fbpx

Mengenal Apa Itu Error 502 dan Cara Mengatasinya

Mengatasi error 502 – Ketika kamu sedang browsing, terus kamu mungkin pernah mengalami beberapa error seperti misalnya error establishing a database connection atau 500. Ssalah satu jenis error website yang papling sering terjadi dan kamu lihat HTTP 502 Bad Gateway Error. Ini adalah salah satu jenis error yang tidak terjadi pada website wordpress, tetapi kadang juga terjadi di gmaill, twitte, dan cloudflare.

Di artikel kali ini, saya akan membahas tentang HTTP 502 Bad Gateway yang terjadi di website WordPress kamu dan cara untuk mengatasinya.

Pengertian HTTP 502 Bad Gateway Error

sintesa.net

Setiap kali kamu mengunjungi sebuah website, browser kamu akan mengeirim sebuah intruksi atau permintaan ke web server.  Web server selanjutnya akan menerima dan memproses permintaan tersebut.

Setelah itu, web server akan mengirim kembali resource yang diminta bersamaan dengan header HTTP dan HTTP status code. Biasanya, HTTP status code tidak akan terlihat kecuali jika ada sasuatu yang salah. HTTP status code sebagai notifikasi jika ada sesuatu yang salah. Angka yang kamu lihat ialah code yang bisa membantu kamu untuk megatasi atau mencari solusinya.

Salah satu jenis errror code yang paling banget sering kamu lihat adalah 500 status error code (500, 501, 502, 503, 504, seterusnya). Setiap code angka tersebut memiliki sebuah arti yang berbeda-beda. Code-code ini mengindikasikan bahwa permintaan kamu diterima, akan tetapi server tidak mengijikan permintaan mu untuk dipenuhi.

502 Bad Gateway adalah error yang mengindikasikan bahwa server yang bekerja sebagai gateway atau proxy, menirima response yang invalid dari inbound server.

Variasi 502 Bad Gateway Error

sintesa.net

Dengan begitu banyaknya browser, web server, dan operinting system (os) di luar sana, 502 Bad Gateway error bisa muncul dengan beberapa tampilan yang berbeda. Mereka semua mempunyai arti yang sama. Beriktu adalah beberapa variasi 502 Bad Gateway error yang mungkin sering kamu lihat:

  • HTTP Error 502 – Bad Gaeway
  • 502 Bad Gateway
  • 502 Proxy Error
  • Error 502
  • HTTP 502
  • That’s an error. The server encountered a temporary error and could not complete your request. Please try again in 30 seconds. That’s all we know.
  • 502 Server Temprorarily Overloaded
  • 502 Server Error
  • 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request.
  • Layar putih

Tetapi ada juga website yang memiliki tampilan meraka sendiri untuk menampilkan 502 Bad Gateway error.

Pengaruh 502 Bad Gateway Error Kepada SEO

sintesa.net

Jika website kamu mengalami downtime selama kurang lebih 10 menit dan website mu di-crawl secara konsisten, crawler biasanya akan meng-crawl halaman tersebut dari cache halaman tersebut. Tetapi jika downtime website mu bener-benar lama misalnya 6 -7 jam lebih, maka google mungkin akan melihat error 502 yang perlu diperhatikan.

Cara Membuka Halaman Website Dengan Pesan Http 502 Error (Sudut Pandang User)

Refresh Atau Muat Ulang Halaman Website

Yang pertama adalah coba muat ulang halaman yang ingin kamu buka dengan menekan beberapa kali tanda refreshe pada browser mu, atau bisa juga menekan tombol F5 pada keyboard mu.

Bersihkan Cache Browser

Jika langkah pertama diatas gagal, maka kamu bisa mencoba langkah kedua ini. Yaitu menghapus cache browser merupakan cara termudah yang kedua untuk mengatasi masalah 502 bad gateway error karena server overloaded atau sedang penuh.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error (Sudut Pandang Pemilik Website)

Error 502 bad gateway bisanya adalah masalah network atau server sedang penuh. Tapi bisa juga ini menjadi client-side issue. Jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara-cara mengatasi 502 bad gateway error dari sisi server maupun client.  Berikut adalah bebecara untuk mengatasi 502 bad gateway error.

Coba Reload Website dan Bersihkan Cache Browser 

sintesa.net

Langkah pertama yang harus kamu coba ketika kamu mendapatkan pesan 502 bad gateway error adalah coba menunggu satu menit kemudian refresh atau reload halaman website mu.

Ada kemungkinan error 502 bad gateway muncul dikarenakan servernya sedang penuh. Saat kamu menunggu, kamu juga bisa mencoba membuka website di browser lain untuk melihat apakah masalah ada pada website atau bukan.

Jika kamu sudah mencoba untuk me-refresh halaman website dan masih juga melihat error ini, kamu juga bisa melakukan cara mudahnya yaitu dengan mengahapus cache browser mu.

Masalah Pada DNS

sintesa.net

502 bad gateway error juga bisa terjadi karena  ada masalah pada DNS-nya, misalnya domain tidak memunculkan alamat IP yang benar. Hal ini bisa terjadi jika kamu baru saja memindahkan website wordpress mu dari provider hosting yang lama ke provider hosting yang baru, sehingga name sever mu biasanya akan berubah.

Maka dari itu, untuk menyelesaikan masalah ini kamu perlu menunggu setidaknya 24 jam untuk memastikan bahwa pemindahannya berjalan lancar. Ini tergantung dengan value TTL dari DNS mu. Selain itu kamu bisa juga melakukan fulsh DNS yang caranya mirip dengan menghapus cache browser.

Cek Dengan Hosting Website mu

Tau ngak salah satu hal yang membuat kalian dianugerahi pesan 502?

Pesan bad gateway error (502) akan kamu terima ketika dianggap situs kamu memiliki isu dengan hosting website. Terkadang Query, Script, atau Request akan memerlukan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, Request akan dibatalkan. Bahkan dimatikan oleh server.

Kebanyakan hosting, terutama shared hosting mengimplementasikan “kill script”. Sedangkan yang dikenal dengan “kill script” ialah merekan yang menghentikan request setelah beberapa waktu, namun tidak akan mempengaruhi pagi pengguna hosting lainnya.

Matikanlah CDN Untuk Sementara

sintesa.net

Sebab lainnya dari error 502 adalah terjadinya masalah pada bagian CDN. Jika kamu memakai provider CDN pihak ketiga, maka kamu bisa mematikan CDN kamu untuk beberapa waktu.

Lalu kamu bisa masuk (login) ke website lewat SFTP kemudian mengganti nama folder plugin ke cdn-enable_old. Ini akan mematikan koneksi CDN dalam beberapa waktu.

Selain hal diatas, ketika provider yang telah menyediakan perlindungan dari DdoS seta layanan ptoxy lain. Seterti Cloudflare karena mereka memeiliki firewall extra di dalamnya.

Maka tidak heran jika ketika kamu memakai layanan Cloudflare gratisan, maka error 502 suka muncul.

Sayangnya, kerena Cloudflare merupakan layanan proxy yang full. Maka tidak gampang untuk mematikannya.

Coba Cek Plugin

Cara lain yang perlu kamu coba adalah mengecek plugin dan ekstensi. Terkadang masalah yang berkaitan dengan caching plugin dapat menyebabkan 502 bad gateway error. Langkah paling sedehana untuk mengeceknya adalah dengan menonaktifkan sementara semua plugin. Buak direktori wp-content dan ganti nama direktori plugins.

Apabila website mu sudah kembali berfungsi, maka ubahlah kembali nama folder ke sediakala, yaitu pulgins, kemudian tekan enter. Setelah itu matikan plugin satu persatu untuk mencari tahu nama plugin yang menyebabkan error.

Cek Tema Website

sintesa.net

Tahapan yang satu ini merupakan tahapan yang paling mudah untuk kamu coba. Dengan mengganti tema website mu dengan tema yang resmi atau bisa juga dengan tema yang telah disediakan oleh wordpress. Kemudian setelah kamu ganti temanya, coba kamu muat ulang halaman yang bermasalah. Jika halamannya terbuka maka bisa disimpulkan yang bermasalah adalah tema yang terakhir kamu gunakan.

7. Mengecek Error Log

Jika 502 bad gatewy error muncul setelah kamu mengubah atau memperbarui sesuatu, maka berarti masalahnya ada pada website mu. Cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah mengecek error log.

Dalam wordpress, kamu bisa mengaktifkan error log dengan cara menambahkan line berikut ke wp-config.php :

define( ‘WP_DEBUG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );

Semua entry diatas akan tersimpan di file wo-contents/debug.log

sintesa.net

Kesimpulan

Melalui tutorial ini, kamu sudah memahami apa itu 502 bad gateway error dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga bisa artikel kali ini bisa membantu mu untuk mengatasi masalah tersebut. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.