fbpx

Cara Praktis Backup Data WordPress dengan ManageWP

Kamu seorang publisher yang fokus pada SEO dan memiliki website sendiri? Cocok! Kamu harus paham tentang cara backup WordPress. Yang menjadi menarik adalah mengapa backup datanya dengan ManageWP? kenapa tidak dengan cPanel atau metode lainnya.

Kelebihan yang paling menonjol backup data WordPress di ManageWP adalah proses yang tergolong simpel dan bisa dilakukan siapa saja. Bahkan seorang pemula bisa melakukannya, gratis pula. Siapa yang tidak suka?

Apa Itu ManageWP?

backup wordpress
ManageWP.com

Secara singkat dan jelas ManageWP adalah alat backup data wordpress yang terbaik versi santri Sintesa.

Kenapa? Karena semua data bakalan di backup oleh ManageWP, mulai dari tema, plugin, dan yang paling penting adalah artikel-artikel yang sudah diupload. Jadi apabila terjadi error saat memasang tema atau plugin baru atau hal lainnya, kamu masih ada backup data sebelumnya.

Dan backup itu mengembalikan semua data yang terakhir dibackup pada ManageWP.

Langkah-Langkah Backup dengan ManageWP

backup wordpress
ManageWP.com

Untuk mengetahui step by step cara backup WordPress dengan ManageWP, kamu bisa tonton video di bawah ini. Mudah dan simpel untuk diikuti.

Note : Apabila saat masuk di dashboard ManageWP tampil notifikasi bahwa belum sinkron antara ManageWP dan website kamu, coba deactive plugin security yang ada, kalau di Sintesa biasanya pakai plugin Wordfence Security.

Nah setelah pluginnya dimatikan, kamu bisa refresh dashboard ManageWP dan klik tombol reconnect.

Mengapa Backup WordPress Itu Penting?

backup wordpress
ManageWP.com

Menurutmu Mengapa? Penting kah? Saya kira sudah jelas jawabannya. Penting.

Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi esok hari atau kedepannya, oleh karena itu backup adalah cara terbaik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang buruk untuk kita. Analoginya backup adalah suatu checkpoint saat kita gagal atau mengalami kendala saat diperjalanan.

Layaknya bermain game, checkpoint adalah tempat dimana kita bisa mengulang kembali langkah yang sudah kita tempuh tanpa harus kembali di tempat kita memulainya.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa harus backup data WordPress

1. Website Kamu Bisa Kena Hack

Kita tidak pernah tau hacker akan datang pada website kita untuk mengacak-acak atau mengambil data yang penting pada website kamu. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat meningkatkan keamanan website dengan plugin : Wordfence Security.

2. Update yang Bermasalah

Saat kamu melakukan update plugin atau tema ada kemungkinan pada update tersebut crash dengan website. Oleh karena itu saat kamu sebelum update atau install, harus kamu backup terlebih dahulu.

Bukan berarti plugin atau tema tidak diupdate ya, sehingga tidak perlu backup data WordPress.

3. Terkena Malware atau Virus

Ini yang bahaya, kita tidak pernah tau berapa banyak malware atau virus yang mencoba menyusupi website kita. Bahkan yang parah adalah ternyata serangan virus atau malware tersebut sampai membuat server website down.

Oleh karena itu perlunya backup secara rutin bisa meminimalisir kerugian kamu, dan yang paling penting saat kamu install atau update tema dan plugin, cek terlebih dahulu pihak yang menerbitkan tema atau plugin itu. Sudah kah mereka verified dan banyak yang telah menggunakan produk mereka?

4. Komputer/Laptop Kamu Bisa Rusak

Ini adalah faktor luar yang tidak berhubungan langsung dengan website, salah satu backup yang bagus adalah dengan backup di komputer sendiri. Namun bagaimana jika komputer atau laptop kamu rusak?

Solusinya kamu bisa juga backup di GoogleDrive, Dropbox, atau penyimpanan cloud lainnya. Namun alangkah lebih simpel dan praktis backupnya dengan ManageWP. Tidak ribet dan gratis pula.

 

Disclaimer : Jangan pernah sepelekan backup data ini, minimal 2 kali dalam sebulan kamu melakukan backup data di ManageWP ini. Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari karena semua data di website kamu error atau hilang.

 

Demikian penjelasan mengenai cara backup data WordPress dengan ManageWP, silahkan bagi yang ingin bertanya bisa diskusi dibawah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.