fbpx

Mengenal Fitur-fitur dari Plugin Jetpack

Jika anda adalah seorang pengguna website yang berbasis CMS seperti wordpress, tentu sangat disayangkan jika anda tidak meng-install plugin jetpack.

Lalu, apa sih untung nya jika kita install plugin jetpack ini pada website kita?

Sebelum, itu disini saya akan sedikit mengenalkan tentang sebuah plugin yang sangat peting sekali untuk website anda, yaitu Jetpack.

Apa Itu Jetpack?

Jetpack adalah salah satu dari sekian banyak produk yang dibuat oleh perusahaan Autommattic.inc. Yang mana jetpack ini menawarkan berbagai macam fitur yang menarik.

Mulai dari security website, social sharing, related post, contact form dan masih banyak lagi. Jadi bisa disimpulkan bahwa jetpack ini adalah plugin alternatif.

Maksudnya adalah kita tidak perlu lagi meng-install seperti plugin social sharing, plugin related post, contact form, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak fitur apa yang bisa kita manfaatkan pada plugin jetpack.

Fitur yang Ditawarkan Plugin Jetpack

Fitur yang diberikan oleh jetpack ini terbagi menjadi 6 bagian, dimana setiap bagian fitur tersebut memiliki beberapa modul yang jika di kalkulasikan ada sekitar 32 modul. Berikut pembahasan mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam jetpack.

Fitur Security

fitur jetpack security

Dalam fitur security atau keamanan ini, plugin jetpack memberikan beberapa modul yang berkaitan dengan keamana website anda, Berikut rinciannya:

  • Backups and security scanning, untuk modul pertama ini kita hanya bisa dinikmati jika anda memakai versi jetpack PRO (berbayar). Modul ini berfungsi untuk membackup data dengan aman walaupun situs sedang terkena serangan, selain itu fitur ini juga berfungsi untuk mendeteksi perubahan kode-kode yang berbahaya bagi website.
  • Downtime monitoring, modul kedua ini berfungsi sebagai pemberi notifikasi ketika website kita sedang down atau mati secara berkala. Modul ini juga akan memberitahukan kita berapa lama situs kita mati.
  • Spam filtering, modul ketiga dari fitur security ini berfungsi untuk memfilter sekaligus menghapuskan komentar-komentar yang bisa dikategorikan spam. Untuk fitur ini juga berbayar.
  • Plugin autoupdates, modul ini berfungsi untuk memperbaharui plugin secara otomatis, anda bisa memilih plugin apa saja yang otomatis update jika ada pembaharuan.
  • Brute force attack protection, modul ini berfungsi untuk mem-proteksi atau melindungi website anda dari brute force. Dimana modul ini akan memblokir upaya untuk mengakses situs anda secara berlebihan.
  • WordPress.com log in, modul yang terakhir dari fitur keamanan ini berfungsi untuk anda yang ingin mengakses aktifitas fitur dari wordpress.com ataupun dari aplikasi wordpress.

Fitur Performance

fitur jetpack performance

Untuk fitur performance ini memberikan beberapa modul yang mana modul ini berkaitan untuk mempercepat loading website anda ketia ada user yang sedang mengakses situs anda. Berikut ini bebrapa rincian modulnya:

  • Performance & speed, modul ini berfungsi untuk mempercepat halaman website kita ketika sedang diakses. Modul ini berkeja dengan cara megoptimalkan gambar agar cepat di load dan juga file satis seperti css dan javascript. Dalam modul ini juga ada yang namanya lazy-load, yang mana kita kita katifkan modul ini akan membuat website kita lebih cepat dalam hal akses gambar.
  • Media, untuk modul ini berfungsi sebagai hosting untuk video yang lebih cepat dari pada hosting biasa. Untuk modul ini kita diharuskan untuk meng-upgrade jetpack ke mode PRO.
  • Search, modul yang ketiga¬† dari fitur performance ini berfungsi untuk memudah kan user dalam mencari konten dengan dengan menggunakan fasilitas pencarian yang sudah terpasang pada situs kita. untuk mendapatkan modul ini kita juga perlu men-gupgrade plugin jetpack menjadi PRO.

Fitur Writing

fitur jetpack writing

Fitur selanjutnya adalah writing. Fitur ini mendukung beberapa modul yang intinya berkaitan dengan konten yang anda tampilkan pada website, Untuk lebih Jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

  • Media, apa anda pernah melihat gambar yang bisa slide show ke gambar berikutnya ?, jika pernah maka pastinya gambar tersebut menggunakan modul carousel. Intinya kegunaan modul ini untuk membantu anda dalam menampilkan banyak gambar hanya dalam satu area saja.
  • WordPress.com toolbar, modul ini berfungsi untuk menghubungkan dengan toolbar dari akun anda yang ada di wordpress.com.
  • Composing, untuk modul yang satu ini ada 4 opsi yang bisa kita manfaat kan. Opsi pertama, mengaktifkan untuk bisa menyalin/copy konten yang sudah ada ke draf yang baru. Opsi kedua, memudahkan kita untuk bisa menulis postingan dan komentar dengan link, list dll. Opsi ketiga, ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam penggunaan bahasa LaTeX yang sering di gunakan untuk simbol-simbol pada pelajaran matematika. Opsi keempat, ini berfungsi untuk mencantumkan shortcode untuk menampilkan media dari situs lain, semisal seperti embed code dari youtube.
  • Custom content types, modul keempat ini berfunsi untuk menampilkan testimonial dan portofolio website kita kepada para user, akan tetapi hanya tema/theme tertentu saja yang bisa menampilkan modul dari jetpack ini.
  • Theme enhancements, modul ini memiliki 3 fitur yang bisa kita pakai. Pertama, infinte scroll adalah sebuah fitur yang berguna untuk menampilkan postingan kita terus-menerus ketika user scroll web yang kita miliki. Kedua, merupakan fitur yang memudahkan kita dalam memasukkan kode css tanpa harus meng-utak-atik kode lain. Ketiga,
  • Widgets, modul ini berfungsi untuk menambahkan widget-widget yang bisa kita pakai pada web kita seperti widget langganan, streams twitter dll. Selain itu fitur ini juga bisa mengaktifkan sebuah opsi yang bisa mengontrol widget apa saja yang di tampilkan baik itu berupa postingan maupun laman.
  • Post by email, modul ini berguna untuk anda yang ingin lebih cepat dalam mempublikasikan postingan lewat email yang sudah di re-generate oleh wordpress, untuk modul yang satu saya masih kurang faham kegunaannya jadi mohon dimaklumi.

Fitur Sharing

fitur jetpack sharing

Fitur sharing ini memberikan modul yang berkaitan dengan membagikan konten kita ke media sosial mulai dari facebook, twitter dll. Berikut ini beberapa modul yang ada dalam fitur sharing.

  • Publicize connections, modul ini berfungsi untuk menghubungkan website kita dengan media sosial yang kita punya, dimana nantinya ketika kita membuat postingan baru maka secara otomatis akan terkirim juga di media sosial yang sudah kita hubungkan tadi.
  • Sharing buttons, untuk modul ini menyediakan tombol berbagi ke media sosial dalam setiap postingan/konten yang anda buat.
  • Like buttons, modul ini juga menyediakan tombol like bagi pengguna yang memiliki facebook.

Fitur Discussion

fitur jetpack discussion

Fitur discussion adalah fitur yang menyediakan modul yang intinya berhungungan dengan komentar-komentar dari user yang berkunjung ke website kita.

  • Comments, modul ini memberikan beberapa opsi yang bisa kita aktifkan opsi tersebut. Pertama, user bisa memberikan komentar dengan identitas dari wordpress.com, twitter, facebook ataupun google+. Disini juga kita bisa mengaktifkan gravatar dari user yang berkomentar, memberikan opsi mengaktifkan markdown untuk para komentator, dan yang ketiga ini opsi yang berfungsi memberikan like pada komentar.
  • Subcriptions, modul ini berfungsi agar user yang berkomentar dalam postingan kita mendapatkan notifikasi baik itu notif ketika kita update postingan dan membalas komentar dari user tersebut.

Fitur Traffic

fitur jetpack traffic

Fitur traffic ini memberikan beberapa modul yang sedikit berkaitan dengan SERP (Search Engine Result Page). Berikut ini rician sekaligus penjelasan modul-modul yang ada dalam fitur tersebut.

  • Ads, modul ini hanya bisa digunakanjika anda sudah meng-upgrade jetpack versi PRO. Kegunaan dari modul iniuntuk menampilkan iklan sesuai dengan opsi yang ada seperti beranda, postingan, laman dan lain sebagainya.
  • Related posts, modul ini berfungsi untuk menampilkan artikel terkait berdasarkan kategori.
  • Search engine optimization, untuk modul yang satu ini kita perlu meng-upgrade ke versi PRO. kegunaan dari modul ini sebagai tool tambahan yang bisa mengatur post title, tagline, meta description dll. Intinya fitur ini bisa membantu kita dalam merangking konten untuk bisa dihalaman 1, kegunaannya sama seperti yoast.
  • Google Analytics, modul ini juga berbayar sama seperti modul sebelumnya. Kegunaan dari modul ini untuk menghubungkan website kita dengan google analytic.
  • Site stats, untuk fungsi modul ini yaitu sebagai penampil statistik traffic website kita.
  • Shortlinks, adalah modul yang berfungsi sebagai pemendek url.
  • Sitemaps, modul yang ini berfungsi sebagai pembuat sile sitemap versi jetpack. Dimana file sitemap ini berisi link-link postingan dan juga laman dari website kita.
  • Site verification, modul ini berfungsi untuk memverifikasi website kita agar bisa terindeks oleh mesin pencari baik itu google, bing, yahoo, dll.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang sudah saya sampaikan diatas tadi bisa di simpulkan bahwa jetpack ini adalah sebuah plugin yang sangat alternatif. Dimana jika adanya plugin jecpack kita tidak perlu lagi meng-install plugin lain.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan anda tentang plugin jetpack.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.