fbpx

Cara Ampuh Mempercepat Loading Website (Terlengkap)

Cara Mempercepat Website – Sebagai platform, WordPress telah dirancang sedemikian rupa dengan sangat apik. Namun, banyak yang memperburuk instalasi WordPress mereka dengan memasang plugin yang berkualitas rendah, memlilih hosting yang jelek dan memenuhi web dengan elemen yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Meskipun Anda telah menghindari poin yang telah dibahas diatas, masih banyak faktor lain yang membuat web Anda menjadi buruk secara kualitas pada kecepatan.

Sebelum lebih lanjut membahas teknik yang bisa digunakan untuk mengoptimasi situs WordPress Anda, mari kita simak terlebih dahulu seberapa pentingkah kecepatan sebuah website.

Mengapa Kecepatan Website Itu Penting?

cara mempercepat website
pexels.com

Berdasarkan sebuah penelitian, rata-rata attention-span (rentang perhatian) mengalami penurunan dari 12 detik pada tahun 2000 menjadi 8 detik pada tahun 2017. Kemudian apa hubungan penelitian ini dengan Anda sebagai seorang pemilik website?

Anda memiliki waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian pengunjung untuk tetap bertahan dan mengeksplor web Anda lebih lanjut.

Apabila loading web Anda lambat, besar kemungkinan pengunjung akan meninggalkan web Anda sebelum loading web Anda selesai.

Menurut sebuah penelitian, apabila waktu loading website Anda membutuhkan waktu lebih dari 3 detik, maka Anda memiliki kemungkinan kehilangan setengah dari total pengunjung website. Selain itu, berdasarkan study oleh Skilled, 1 detik delay loading website Anda akan mengurangi conversion rate Anda sebesar 7%.

Anda juga pastinya tahu bahwa kecepatan website merupakan salah satu faktor SEO yang harus dioptimasi. Secara keseluruhan, apabila Anda menginginkan jumlah traffic, subscriber, atau keutungan yang lebih banyak, maka Anda harus memastikan kualitas kecepatan pada website.

Bagaimana Cara Cek Kecepatan Website?

cara mempercepat website
aditimes.com

Banyak orang yang merasa bahwa website mereka tidak bermasalah karena mereka telah memastikan website miliknya tidak lambat ketika dibuka melalui device miliknya sendiri. Padahal hal tersebut tidak bisa dijadikan parameter.

Apabila Anda kerap mengunjungi website sendiri, browser canggih seperti Chrome telah menyimpan data website Anda pada cache Chrome dan secara otomatis akan mengambil data pada folder tersebut untuk memastikan supaya website Anda langsung tersaji ketka menekan tombol enter.

Hal demikian tidak terjadi pada pengunjung baru yang masuk di website Anda untuk pertama kalinya. Bahkan sebenarnya, kemungkinan besar pengunjung yang datang dari tempat yang berbeda memiliki pengalaman yang sangat berbeda.

Berikut daftar situs untuk cek keceatan website:

  • freespeedtest.com
  • websiteoptimization.com
  • searchmetrics.com
  • pingdom.com
  • gtmetrix.com

Cara Mengoptimasi Website WordPress Anda

cara mempercepat website
fixrunner.com

Berikut merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi website WordPress Anda:

Memilih Hosting yang Berkualitas

Sangat mustahil Anda memiliki website dengan kecepatan yang maksimum jika Anda menggunakan hosting yang memiliki kualitas buruk. Santri Sintesa sendiri memakai Vultr sebagai penyimpanan hosting websitenya.

Berikut beberapa fitur  Vultr :

  • Datacenter berada di 16 titik lokasi, para santri sendiri biasanya memakai lokasi Singapura.
  • Control panel sangat mudah dipakai dalam membuat monitoring instance dan konfigurasi.
  • Instance system operasi yang tersedia yaitu CoreOS, CentOS, Debian, FreeBSD, Fedora, OpenBSD, Ubuntu, dan Windows. Apabila OS yang diinginkan tidak ada, kita bisa mengupload ISO sendiri atau juga bisa menggunakan ISO yang tersedia di Library Vultr.
  • One-Click Apps, instance yang sudah berisi aplikasi siap pakai sperti cPanel, Gitlab, Drupal, WordPress, dll.

Mengoptimasi Tema Website

Pada umumnya kebanyakan orang lebih memilih tema website dengan mengedepankan visual saja. Padahal ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih tema.

Tema yang jelek akan membuat loading web menjadi berat sehingga lama ketika diakses.

Pastikan Anda memilih tema dengan mempertimbangkan kecepatan. Tema dengan banyak fitur dan pilihan memang bisa mempermudah dalam pengaturan layout akan tetapi server dan browser akan bekerja lebih ekstra.

Kemudian pastikan bahwa tema Anda responsif. Sebuah web yang responsif lebih disukai Google sehingga secara tidak langsung Anda juga mengoptimasi SEO.

Optimasi Seluruh Gambar

Setiap posting artikel, tentunya Anda menambahkan gambar agar artikel lebih lengkap dan menarik untuk dibaca. Gambar yang diunggah pun harus baik dan juga berukuran kecil sehingga tidak membuat website menjadi berat.

Berikut beberapa cara optimasi gambar :

  • Memilih format file yang tepat
  • Kompres gambar (plugin Imsanity)

Lakukan Caching Pada Website

Caching merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengoptimasi website, terlebih pada situs-situs yang memiliki traffic tinggi. Pada setiap sebuah halaman WordPress loading, informasi akan diambil dari database dan file CSS Anda.

Lalu, informasi tersebut akan digabungkan dengan file HTML yang dapat diloading pada browser pengunjung, hal ini pasti memerlukan waktu.

Caching bisa menyimpan file HTML agar seketika tersedia bagi pengunjung yang lain, hal ini tentunya sangat membantu mengurangi waktu loading. Dalam hal ini para santri menggunakan plugin WP Super Cache.

Rutin Maintenance WordPress

Dengan maintenance rutin website Anda akan tetap berada dalam kondisi yang baik. Berikut beberapa hal yang dapat mempercepat loading website :

  • Pantau versi WordPress dan plugin Anda agar selalu up to date.
  • Hapus revisi postingan lama.
  • Hapus komentar-komentar spam.

Nah, demikian pembahasan pada kali ini, semoga dapat membantu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.