fbpx

Belajar SEO dari A Sampai Z (Langsung Bersama Ahlinya)

Sebelum belajar SEO secara mendalam, ada baiknya kita mengetahui definisi SEO itu sendiri. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu proses untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs anda yang berada pada mesin pencarian google.

Luasnya, SEO ini untuk membantu pada situs anda supaya terindeks pada one page atau nomer satu di halaman pencarian google sehingga dapat membuat situs anda mudah ditemukan sehingga meningkatkan jumlah pengunjung pada situs anda.

Kemudian, proses pencarian keyword ini untuk mencari tahu daftar keyword yang sedang diketik oleh para pengunjung Anda.

Keyword research adalah bagian yang paling terpenting dalam pembelajaran SEO. Selanjutnya google bekerja dengan menunjukkan hasil yang paling relevan pada posisi teratas.

SEO yang mungkin akan anda pelajari adalah bagaimana menjadikan situs anda relevan pada keyword yang akan anda targetkan agar menempati posisi teratas pada mesin pencari google, alhasil situs anda bisa memperoleh banyak pengunjung.

Belajar SEO untuk Pemula

Bagi seorang pemula atau newbie dalam bidang apapun, langkah awal yang dilakukan adalah mencari tahu lebih banyak mengenai bidang yang akan digeluti. Begitu pula dalam belajar SEO untuk pemula seperti yang anda lakukan saat ini.

Anda sebagai pemilik website pun harus tahu bahwa SEO adalah suatu teknik dalam mendapatkan peringkat di search engine atau mesin pencari.

Pada Google atau Bing misalnya.

Dimana dengan mesin pencari lah para pengunjung berdatangan ke website anda.

Pada panduan ini, anda akan mempelajari teknik SEO mulai dari konsep dasar sampai penerapan SEO. Tidak lupa juga evaluasi kinerja yang bertujuan sebagai perbaikan menjadi lebih baik.

Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang kepada anda yang beruntung telah berada pada tempat yang tepat untuk belajar SEO.

Mengapa SEO Harus Dipelajari?

Anda menginginkan website anda dapat terindeks di page one di mesin pencari bukan? Dan website anda banyak dikunjungi?

Itulah kenapa SEO harus dipelajari.

Apakah wajib dipelajari?

Wajib untuk anda yang belajar SEO dengan tujuan sebagai seorang :

1. Professional blogger
2. Affiliate and CPA marketer
3. Penjual produk atau jasa dengan internet
4. Business website owner
5. Online shop owner
6. Software developer
7. Profesional yang membangun reputasi

Bukan hanya belajar SEO saja, tetapi juga mengaplikasikannya pada website anda.

Belajar SEO Website

Belajar optimasi on page memang sangatlah penting dan harus kalian pahami.

Tujuan optimasi on page sendiri yaitu agar mesin pencarian mengetahuai website kalian. Dengan cara memperbaiki website kalian agar lebih berkualitas lagi.

Apa saja yang harus diperhatikan?

Hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam konsep ini adalah :

· Infomasi yang kalian bermanfaat bagi pengunjung
· Memberikan informasi secara lengkap terhadap pengunjung
· Konten yang kalian tulis tentunya harus berkualitas
· Cara penulisan yang baik agar pengunjung merasa betah diwebsite kalian
· Judul yang kalian tulis di halaman harus semenarik mungkin

Mengapa harus melakukan hal-hal tersebut?

Karena mesin pencarian google menilai website kalian bagus atau tidak berdasarkan pengunjung. Tentunya google menampilkan website di halaman pertama berdasarkan tingkat kepuasan pengunjung.

Maka dari itu kalian harus melakukan beberapa hal di atas agar bisa menarik para pengunjung.

Keuntungan Belajar SEO

Kita pasti tidak mau donk belajar yang tidak bisa mendatangkan manfaat ataupun keuntungan. Perlu anda ketahui belajar seo ini sangat menguntungkan untuk kita, dimana website kita bisa tampil lebih mudah dalam mesin pencari. Nah, jika website kita bisa tampil pada peringkat pertama ataupun halaman satu google, tentunya website kita akan banyak mendapatkan klik dalam mesin pencari.

Selain lebih mudah tampil dalam mesin pencari, belajar seo juga merupakan sebuah aset kita, yang bisa kita tuai dari website kita nantinya. Seperti menampilkan iklan ataupun promosi produk yang ingin anda jual sendiri, tanpa harus merekrut orang untuk mempromosikan produk anda.

Ini tentu sangat bagus untuk anda yang menyukai dunia bisnis. Berdasarkan riset dari banyak website, pelanggan ini jika melihat konten yang berkualitas maka anda mendapatkan peluang lebih sebanyak 120% dalam mempromosikan produk anda dan ini bisa menjadikan brand terhadap produk anda dimata mesin pencari.

Cara Belajar SEO

Penting untuk dipahami baik-baik, bahwa dalam mempelajari teknik SEO bukanlah hal yang instant. Perlu proses yang harus dijalani, apalagi jika memulainya sebagai seorang pemula.

Yaitu dengan belajar SEO step by step, dengan mengikuti dan memahami alurnya.

Apa saja alurnya?

1. Konsep Dasar SEO
2. Riset Kata Kunci
3. On-Page SEO
4. Off-Page SEO
5. Link Building
6. Evaluasi Kinerja SEO

Langkah-langkah Belajar SEO

Ada begitu banyak sumber di internet yang memberikan informasi terkait dunia SEO secara free. Namun, tak sedikit yang bingung dalam memilih referensi dan memulainya. Untuk Anda yang ingin mempelajari SEO, disini kami telah merangkumkan tahapan teknis dalam mempelajari SEO

Berikut langkah-langkah dalam belajar SEO:

1. Mempelajari bahasa pemrograman
2. Cobalah pahami istilah-istilah terkait dengan SEO
3. Mempelajari dasar dalam pembuatan website atau blog
4. Mempelajari cara menentukan niche dan keyword
5. Mempelajari SEO on page
6. Mempelajari dasar off page SEO
7. Mempelajari berbagai macam pelanggaran dalam SEO

Itulah beberapa langkah dalam mempelajari SEO secara umum. Anda bisa mempelajari dan mendalaminya dengan melakukan dari tahap awal sampai akhir.

Belajar SEO Murah

Ketika kita membahas “belajar SEO”, yang terbesit dalam pikiran banyak orang adalah kata “mahal”. Namun keyataannya banyak website website yang menyediakan informasi mengenai belajar seo secara gratis dan menggunakan teori yang relevan dengan keadaan sekarang.

Ada website website yang berbahasa inggris dan ada juga yang berbahasa Indonesia. Ada juga forum forum online yang dapat diakses secara gratis, walau tak jarang forum forum seperti ini terlalu banyak membahas teori dan trik yang simpang siur dan belum tentu relevan.

Dengan adanya website-website berkualitas yang menyediakan pembahasan mengenai SEO dan internet marketing tersebut, kita tahu bahwa masyarakat sekarang dapat belajar SEO murah bahkan bisa dibilang gratis melaui internet.

Kita beruntung dengan adanya fasilitas internet kita dapat belajar seo gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Namun dalam proses pembelajaran, belajar otodidak tanpa didampingi seorag guru akan sangat menyita tenaga dan pikiran.

Selain itu belajar tanpa seorang guru dan lingkungan belajar yang mendukung menjadikan proses belajar terasa tak terarah dan melelahkan. Hal ini lha yang meyebabkan orang orang berhenti dalam belajar.

Maka dari itu sekarang sudah banyak praktisi praktisi yang ingin turun kemasyarakat untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka selama belajar SEO. Mereka mendirikan sekolah atau tempat kursus sebagai wadah untuk berbagi ilmu. Tarif yang mereka tetapkan tergolong tidak mahal sehingga masyarakat yang berminat dapat belajar SEO murah langsung kepada para praktisi.

Belajar SEO Langsung Bersama Ahlinya

Tentu dengan hanya mempelajari SEO secara online akan berbeda hasil & keberkahannya jika dipelajari dengan bertemu langsung dengan praktisi & ahlinya. Maka sangat disarankan bagi kamu yang sangat membutuhkan untuk menguasai ilmu per-SEO-an untuk mendatangi para guru atau ahli SEO yang berkecimpung langsung & berpengalaman tinggi dalam bidangnya tersebut, untuk belajar SEO secara utuh.