fbpx

21+ Website Penyedia Gambar Gratis

Gambar Gratis – Pernahkah kalian merasa bingung saat memilih gambar untuk tulisan blog? entah itu karena gambar tidak sesuai dengan konten atau memiliki kualitas yang kurang baik.

Nah jika kalian brmasalah dengan hal tersebut, maka ada baiknya mengetahui kumpulan website penyedia gambar gratis.

Gambar gratis yang didapat akan sangat membantu dalam pembuatan konten yang lebih baik dan menarik. Karena seperti yang kita ketahui, utamanya pembaca akan merasa senang apabila melihat gambar yang bagus.

Gambar-gambar gratis yang di dapat sebenarnya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk website atau blog konten saja. Sebab tidak sedikit mereka di luar sana memanfaatkannya untuk kepentingan komposisi brand, mockup, media sosial dan lain sebagainya.

Website Penyedia Gambar Gratis

Setidaknya saya telah merangkum 22 daftar website yang menyediakan gambar gratis, sebagai berikut;

1. Unsplash

gambar gratis

Unsplash adalah salah satu website penyedia gambar dengan resolusi tinggi, sehingga kalian tidak perlu khawatir konten gambar yang diposting akan blur.

Selain itu, website ini memiliki stok gambar yang lumayan banyak, dilengkapi dengan kategori untuk memudahkan penggunanya dalam menjelajahi gambar-gambar yang disediakan. Unsplash juga memiliki gambar yang sangat bervariasi, mulai dari jenis, ukuran, hingga karakter gambar.

2. Pexels

gambar gratis

Pexels adalah salah satu sumber gambar atau foto yang sangat sering saya gunakan, hal ini tentu tidak aneh mengingat kualitas foto yang disediakan benar-benar luar biasa, tidak kalah dengan penyedia berbayar seperti ShutterStock dan 123RF.

Pexels sendiri memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh penyedia gambar lain, yaitu dapat menampilkan gambar berdasarkan nuansa warna yang diinginkan pengguna.

Jadi apabila kita sedang membuat desain dengan warna tertentu, kemudian membutuhkan gambar dengan nuansa warna yang sama, kita tidak akan kesulitan.

Namun  sayangnya, meski memiliki fitur yang terbilang langka serta memiliki foto dengan kualitas tinggi, jumlah foto atau gambar yang disediakan dalam situs ini masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan situs lain.

3. Pixabay

gambar gratis

Bebicara mengenai kualitas gambar, tentu saja pixabay tidak kalah dengan dua situs sebelumnya. Situs ini memiliki kuliatas gambar resolusi tinggi, serta stok gambar yang terbilang lenngkap.

Selain stok foto atau gambar, situs ini menyedikan vektor yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para desainer.

Fitur pencarian yang dilengkapi dengan filter akan menambah kenyamanan, kemudahan serta keleluasaan pengguna dalam berburu gambar berkualitas.

Dari keseluruhan mungkin hanya satu kekurangan dari pixabay, ialah banyaknya iklan dari shutterstock, maklum saja mengingat diantara mereka ada kerja sama.

4. StockSnap.io

gambar gratis

Meski namanya tidak se-populer situs-situs sebelumnya, namun jangan salah, StockSnap.io memiliki gambar lengkap dengan kualitas tinggi.

Bahkan situs satu ini dapat dibilang memiliki perkembangan yang begitu pesat, mengapa demikian? Sebab StockSnap.io menambahkan ratusan gambar setiap minggunya. Dengan demikian sudah barang tentu dari waktu kewaktu StockSnap.io akan terus berkembang.

Dari segi fitur StockSnap.io tidak begitu istimewa, atau dapat dikatakan standar. Namun demikian, barangkali situs ini dapat memberikan gambar yang tidak ada di tempat lain.

5. Gratisography

gambar gratis

Gratisography sangat pas bagi kalian yang menyukai gambar unik. Kira-kira seunik gimana ya gambarnya? Kurang lebih gamabrnya kaya gini.

gambar gratis
gambar via Gratisography

Bagaimana unik bukan gambarnya?

Perlu kalian ketahui, media sosial Path memiliki #PathDaily, dimana mereka seringkali mempost gambar absurd. Kumpulan gambar yang mereka posting hampir semuanya dapat kalian temukan di Gratisography.

Berbeda dengan situs besar penyedia gambar lain, Gratisography hanya memiliki kontributor tunggal yaitu Ryan McGuire, sehingga gambar yang tersedia di situs ini terbilang kurang lengkap.

6. Magdeleine

Magdeleine

Magdeleine merupakan penyedia gambar dengan kualitas tinggi, selain itu website ini memberikan kemudahan bagi penggunanya, misal navigasi yang friendly serta memiliki fitur pencarian gambar yang disesuaikan dengan warna yang kita inginkan.

Kemudian yang menarik dari magdeleine, menampilkan keterangan dari gambar yang hendak kita unduh, seperti resolusi, ukuran gambar dan kamera yang digunakan saat mengambil foto.

7. Foodies Feed

Foodies Feed

Apabila kalian adalah seorang food blogger atau memiliki website yang berhubungan dengan makanan, maka sangat cocok sekali mencari gambar makanan yang berkualitas di foodiesfeed.

Foodiesfeed memiliki gambar makanan dengan kualitas mumpuni, gambar yang disediakan terbilang lengkap, mulai dari sayuran, minuman, buah-buahan hingga makanan yang sifatnya mewah dan modern.

Gambar yang disediakan di foodiesfeed sangat bervariasi, mulai dari segi ukuran, jenis makanan hingga warna. Dijamin kalian gak akan nyesel mengunduh gambar-gambar makanan disini.

8. Freeimages

Freeimages

Dari namanya saja sudah dapat kita ketahui, bahwa situs ini merupakan salah satu penyedia gambar gratis. Tidak jauh berbeda dengan penyedia gambar gratis yang lain, freeimages menyediakan gambar gratis dengan resolusi tinggi.

Untuk mendapatkan gambar yang kita inginkan di freeimages, cukup memasukan kata kunci di kolom pencarian yang telah disediakan.

Freeimages memiliki beragam kategori dengan ukuran serta kualitas gambar tinggi sebagai penunjang postingan website kalian.

9. Picjumbo

Picjumbo

Picjumbo dengan segudang koleksi gambar gratisnya dapat menjadi pilihan untuk melengkapi konten blog kalian. Situs ini menyediakan berbagai macam gambar berkualitas, seperti gambar alam, abstrak, teknologi, makanan, fashion dan lain-lain.

Untuk mendapatkan gambar dari picjumbo tidak jauh berbeda dengan penyedia gambar yang lain, yaitu hanya perlu klik gambar yang diinginkan selanjutnya akan muncul tombol download.

10. Freepik

freepik

Nama freepik sudah sangat terkenal dikalangan desainer dan logo creator, wajar saja situs ini menyediakan gambar dan vektor dengan berbagai ekstensi seperti psd, eps, cdr dan masih banyak lagi.

Freepik tidak hanya menyediakan gambar gratis, akan tetapi mereka juga menyediakan gambar premium. Nah bagi kalian yang memiliki sedikit budget tidak ada salahnya mencoba gambar premium dari freepik.

11. MMT Stock

mmt

MMT Stock atau orang lebih mengenalnya dengan nama MMT, merupakan sebuah situs penyedia gambar dan video gratis. Mereka sendiri memiliki tegline yaitu;

Free photos and videos for commercial use

MMT dapat dijadikan sebagai pilihan dalam berburu gambar gratis untuk melengkapi konten yang sedang kalian buat.

MMT memiliki puluhan kategori atau tema, tujuannya sendiri yaitu untuk memudahkan pengguna dalam menemukan dan mendapatkan gambar atau foto yang di inginkan.

12. Startup Stock

startup stock

Startup stock menawarkan gambar atau foto dengan kualitas tinggi untuk kebutuhan konten kalian. Kebanyakan dari gambar yang disediakan adalah tema teknologi. Jadi apabila konten-konten kalian fokus membahas hal tersebut, tentu akan sangat cocok sekali menggunakan gambar-gamabr dari startup stock.

Startup stock sendiri bukanlah website penyedia gambar besar, bisa jadi masih dalam tahap pengembangan, hal ini terlihat dari navigasi serta kategori web yang sangat kurang. Alhasil sangat menyulitkan pengguna dalam menjelajah isi dari web.

Sesuai namanya, mereka lebih memfokuskan diri dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan dunia startup. Selain itu, gambar yang tersedia tidak hanya dalam satu bentuk, namun ditampilkan dalam berbagai bentuk. Satu objek gambar atau foto bisa jadi memiliki jumlah gambar lebih dari satu.

13. Lifeofpix

lifeofpix

Ada yang pernah menggunakan gambar dari lifeofpix? Sama halnya dengan website penyedia gambar kebanyakan, lifeofpix menyediakan gambar dengan kualitas tinggi. Gambar-gambar tersebut saya rasa sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kita dalam membuat konten.

Lifeofpix memiliki UI yang sederhana, sangat berbeda dengan kebanyakan situs penyedia gambar lain, dimana mereka hanya memiliki sedikit navigasi di bagian utamanya. Navigasi yang mereka tampilkan diantaranya gallery, photographers, about, free videos dan upload.

Nah baru saat kita memilih gallery, kemudian akan muncul berbagai kategori yang tersedia, seperti black & white, nature, people, city dan lain sebagainya. Sedangkan saat kita memilih photograpers kita akan disuguhkan dengan orang-orang yang berkontribusi dalam lifeofpix.

Kesederhanaanya sendiri menjadi sebuah kelebihan, dimana lebih nyaman digunakan. Namun kekurangan dari lifeofpix ini ialah gambar yang sangat terbatas.

14. Littlevisual

littlevisuals

Tidak banyak orang yang tahu mengenai littlevisual, padahal situs satu ini dapat menjadi pilihan dalam mencari gambar gratis yang berkualitas.

Seperti yang kita ketahui, situs penyedia gambar memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, terutama soal koleksi gambar. Nah bisa jadi ketika kalian tidak mendapatkan gambar yang diinginkan di situs lain, littlevisul menyediakannya.

Sejauh ini little visual menitik beratkan gambar-gambarnya terhadap alam. Kemudian ada yang unik dari situs satu in, dimana mereka memberikan tema atau kelompok kepada setiap gambarnya.

Selain kita dapat mengunduh gambar dengan cara satu per satu, littlevisual memberikan fasilitas berupa unduhan masal berdasarkan kategori atau tema.

15. Jay Matri

jay matri

Berbicara mengenai kualitas gambar, jay matri tidak kalah dengan situs penyedia gambar lain, namun sayangnya website ini tidak terlalu ramah untuk penggunanya. Hal tersebut terlihat dengan tidak adanya navigasi, mungkin sebagian pengunjung bisa jadi keluar langsung saat melihat tampilan website seperti itu.

Namun bagi kalian yang meresa penasaran dengan gambar-gambar gratis yang disedikan oleh jay matri, silahkan dapat berkunjung dan meng-eksplornya.

16. Picography

picography

Bagi kalian yang sedang mencari gambar dengan tema lifestyle dengan kualitas tinggi, dapat berkunjung serta mengunduhnya di picography.

Picography merupakan situs penyedia gambar berkualitas yang memiliki koleksi gambar unik, meskipun koleksi di picography tidak sebanyak di situs besar lainnya.

Saat kalian memasuki halaman utama dari picography, kalian akan dimanjakan dengan navigasi yang friendly, pokonya situs ini sangat nyaman dan mudah digunakan.

17. Bucketlistly

bucketlistly

Bucketlistly merupakan situs free travels photos, yang mana mereka menyedikan kumpulan gambar dengan tema perjalanan atau yang kita kenal dengan travel.

Jika kalian sedang mengembangkan blog atau web dengan tema tersebut, kalian dapat melengkapi konten blog dengan gambar-gambar dari bucketlistly.

Selain memiliki gambar dengan kualitas tinggi, bucketlistly memiliki navigasi nyaman serta tampilan yang sangat menarik.

18. Cupcake

cupcake

Apa yang terbayang oleh kalian saat mendengar kata “cupcake“? Kalo saya jujur makanan hehe. Namanya sekilas mengisyaratkan bahwa website satu ini penyedia gambar makanan, padahal anggapan itu jelas salah, sebab ketika kalian mulai menjelajahi isi dari si cupcake, kalian akan menemukan berbagai jenis gambar dengan tema berbeda.

Meskipun memiliki koleksi gambar dengan kualitas yang cukup baik, nyatanya cupcake tidak terlalu nyaman, pertama soal navigasi yang dapat dibilang begitu kurang, dan yang kedua memiliki iklan dari situs penyedia gambar berbayar.

Tentu saja kedua hal di atas menjadi sebuah kekurangan dari si cupcake. Tapi tidak ada salahnya kalian tetap mencoba menjelajah cupcake, kan gambarnya gratis juga.

19. Stockphotosforfree

stockphotosforfree

Mendengar kata free, sudah dapat dipastikan itu gratis. Sesuatu yang gratis belum tentu tidak berkualitas, sebagai contohnya adalah gambar-gambar yang disediakan oleh stockphotosforfree, disini tersedia berbagai jenis foto yang menawan.

Jika kalian adalah seorang blogger, maka koleksi foto yang ada di stockphotosforfree bisa jadi akan sangat membantu konten yang kalian buat.

stockphotosforfree adalah situs penyedia gambar gratis yang menawarkan foto atau gambar dengan kualitas tinggi. Selain itu, mereka memiliki navigasi yang cukup baik serta tampilan yang membuat kita merasa nyaman.

20. Barnimages

barniimages

Barnimages merupakan penyedia gambar gratis yang pertama kali diluncurkan pada Maret 2015 oleh Igor Trepeshchenok and Roman Drits, mereka berdua adalah photografer kebangsaan Latvia.

Bisa jadi tujuan awal pemdirian barnimages adalah sebagai media untuk mengakomondasi hasil foto dari mereka berdua. Hingga saat ini barnimages memperbarui atau menambahkan banyak foto disetiap minggunya.

Barnimages tidak membuka partisipasi orang di luar mereka, jadi yang menambahkan foto memang murni pihak-pihak dan kolega dari barnimages.

Kalian dapat menggunakan seluruh gambar yang ada di barnimages, baik itu untuk kepentingan non-komersil atau untuk komersil.

Apabila dilihat dari segi tampilan, barnimages tampil cukup sederhana dengan menu yang sedikit, namun memiliki kesan yang rapih. Satu-satunya kekurangan mereka tidak hadirnya navigasi atau menu kategory, sehingga pengguna sedikit disusahkan dalam menjelajah web untuk mendapatkan gambar yang diingnkan.

21. PikWizard

pikwizard

Pikwizard dapat dikatakan sebagai situs yang masih baru, meski begitu mereka memiliki koleksi ribuan gambar atau foto untuk berbaga jenis kategori.

Seluruh gambar yang terdapat di pikwizard dapat digunakan secara bebas, baik untuk kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan komersil.

Mereka juga tidak mencantumkan persyaratan atas gambar yang kita gunakan, tidak masalah juga ketika kita tdak menyertakan sumber dalam gamabr yang kita unduh.

Gambar yang disediakan benar-benar memiliki kualitas baik, sangat cocok digunakan sebagai konten blog atau untuk keperluan bisnis.

22. Getrefe

getrefe

Getrefe menyediakan foto yang berkualitas serta yang terpenting ialah gratis, sehingga kita dapat menggunakannya dengan sesuka hati.

Disini kalian akan disuguhkan hasil jepretan yang sangat memukau dalam berbagai jenis dan bentuk foto. Karya-karya yang luar biasa tersebut akan sangat cocok untuk ditambahkan dalam blog konten kalian.

Seberapa Penting Gambar untuk Blog Konten?

gambar gratis, pensil warna
gambar via pexels.com

Pernahkah kalian memperhatikan blog post dari situs-situs besar? Hampir sebagian besar menyertakan gambar dari setiap konten yang mereka buat.

Alasan yang paling utama ialah untuk membuat artikel yang dibuat lebih menarik, sehingga user tidak bosan dan merasa lebih nyaman berada di halaman blog.

Jeff Bullas seorang Internet Marketer berpendapat, artikel yang memiliki gambar atau foto lebih disukai oleh pembaca dari pada yang tidak menggunakannya sama sekali.

Selain dari sisi user, gambar juga memiliki peranan penting untuk kalian sebagai pemilik web, dimana gambar tersebut dapat kita optimasi untuk mendatangkan pengunjung dari sana.

Menentukan Gambar untuk Blog Konten

gambar gratis, kamera, nikon
gambar via unsplash.com

Sebuah konten yang dilengkapi dengan visual akan terasa mumpuni untuk keperluan apapun, termasuk blog. Hal ini tidak terlepas dari sifat manusia yang menyukai visualisasi.

Akan tetapi kita tidak dapat menambahkan gambar atau foto sembarangan, alangkah baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Gambar disesuaikan dengan tema artikel, paling tidak dapat mewakili atau merepresentasikan dari apa yang sedang dibahas.
  2. Menggunakan gambar atau foto dengan resolusi tinggi akan meningkatkan kualitas blog konten.
  3. Menggunakan foto dokumentasi sendiri akan menjadi kelebihan, namun apabila tidak memiliki tidak masalah, sebab kalian dapat menggunakan gambar atau foto dari situs penyedia gambar gratis.
  4. Mengedit foto atau gambar dapat menjadi sebuah pilihan, agar foto atau gambar yang kita muat memiliki kesan lebih unik.

Demikian pembahasan mengenai beberapa situs penyedia gambar gratis. Saya rasa dengan daftar yang telah disampaikan di atas sudah sangat cukup untuk mendapatkan gambar yang sesuai serta berkualitas bagi blog konten kalian.

Terimaksih-

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.