murid (perwakilan dari orang tua murid), wali kelas (perwakilan ortu dalam kelas).

Bila ditinjau dari pengertian umum proxy merupakan perwakilan dari user komputer untuk menyalurkan akses ke komputer lain di dalam naungan internet tanpa harus mengenal alamatnya secara langsung. Sebagai jembatan, bagaikan calo atau makelar.

Di sisi lain, proxy server juga digunakan sebagai pengaman jaringan pribadi ketika terhubung dari public. Jadi biasanya proxy bergandengan dengan server dalam pengaplikasian web browser dan client FTP.

Sudah paham belum? Kalau belum baca pengertian lain berikut ini.

Proxy adalah software komputer yang bekerja sebagai perantara jaringan local (komputer-mu) untuk mengakses internet dengan nyaman. Tanpa harus menyertakan identitas asli kamu, jadi keamanan, privasi dan bisa kamu atur sesuai kebutuhan.

Sedangkan server proxy bekerja dengan cara mencegah koneksi langsung antara pengirim & penerima. Semua data yang masuk ataupun keluar terjamin keamanan olehnya. Jadi sulit untuk mengenali alamat asli dari user dan lebih sulit di hack.

Yang pada intinya proxy menurut penulis adalah berupa penyamaran untuk mengakses browser.

Cara Kerja Proxy

cara kerja proxy

Setelah paham pengertian proxy. Alangkah baiknya kamu juga paham prinsip cara kerja proxy yang sebenarnya, sehingga kamu sangat butuh keberadaannya.

Setiap komputer yang mengakses internet perlu adanya IP address, guna mengetahui pemilik akses tersebut. Kamu pun juga bisa mengganti nama alamat IP dengan komputer kamu sesuai keinginan.

Jika Kantor pos butuh alamat lengkap rumah kamu agar bisa mengantar paket dengan tepat, maka IP address pun demikian. Mereka ingin data asli dari komputermu agar akses sesuai permintaan.

Jadi ketika komputer mengirim data permintaan melalui internet dengan IP address asli, permintaan kamu harus masuk ke proxy dulu.  Dengan begitu proxy secara otomatis akan mengolah pertukaran data secara aman, lalu mengantarkan permintaan ke browser kamu.

Dengan adanya pengolahan data dari proxy, alamat IP kamu tak akan bisa dilihat oleh port komputer lain. Sehingga server web tidak tahu persis siapa dan dimana kamu sebenarnya. Selain itu proxy juga dapat memblokir suatu halaman akses web tertentu berdasrakan IP address.

Fungsi Proxy

fungsi proxy

Ada beberapa manfaat proxy yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakannya.

  • Connection Sharing

Server proxy disini berperan sebagai gateway guna membatasi penggunaan akses jaringan lokal dan luar. Biasanya perusahaan menggunakannya untuk memblokir beberapa website yang dikira mengganggu aktivitas kerja.

  • Filtering & Caching

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan yaitu percepatan akses dan longgarnya bandwidth. Dengan menyimpan data kunjungan kamu sebelumnya, proxy akan lebih cepat memberi data kembali setelah user dating kedua atau ketiga kalinya. Jadi kalau ada banyak orang yang mengakses website tersebut, kamu lebih cepat dapat aksesnya daripada yang lain.

  • Keeping Privacy

Menggunakan proxy jauh lebih aman ketika browsing internet. Beberapa perusahaan dan organisasi lebih cenderung memakai proxy guna melindungi alamat IP dan informasi pribadi mereka.

Ditambah dengan tingkat keamanan proxy dalam membaca transaksi juga bisa lebih samar ketika kamu menggabungkan server proxy dengan VPN (Virtual Private Network). Sumber alamat dan data disamarkan total, dan banyak penyamaran berupa alamat jauh antar negara. Misal IP Indonesia diganti USA atau sebaliknya.

  • Open a Ban

Yang terakhir, dengan menggunakan proxy, kamu bisa membuka website yang terdapat batasan masuk atau bahkan website yang telah di blokir di negara tertentu. Jadi masuk dengan illegal menggunakan proxy begitu. Jangan coba-coba ya.

Jenis Proxy

jenis proxy

Sesuai dengan tingkatanya proxy terbagi menjadi 4 jenis sesuai dengan sistem kategori kegunaan dan cara kerjanya. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dalam pemakain harian.

Transparent proxy

Proksi transparan digunakan untuk meneruskan alamat IP, kemudian mengidentifikasi kembali untuk dibawa ke server web. Biasanya digunakan pada komputer kerja perkantoran atau sejenisnya guna sebagai pemfilteran konten agar lebih data masuk ke klien tanpa harus tau informasi detail.

Distorting reverse proxy

Sebuah tugas menyamarkan alamat agar yang terlihat alamat palsu. Hampir mirip dengan anonymous proxy, tetapi jenis ini melampirkan alamat dengan alamat palsu.

Lalu akses situs yang telah di block di lokasi tertentu, akan dapat dibuka dengan menggunakan proxy ini, dengan cara kerja mengubah alamat (lokasi IP address) lokasi yang bisa mengaksesnya.

Anonymous proxy

Proxy jenis ini akan meneruskan permintaan kamu ke web tujuan dengan alamat IP yang baru, guna mencegah pencurian identitas dan menjaga penjelajahan yang telah kamu lakukan sebelumnya. Biasanya digunakan orang untuk bersembunyi agar tidak diketahui lokasinya. Contoh pemasaran produk yang menargetkan lokasi sesorang saat ini.

Hal tersebut akan bisa teratasi dengan penggunaan proxy ini. Jadi menjelajah secara anonymous akan mencegah situs web menggunakan beberapa teknik penargetan iklan, tetapi ini memang bukan jaminan 100%.

High anonymity proxy

Secara berkala akan mengubah IP address yang diberikan ke server web dengan alamat palsu yang terus berbeda. Sehingga IP original tak akan dapat diketahui dan lalu lintas iklan akan acak tidak menentu. Jadi bisa disimpulkan bahwa jenis proxy hingh animous sangat baik dana man bagi kamu.

Ekstensi Proxy untuk Chrome

Anonymox

anonymox proxy gratis

Memudahkan kita dalam mengakses internet dengan alamat IP user samara. Serta bisa mengakses blog yang telah diblokir di negara tertentu. Tersedia gratis dan unlimited batasa penggunaan.

ZenMate

zenmate free VPN

Tersedia versi premium dengan fitur unggulan : smart location (mengganti lokasi secara acak), malware blocking, tracking protection,destop clients (sebagai aplikasi bukan ekstensi – mac & win). Namun jangan khawatir bagi kamu yang pengennya gratisan disini juga tersedia kok versi free.

DotVPN

dotvpn proxy

Hanya tersedia versi premium berbayar. Adapun trial selama 7 hari yang bisa kamu gunakan dengan fitur : Freedom without limitations, tracking protection, block marketing analytic, block ads, reduce data usage.

TunnelBear VPN

Layanan diberikan secara gratis dengan batasan penggunaan 750 MB / bulan. Fungsi hamper sama dengan proxy lain diatas, dengan tambahan kamu bisa memilih negara yang akan kamu jadikan lokasi.

Hotspot Shield Free VPN Proxy

hotspot-shield-proxy-hidden

Proxy ini sepenuhnya bisa kamu gunakan secara maksimal dengan banderol harga minimal, hanya dengan 0 rupiah. Proxy ini dapat membuka blokiran situs, aman dengan level enskripsi perkantoran, akses lokasi bisa dipilih sesuai pilihan & bisa memancarkan keamanan wifi hotspot juga.

Situs Proxy Gratis

  1. ProxySite.com
  2. Anonymouse.org
  3. HideMyAss.com
  4. Proxy.org
  5. NewIPNow.com
  6. Blewpass.com
  7. kProxy.com
  8. NinjaCloak
  9. UAS2.com
  10. Donfilter.us

Gimana? Sudah paham? Tinggal pilih saja ekstensi buat menyamarkan alamat IP user kamu. Pilih tepat kerja cepat. Selamat mencoba, mencoba dan mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.