fbpx

Cara Membuat Backlink Blog Comment yang Akan Diapprove Si Pemilik Website

Salah satu jenis backlink yang paling banyak dan mudah untuk dilakukan adalah backlink blog comment. Backlink blog comment adalah backlink yang kita pasang dengan cara meninggalkan komentar terhadap sebuah sebuah konten di sebuah blog atau website. Pengertian singkatnya kurang lebih seperti itu.

Backlink blog comment sebenarnya cukup mudah untuk praktek belajar SEO untuk pemula. Kita hanya  perlu menuliskan komentar dan mengisi identitas pada form yang ada. Setelah komentar kita di-approve, itu artinya kita sudah berhasil menambah 1 backlink untuk website kita.

Agar lebih mudah diikuti, saya akan membagi tulisan ini menjadi 3 sub judul. Di sub judul pertama, saya akan menjelaskan trik untuk mendapatkan website untuk kita tanamkan backlink. Di sub kedua, saya akan menjelaskan secara lebih detil mengenai pemasangan backlink di website berbasis wordpress dan blogspot. Terakhir, saya akan memberikan beberapa  trik agar komentar kita di-approve.

Memilih Website untuk Blog Comment

Memilih website untuk memasang backlink tidak boleh sembarangan. Jangan sampai kita memasang di website abal-abal sehingga bisa merusak citra website kita di mata google. Berikut beberapa hal yang perlu kita tahu saat mencari website untuk kita tanamkan backlink.

footprintKeterangan:

1. Gunakan query ini
Perintah  atau query yang saya maksud adalah: kata kunci site:.extensi.
Contoh, saya ingin menanamkan backlink di sebuah konten  yang membahas mengenai origami. Maka saya bisa menulis perintah origami site:.com. Setelah klik enter, google akan menampilkan website-website dengan ekstensi .com yang membahas mengenai origami. Kita bisa mengganti ekstensi .com dengan .gov, .edu, .wordpress dan lain sebagainya.

2&3. Pilih website yang diurus (No.2 sekaligus No.3)
Gunakan search tool yang yang sudah disediakan google. Pilih any time, lalu pilih past week. Ini artinya kita ingin google HANYA menampilkan website-website yang membahas origami dalam satu pekan ini. Bayangkan kita tidak menggunakan tool ini, bisa jadi konten yang ditampilan google adalah konten yang dibuat 2-3 tahun yang lalu. Kemungkinan si pemilik website tidak lagi mengurus website lebih besar.

4. Pilih website yang baik
Website untuk kita tinggalkan komentar sebaiknya website-website yang baik. PA dan DA sudah lumayan. Konten di dalamnya juga konten yang baik, bukan konten negatif.

Cara Membuat Backlink Blog Comment

Setelah memilih website, kini saatnya kita menulis komentar dan menanam backlink. Ikuti cara ini:

  1. isi kolom email dengan email kita. Jika website tersebut dibangun dengan cms wordpress, jangan gunakan email yang sudah didaftar ke wordpress.
  2. isi nama dengan nama kita atau keyword yang ingin kita tembak
  3. isi kolom website dengan nama domain kita atau url tempat artikel yang keyword-nya ingin kita tembak
  4. tulis komentar yang sesuai dengan topik konten
  5. klik post comment

Tampilan kolom komentar kira-kira seperti ini. Berbeda website berbeda pula modelnya.

komentar

Blog Comment di Blog Berbasis WordPress dan Blogspot

a. Blog Comment di Website WordPress

Sebenarnya sama saja caranya. Kita hanya perlu mengetik query origami site:wordpress.com, mengisi form identitas (nama/keyword, email, website) dan menulis komentar yang sesuai dengan konten. Hanya yang perlu diperhatikan adalah: jangan memasukkan email yang kita daftarkan ke wordpress!, gunakan email yang lain. Menggunakan email yang sudah terkoneksi ke wordpress nanti akan ribet, diminta isi berbagai hal dulu baru boleh komentar.

b. Blog Comment di Website Blogspot

Pastikan sdi website berbasis blogspot yang ingin kita tanam backlink memeliki form dengan kolom name dan url. Percuma jika tidak ada kolom url-nya. Untuk website yang tidak ada kolom name dan urlnya, bisa menggunakan query ini di kolom komentar: <a href=”http://url”>keyword</a>.  Misalnya saya ingin membuat backlink ke konten manfaat daun sirsak yang saya punya, maka saya akan mengetik <a href=”http://arraziibrahim.com/manfaat-daun-sirsak/”>manfaat daun sirsak</a>.

Bagaimana Agar Komentar kita Di-approve sehingga Kita Mendapat Backlink?

Masalah yang sering kali dialami oleh internet marketer adalah tidak di-approve-nya komentar kita. Hal ini bisa karena komentar kita dianggap spam, tidak sesuai konten atau alasan lainnya. Nah saya akan memebrikan beberapa tips agar komentar kita di-approve.

  1. Gunakan kalimat tanya
    Iya, jika memungkinkan selalu akhiri komentar dengan kalimat tanya. Orang yang kita tanyai biasanya akan membalas. Untuk membalas tentunya komentar kita mesti di-approve dulu.
  2. Lakukan komentar di blog bahasa Inggris
    Memasang komentar di blog berbahasa Indonesia kerap kali ditolak jika kita memasang kata kunci di kolom nama. Makanya, lakukan blog komen di blog bahasa Inggris. Misal saya ingin menembak kata kunci daun sirsak. Orang bule mana tau itu kata kunci, hehe.
  3. Tulis komentar yang baik dan relevan
    Jangan lupa tulis komentar yang baik dan sesuai dengan topik konten. Jika perlu, puji kualitas isi konten tersebut.
  4. Backlink ke homepage
    Backlink ke home page itu termasuk backlink yang kuat. Jadi, di kolam nama tetap tulis kata kunci. Sementara di kolom website, jangan isi url konten, tapi isi nama domain atau home page website kita.

145 pemikiran pada “Cara Membuat Backlink Blog Comment yang Akan Diapprove Si Pemilik Website”

  1. Sangat membantu artikelnya.
    Kalau saya akan berkomentar di blog yang berbahasa Inggris, seperti dicontohkan ‘ daun sirsak ‘ lalu untuk query pencariannya bagaimana ya?

  2. Sumpah menolong banget infonya, dari dulu mencoba pake obat obatan akan tetapi belum ada hasilnya.

    Sekarang mau mencoba memakai cara alami, alhamdulillah banget baca artikel ini.

    Jadi tertolong banget

  3. gan sy masih binggung menggunakan backlink, mungkin sy kasih sedikit gambaran cara sy membuat backlink di blog lain.

    menerima jasa service ac panggilan untk wilayah jabodetabek
    serviceacjakarta.co/p/home.html

    tolong masukannya gan apakah menampilkan backlink di atas udah pas apa masih kurang gan, atau mungkin cara sy salah ?

  4. saya setuju dengan ulasannya, tapi ada satu hal yang mengganggu, ada form komentar suatu blog yang biasanya tidak ada form isian nama, email dan website. Trus gimana mengatasinya sobat ?

  5. Kalau untuk mendapatkan backlink dari blog indonesia agak sulit gan. Apalagi jika saat kita berkomentar pada kolom website di isi dengan url artikel yang memiliki topik atau pembahasan sama….akibatnya komentar yang kita berikan di anggap spam, padahal isi komentarnya sangat relevan dengan artikel yang di bahas..

    Terima kasih, info bernafaat…di tunggu postingan terbarunya….salam blogger.

  6. Nah… yang begini ini kan agak mudah di faham gan..
    kyknya klo ngasih tips ada gambarnya gan… karna tidak semua orang paham gan kecuali dikasih gambar… kyk saya ni gak gampang paham kec ada gambarnya hehehehe

  7. Alhamdulilla,, sangat membantu artikelnya, Kalau saya akan berkomentar di blog yang berbahasa Inggris, seperti dicontohkan diatas, kira- kira berapa lama comment nya akan Diapprove Si Pemilik Website ??

  8. Apakah dengan adanya web menggunakan backlink akan mempercepat pertumbuhan blog kita gan, terus kalau supaya kolom komentar bisa seperti punya agan ini bagaimana ya, mohon petunjuk dan solusinya. Terima kasih

  9. Artikel yang sangat menarik Sungguh saya sangat terbantu dengan informasi ini Terima kasih telah berbagi artikel ini semoga saja bermanfaat bagi setiap para pembacanya

  10. Apa bedanya mendapatkan backlink berkualitas dikolom komentar dgn menggunakan open id dengan memasukkan link web tdk menggunakan link aktif seperti contoh ini admin www(dot)seratblog(dot)ga

  11. Terimakasih..sangat bermanfaat informasi cara membuat backlink comenntya. langsung saya coba membuatnya. Apakh backlink komentar bersifat dofollow juga?

  12. terima kasih atas ilmu tentang backlink gan.. ternyata sangatlah mudah..
    saya mau bertanya cara pakai tools agar bisa melihat DA PA seperti gambar diatas gimana gan?

  13. ini kali pertama saya berkunjung di blog Agan, dan saya merasa beruntung karena dapat trik atau cara meninggalkan komentar agar diapproved oleh pemilik blog, yang saya ingin tanyakan apakah setiap kita meninggalkan komentar pada kolom komentar apakah nilai atau jumlah backlink yang kita dapat hanya satu atau bagaimana Gan..mohon pencerahannya
    TERIMAKASIH

  14. makasih untuk infonya gan sangat bermanfaat sekali
    saya agak kurang jelas sih bagian coment di blogspot
    udah saya coba msih gak bisa.apa ga ada di tutorial youtubenya gan?

  15. Udah beberapa baca tutorial tentang back link, yang ane tangkap itu back link itu cara nya hanya cukup berkomentar di web atau blog lain. Apa ia gan? Mohon penjelasan nya.

    Jika ia, apakah link aktif nya dimuat di komentar apa cukup di kolom yang disediain aja gan? Kalau misalnya di muat di komentar apakah itu menyalahi?

  16. terima kasih atas pembahasannya sangat sangat membantu, semoga sintesa bisa memberikan ilmu ilmu yang lain dengan posting postingannya

  17. Terima kasih artikelnya. Ada beberapa ide baru untuk saya tentang cara mendapatkan backlink. Cara yang ditawarkan sangat menarik, termasuk berkomentar di blog berbahasa Inggris. Semoga Anda sukses selalu.

  18. terima kasih gan, artikelnya sangat bagus bisa menambah wawasan saya tentang cara berkomenta di website orang lain

  19. terimakasi ilmunya gan, saya mempunyai blog baru dan belum memilki backlink, semoga dengan setelah membaca artikel ini bisa saya terapkan agar menambah backlink untuk blog saya.

  20. Artikel ini membantu saya sebagai pemula di dunia blogging untuk memahami apa itu backlink. Saya mau tanya nih min, kalau cara membuat trafik blog ramai gimana yah?

  21. Artikel ini membantu saya sebagai pemula di dunia blogging untuk memahami apa itu backlink. Saya mau tanya nih min, kalau cara membuat trafik blog ramai gimana yah?

  22. Terima kasih kak Info nya,, Sangat bermanfaat :)

    Oh ya kak… Untuk Backlink yang bagus dan relevan selain di commentar di blogger atau lainnya, adakah yang lainnya kak ? sebelumnya terima kasih :)

  23. Nah ini nih yang ana cari, susah banget mau masukin url website yang tidak ada kolom url nya, terimakasih gan, semoga agan selalu sukses

  24. Cara tau apakah komentar kita itu di approve orang atau tidak bagaimana ya? Apakah harus mengecek websitenya suatu saat atau ada cara instan seperti pemberian notifikasi?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.